#FiqihShopping

Ini Tips Cermat Belanja Oleh-Oleh

gomuslim.co.id - Sahabat gomuslim, kamu hobi jalan-jalan? atau sering melakukan perjalanan dengan agenda-agenda tertentu. Jika ya, pasti salah satu yang kamu cari saat melakukan kegiatan ini adalah buah tangan atau bisa disebut juga oleh-oleh. Setiap daerah atau Negara memiliki beragam oleh-oleh dan sering kali kita tergoda untuk membelinya.

Belanja oleh-oleh itu ada baiknya. Bingkisan itu seringkali menjadi jembatan untuk mempererat silaturahim. namun belanja oleh-oleh sering pula menjadi awal petaka keuangan, dimana konsumen bisa terjebak bujuk rayu dari sang penjual. Justru hal seperti ini bisa mengakibatkan kita kurang teliti dalam membeli oleh-oleh. tidak jarang barang yang dibeli dalam kondisi yang kurang baik.

Contohnya seperti cerita ini

Ibu Narti (Nama Samaran) yang seperti lupa kesurupan saat berbelanja di sebuah pasar Kuala Lumpur. Dia tidak mengira dapat menemukan tempa belanja yang benar-benar murah. tanpa ampun lagi dia segera memborong aneka model baju dan menjejali ke dalam tas travelnya yang besar. Kejutan awalnya saat hendak membawa barang itu ke bandara. Ia harus membi tas tambahan yang harganya lumaya mengagetkan.

 

Baca juga :

Muslimah, Simak Tips Hindari Penipuan Saat Belanja Online

 

Kejutan berikutnya, ternyata ia harus membayar ekstra bagasi yang setara dengan uang 3 juta rupiah. Berhubung uang sudah habis, ia pun mengutas ATM. Ibu Narti mencoba menghibur diri dengan sedikit merevisi niat, selain untu oleh-oleh toh sebagian baju-baju itu dapat dijual mahal di Indonessia. Saat membongkar oleh-oleh di rumah hampir semua barang itu cacat, ada saja yang robek, kusut, kotor dan lainnya. jangankan sebagiannya untuk dijual, untuk diberikan cuma-cuma saja hanya akan mendatangkan malu. kisah berbelanja oleh-oleh di Malaysia ini telah menjadi mimpi buruk.

Tentunya kamu tidak ingin kejaian seperti ini menimpamu juga. Kisah di atas menjadi sebuah pelajaran alangkah baiknya teliti sebelum membeli dan pertimbangkan dulu sebelum membeli sesuatu. Niat hati ingin membuat senang, malah berakhir sengsara. Supaya terhindar dari kerugian akibat kecerobohan berbelanja oleh-oleh maka perlu dicermati saran-saran berikut ini:

1. eleksi barang-barang agar tak terbeli yang cacat, periksa juga tanggal kadaluarsa untuyk makanan atau meinuman

2. Pastikan kuota barang oleh-oleh tidak melebihi bagasi atau tidak menimbulkan biaya tambahan atau kesulitan lainnya dalam pengangkutan

3. Disiplinkan diri hanya berbelanja oleh-oleh dengan harga murah

4. Jangan lupa mengeluarkan jurs tawar-menawar yang paling ampuh. sebaiknya berusahalah berkeliling beberapa tempat sekaddar membuat perbandingan harga

5. Pilih oleh-oleh yang murah, ringan dan digemari banyak orang

 

sumber : Jiha, Abi . 2015. Fiqih Shoping Kiat Belanja Hemat, Cerdas dan Islami (Belanja Oleh-oleh).Jakarta : Zikrul.

sumber gambar : dolandolen.com

 

Baca juga :

Jangan Asal Beli, Ini Tips Bijak pada Iklan Produk


Back to Top