#FiqihShopping

Muslimah, Yuk Mulai Terapkan Belanja Ramah Lingkungan!

gomuslim.co.id - Semangat menyelamatkan lingkungan hidup, bisa dimulai dari kebiasaan berbelanja cerdas, dengan meminimalisir pemakaian kantong plastik. Sekalipun manusia sudah berupaya keras mencari tempat tinggal di planet lain, ternyata hingga detik ini bumi adalah satu-satunya tempat bermukim yang paling nyaman. Berikutnya lahirlah kesadaran mendalam untuk memelihara bumi yang semata wayang ini dari kerusakan akibat tangan manusia itu sendiri . Pasalnya apabila bumi ini binasa, kemana lagi manusia hendak bernaung.

Setelah plastik ditemukan maka efek manfaatnya juga berimbas kepada dunia shopping. Terlebih dengan harga yang relatif murah. Disetiap perbelanjan, kantong plastik dapat diperoleh konsumen secara gratis. Akibat terlalu mudah mendapatkannya, lalu muncullah sikap kurang sehat terkait kantong plastik sekali pakai langsung buang!

Ternyata plastik menjadi bencana besar bagi lingkungan hidup. Contohnya saja saluran air yang tersumbat oleh sampah plastik. Apalagi plastik sulit terurai, plastik menjadi beban baru bagi bumi. Dan plastik paling banyak disumbangkan dari kegiatan kita berbelanja. Apakah kamu termasuk yang menggunakan kantong plastik setiap hari?

 

Baca juga :

Muslimah, Waspada Promosi Hadiah dalam Berbelanja

 

Saat ini banyak imbauan green shopping, caranya dengan meminimalisir pemakaian kantong plastik. Pihak supermarket misalnya, tidak sungkan menawarkan konsumen memakai kantong yang bisa digunakan berulang kali ketimbang plastik. Ini upaya cerdas yang turut menyelamatkan lingkungan. Atau kamu bisa membuat kantong belanja sendiri dari bahan-bahan yang ramah lingkungan seperti kain.

Maka dari itu penggunakan kantong belanja khusus yang bisa dipakai dalam waktu lama akan sangat baik mencegah pemakaian plastik berlebihan. Lebih baik lagi jika membiasakan pemakaian kantong belanja yang gampang didaur ulang seperti dari bahan kertas. Kalaupun masih memakai kantong plastik, sebaiknya diserahkan kepada pemulung atau pihak yang bisa melakukan daur ulang. Bukan hanya untuk diri sendiri, kampanye green shopping ini bisa ditularkan pada konsumen lainnya, karna sudah sepantasnya kita mencintai dan merawat bumi.

 

Sumber: Jiha, Abi . 2015. Fiqih Shoping Kiat Belanja Hemat, Cerdas dan Islami (Green Shopping).Jakarta : Zikrul.

 

Sumber gambar : brilio.net

 


Back to Top