#FiqihShopping

Jadilah Konsumen Cerdas, Ini Tips Belanja Produk Diskon

gomuslim.co.id - Seringkali konsumen abai dengan struk belanja hingga kesalahan teknis itu berujung pada kerugian uang. Jika sekali dua kali mungkin belum begitu besar kerugiannya, namun bila kelengahan itu berlangsung dalam jangka waktu lama. Alangkah beratnya beban kerugian konsumen. Pihak pusat perbelanjaan pun tak bisa terus berdalih kesalahan teknis, tidak aka n ada kesalahan teknis jika manusia yang mengurusnya teliti dalam melakukan pekerjaan.

Saat kesalahan teknis itu menimpa ratusan atau ribuan konsumen, berapa kerugian konsumen yang harus mereka pertanggungjawabkan di akhirat?

Diskon sebagai hak konsumen terkadang tidak diperoleh di meja kasir. kehati-hatian sangatlah dibutuhkan kedua belah pihak.

Contohnya seperti ini:           

Mata Bu Rahma (nama samaran) berbinar-binar begitu melihat biskuit yang biasanya mahal, berkat program diskon jadi jatuh harga separuhnya. Sebagai konsumen cerdas, Bu Rahma sudah memastikan barang itu dibutuhkan keluarganya. Dia pun tahu pasti harga yang tertera memang sedang dipotong harga, bukan dinaikkan dulu harganya baru diberi diskon. Ibu muda itu juga meneliti dengan hati-hati kualitas produk yang tidak cacat, juga belum kadaluarsa. Atas semua pertimbangan matang, Bu Rahma belanja bulanan dua kali lipat lebih banyak. Dia tersenyum, mereka sama-sama bahagia.

 

Baca juga:

Muslimah Perlu Catat, Ini Trik Psikologis Hadapi Promosi di Pusat Perbelanjaan

 

Bu Rahma gelagapan melihat ada dua item yang di rak barang tercantum diskon tapi di kasir malah berlaku harga normal. Dia pun complain pada kasir menuntut hak diskon. Setelah melibatkan pihak manajemen pusat perbelanjaan, mereka mengakui ada kesalahan teknis yang membuat diskon biskuit tak terwujud di kasir. Pihak supermarket mengembalikan sisa uang dari diskon biskuit.

Untuk kasus seperti ini, konsumen cerdas perlu memahami yakni :

  1. Jangan lekas senang dengan informasi diskon di rak barang. Diskon itu betul-betul nyata, setelah kita mendapatkan potongan harga disaat pembayaran. Percuma saja bergembira mendapat kabar diskon, sedangkan sewaktu pembayaran justru terkena harga normal.
  2. Perhatikan dengan cermat informasi diskon, boleh jadi sudah kadaluarsa atau tidak berlaku lagi.
  3. Saat pembayaran di kasir, cermati layar kecil di kassa yang menampilkan satu persatu harga barang. Konsumen perlu mencocokan harga di kasir dengan harga diskon yang dijanjikan.
  4. Terkadang karena sibuk memindahkan barang ke meja kasir, konsumen tak sempat memantau harga barang di layar kecil kassa. Maka dari itu, cermatilah struk belanja dan cocokkan harganya dengan program diskon.
  5. Apabila ada keganjilan, konsumen harus berani protes kepada kasir atau pihak manajemen  pusat perbelaanjaan. Bukan saja demi menyelamatkaan kerugian pribadi tapi juga membantu konsumen lain yang mungkin tidak awas.

Transaksi belanja itu terjadi di meja kasir, maka kita harus cermat agar tidak terjadi kekeliruaan yang berujung kerugian. Sekalipun bertransaksi di meja kasir seringkali di menit-menit terakhir, saat tubuh penat berkeliling belanja hendaklah tidak melunturkan kehati-hatian konsumen.

 

Sumber: Jiha, Abi . 2015. Fiqih Shoping Kiat Belanja Hemat, Cerdas dan Islami (Diskon Raib di Kasir). Jakarta: Zikrul.

 

 

 

Baca juga:

Muslimah, Yuk Mulai Terapkan Belanja Ramah Lingkungan!


Back to Top