Wisata Halal Lombok (1)

Menikmati Keindahan Laut Lombok di Pantai Senggigi

gomuslim.co.id- Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi salah satu daerah di Indonesia yang sedang gencar dengan konsep pariwisata halalnya. Bahkan, tahun lalu, Lombok berhasil menyabet juara World Best halal Destination dalam ajang Wolrd Halal Tourism Award (WHTA) di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab dan tahun ini juga kembali ikut berpartisipasi di ajang yang sama.

Selain pantai dan wisata alam lainnya, Lombok juga menyimpan keunggulan wisata religi yang sayang untuk dilewatkan. Pada series kanal Destinasi kali ini, gomuslim akan membahas pilihan destinasi wisata halal di Lombok.

Pekan ini, destinasi pilihan yang akan dibahas adalah Pantai Senggigi. Inilah destinasi wisata alam yang menjadi favorit para wisatawan domestik maupun luar negeri.

Pantai Senggigi  berlokasi di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Pantai ini memang tidak sebesar Pantai Kuta di Bali, tetapi saat berada di tempat ini wisatawan akan merasa seperti berada di Pantai Kuta, Bali.

 

Pemandangan Indah dan Kekayaan Biota Laut

Pantai ini menjelma menjadi salah satu tempat menarik di Lombok dengan pemandangan garis pantainya yang panjang, terlihat indah bila dipandang dari kejauhan dan ketinggian.

Saat pertama kali memasuki area pantai Senggigi, wisatawan seta merta disapa oleh lembutnya angin semilir yang menenangkan. Pesisir pantainya masih asri, walaupun masih ada sampah dedaunan yang masih berserakan karena jarang dibersihkan. Pemandangan bawah lautnya sangat indah, dan wisatawan bisa melakukan selam permukaan (snorkeling) sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar.

Terumbu karangnya menjulang ketengah menyebabkan ombak besarnya pecah di tengah. untuk menjamu para wisatawan, kawasan Pantai Senggigi juga tersedia hotel-hotel dengan harga yang bervariasi, dari yang mahal sampai hotel yang berharga ekonomis.

Kehidupan terumbu karang di Pantai Senggigi masih terpelihara hingga sekarang, hal ini menjadikan salah satu tempat wisata di Lombok ini menjadi tujuan snorkeling yang diminati banyak kalangan. Hal ini ditunjang dengan air laut senggigi yang tidak berombak keras, dengan demikian Anda tidak perlu khawatir akan terbawa arus laut saat snorkeling.

Dengan menyelam ke alam bawah laut Senggigi adalah sangat menyenangkan karena Anda akan menemukan keindahan laut yang alami. Anda dapat menyewa peralatan snorkeling di lokasi pantai, tak jauh dari gerbang pintu masuk Pantai Senggigi.

Tidak hanya itu, dengan garis pantai yang panjang ini pula, pilihan aktivitas jogging menjadi salah satu kegiatan yang cukup digemari di Pantai Senggigi. Di kala sore hari, Anda dapat melepas penat dengan bersantai di tepian pantai sambil menikmati tenggelamnya matahari di Senggigi. Sebuah panorama yang begitu indah.

Akses Transportasi dan Akomodasi

Perjalanan ke Pantai Senggigi Lombok dapat ditempuh dari Kota Mataram. Jika Anda telah sampai di Kota Mataram atau telah mendarat di bandara udara Selaparang Mataram, maka perjalan ke Pantai Senggigi akan memakan waktu kurang lebih 30 sampai 50 menit.

Anda dapat naik taksi, angkutan umum, atau menyewa motor untuk dapat tiba di Pantai Senggigi. Jika ingin menggunakan angkutan umum dari Kota Mataram, maka Anda harus mengambil angkutan jurusan Sweta – Ampenan dengan biaya sebesar Rp 3 ribu per orang. Setelah tiba di Ampenan, Anda harus naik angkutan lagi jurusan Ampenan-Senggigi berbiaya Rp 2 ribu per orang.

Setiba di kawasan Senggigi, Anda tinggal berjalan kaki selama kira-kira 3 menit untuk dapat tiba di pantai tersebut. Sambil berjalan kaki, Anda akan menjumpai banyak warung dan toko makanan, penjual aneka souvenir, dan lain-lain.

Dalam rute perjalanan menuju Pantai Senggigi ini, Anda akan menyaksikan kendaraan tradisional Mataram yang dikenal sebagai Cidomo. Kendaraan tradisional ini beroperasi di tempat-tempat yang masih belum dapat dijangkau oleh mobil.

Terkait akomodasi, Anda tidak perlu khawatir soal makanan dan minuman di tempat wisata ini. Pantai Senggigi Lombok adalah salah satu tempat wisata yang difasilitasi secara lengkap, baik dari aneka hotel dan penginapan, resto dan cafe, hingga ke live music.

Lombok memang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Dengan keikutsertaan 12 destinasi wisata halal Indonesia di ajang WHTA 2016 ini, semoga bisa menjadi kabar baik bagi perkembangan pariwisata nusantara yang nantinya bisa berdampak positif bagi kebermanfaatan masyarakat sekitar. Tunggu ulasan destinasi wisata halal Lombok lain di pekan depan! (fau/visitindo/wisatalombok/dbs)


Back to Top