Wisata Halal Lombok (4)

Gili Trawangan: Surga Pantai Eksotis untuk Para Pemburu Sunset dan Sunrise

gomuslim.co.id- Lombok yang dikenal dengan nama Pulau 1000 Masjid memiliki antai da panorama alam gunung yang mempesona. Tidak hanya Pantai Senggigi yang terkenal itu, Lombok juga mempunyai Pulau eksotis bernama Gili Trawangan.

Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan.

Dahulunya pulau ini pernah dijadikan tempat pembuangan narapidana. Pada waktu itu karena semua penjara sedang penuh, raja yang waktu itu berkuasa membuang 350 orang pemberontak Sasak ke pulau ini. Baru sekitar tahun 1970-an pulau ini dijadikan tempat persinggahan orang orang Bugis dari Sulawesi yang kemudian menetap turun temurun disini bersama warga Sasak dan Bali.

Dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, Trawangan berpopulasi sekitar 800 jiwa. Di antara ketiga gili tersebut, Trawangan memiliki fasilitas untuk wisatawan yang paling beragam. Aktivitas yang populer dilakukan para wisatawan di Trawangan adalah scuba diving (dengan sertifikasi PADI), snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, dan berselancar. Ada juga beberapa tempat bagi para wisatawan belajar berkuda mengelilingi pulau.

Di Gili Trawangan (begitu juga di dua gili yang lain), tidak terdapat kendaraan bermotor, karena tidak diizinkan oleh aturan lokal. Sarana transportasi yang lazim adalah sepeda (disewakan oleh masyarakat setempat untuk para wisatawan) dan cidomo, kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok. Untuk bepergian ke dan dari ketiga gili itu, penduduk biasanya menggunakan kapal bermotor dan speedboat.

Berburu Sunset dan Surise yang Menawan

Kelebihan Gili Trawangan dibandingkan dengan pantai lain adalah wisatawan dapat menikmati sunset dan juga sunrise sekaligus di pantai ini. Hal ini terjadi karena Gili Trawangan memiliki pantai yang menghadap timur dan menghadap barat, dan jaraknya tidak terlalu jauh. Hal ini membuat baik sunrise maupun sunset dapat dinikmati di pantai ini.

Tidak hanya itu, di Gili Trawangan wisatawan juga apat melihat kesenian bela diri tradisional yang bernama presean atau stick fighting yang biasanya dipertontonkan disekitar pasar seni Gili Trawangan.

Kegiatan paling favorit dari para wisatawan di Gili ini yaitu berenang, Scuba Diving, Snorkeling, bermain kayak, dan berselancar. Tapi, banyak juga wisatawan yang melakukan kegiatan lain, seperti bersepeda, jalan Kaki, Naik Cidomo (kereta kuda), berfoto, berkuda, dan berwisata Kuliner.

Tak lengkap rasanya jika anda hanya menikmati pemandangan alam tanpa mencoba makanan enak yang ada di Gili Trawangan. Sesekali sempatkanlah berjalan-jalan ke kafe untuk berburu makanan lezat di tempat ini. Kebanyakan kafe memang menjual makanan asing, di antaranya: menu makanan cina, menu makanan amerika, dll. Tapi jika anda tidak suka dengan menu-menu tersebut, jalan-jalan saja di tempat yang banyak terdapat pedagang kaki lima dan anda pun bisa menikmati es krim di pinggir jalan, jus, rujak, atau pun makanan yang tak kalah enak lainnya.

Transportasi ke Gili Trawangan

Akses transportasi bisa ditempuh dengan beragam pilihan untuk sampai ke Gili Trawangan. Berikut adalah rute perjalanan dari Bandar Udara Internasional Lombok ke Gili Trawangan:

1. Dari Bandara ke Mataram

Jarak antara Bandar Udara Internasional Lombok ke kota Mataram adalah 36 KM. Perlu kami informasikan bahwa kota Mataram ini merupakan ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat dan pasti akan dilalui apabila tujuan perjalanan kita adalah Gili Trawangan. Waktu yang dibutuhkan dari Bandara ke kota Mataram sekitar 50 menit menggunakan kendaraan bermotor dan perlu kami informasikan bahwa jalanan di Lombok sudah sangat bagus dan kecil kemungkinan macet.

2. Dari kota Mataram ke Pelabuhan Bangsal (via Pusuk atau via Senggigi)

Destinasi terakhir sebelum menuju Gili Trawangan adalah Pelabuhan Bangsal, pelabuhan inilah yang menjadi pintu masuk menuju Gili Trawangan, Gili Meno ataupun Gili Air.  Apabila teman pejalan mau tahu mengenai jadwal ataupun kapal menuju gili – gili tersebut, bisa membaca informasinya di link berikut (Informasi Penyeberangan ke Gili).

Ada dua pilihan menuju Pelabuhan Bangsal, apabila kita dari kota Mataram, diantaranya sebagai berikut :

Via Pusuk

Apabila memutuskan melalui jalur Pusuk, maka jarak antara kota Mataram ke Pelabuhan Bangsal adalah 29 KM dan dapat ditempuh selama 50 menit perjalanan menggunakan kendaraan.

Pertimbangan memilih jalur Pusuk ini adalah jarak tempuhnya yang lebih singkat dibanding jalur Senggigi dan kita akan disuguhkan pemandangan pepohonan, karena akan melalui perbukitan. Dan kalau Anda berminat, di puncak bukit Pusuk bisa berhenti untuk menyaksikan dan memberi makan monyet, sembari menikmati sejuknya udara di puncak bukit tersebut.

Via Pantai Senggigi

Apabila memutuskan melalui jalur Senggigi, maka jarak antara kota Mataram ke Pelabuhan Bangsal adalah 35 KM dan dapat ditempuh selama 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan.

Pertimbangan memilih jalur Senggigi ini adalah jalanannya relatif lebih lebar dan mulus dibandingkan jalur Pusuk yang berkelok – kelok dan tidak lebar. Bagi Anda penikmat pantai dan pemandangan laut, jalur ini menjadi pilihan yang menarik karena sepanjang perjalanan akan disuguhkan pemandangan laut dan pantai.

3. Dari Pelabuhan Bangsal ke Gili Trawangan

Setibanya di Pelabuhan Bangsal, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membeli tiket penyeberangan menuju Gili Trawangan, alasannya adalah karena perjalanan dari Pelabuhan Bangsal menuju Gili Trawangan harus menggunakan kapal kayu ataupun kapal cepat (fast boat). Terdapat loket penjualan tiket penyeberangan di sekitar pelabuhan tersebut.

Antara Gili Trawangan dan Pulau Lombok dipisahkan oleh laut dan jaraknya sekitar 3 KM. Lama perjalanan dari Pelabuhan Bangsal ke Gili Trawangan sekitar 40 menit menggunakan kapal kayu  dan sekitar 7 menit menggunakan kapal cepat (fast boat). Informasi lebih lanjut terkait pilihan kases transportasi ke Gili Trawangan bia diakses di lama resmi: www.marijelajahindonesiaku.com.

Demikian, pilihan destinasi wisata halal Lombok pekan ini, tunggu update pilihan destinasi lainnya di gomuslim.co.id. (fau/dbs/foto:natgeo)

 


Back to Top