Wisata Halal Kota Balikpapan (3)

Ini Panorama Indah di Danau Cermin Lamaru Balikpapan

gomuslim.co.id- Satu lagi destinasi wisata yang bisa menjadi referensi kamu saat singgah di kota ini. Karena keindahan alamnya, destinasi ini menjadi tempat favorit para wisatawan. Adalah danau yang mempunyai banyak julukan bagi danau yang berair jernih bagaikan cermin alam ini. Danau Hijau, Danau Cermin, padahal nama aslinya adalah Danau Rawamangun yang ada di kota Balikpapan. Disebut Danau Hijau karena bagian tengah yang berair dalam tampak kehijauan memantulkan warna pepohonan yang ada di sekitarnya. Sedangkan disebut danau cermin karena pantulan pepohonan dan awan yang berarak di atas danau tampak mirip sekali dengan aslinya.

Asal Terbentuknya Danau Cermin Lamaru

Sebenarnya danau ini buatan manusia karena kebutuhan tertentu. Menurut penduduk sekitar, tanah asli danau ini sebenarnya dikeruk untuk kebutuhan tempat latihan lapangan tembak menembak pihak TNI AD. Pada tahun 2009, lapangan tembak beralas tanah seluas kira-kira 1 hektar di wilayah Lamaru ini pun digunakan untuk latihan. Ketika ditinggalkan, area tanah yang berbentuk cekung ini pun digenangi air dan membentuk danau yang kini tersohor dengan nama Danau Cermin Lamaru.

Sebagian lagi menyebutnya dengan sebutan ‘Danau Belakang Lapangan Tembak’, karena memang lokasinya terletak tepat dibelakang lapangan tembak yang sering dipergunakan untuk latihan menembak atlet dan anggota TNI-Polri.

Meski danau ini terbuat secara tidak sengaja, kehadiran danau ini sempat membawa berkah disaat musim kemarau panjang yang terjadi pada akhir tahun 2014 lalu. Puluhan truk pengangkut air dari berbagai daerah berbondong-bondong datang dan mengambil air di danau ini.

Namun informasi dari salah seorang warga sekitar mengatakan, air di danau ini memiliki kadar asam yang tinggi akibat kandungan tanah liat dan batu bara. Sehingga, air danau cermin tidak layak untuk dikonsumsi. Selain keindahanya, danau cermin lamaru juga memiliki mitos-mitos yang berhubungan dengan dunia ghaib, salah satunya tentang keberadaan ular besar yang menunggu danau ini.

Tapi, terlepas dari isu-isu tersebut, danau ini menjadi destinasi favorit untuk berfoto para wisatawan karena keindahan panoramanya.

Rute ke Danau Cermin Lamaru

Letaknya sendiri cukup jauh puluhan kilometer dari pusat kota Balikpapan, tidak sulit mencapai lokasi Danau Cermin Lamaru. Selain dengan kendaraan sendiri, ada angkutan kota nomor lambung 7 yang rutenya menuju danau. Turun saja di SMK Adzkiya atau dekat Pondok Pesantren Gema Rahmatullah. Dari sini kamu lanjutkan dengan berjalan kaki untuk tiba di area danau. (fau/dbs/portalbalikpapan/jomblotraveler/foto: dictio/masbei)

 


Back to Top