Wisata Halal Kota Balikpapan (4)

Jadi Ikon Baru Kota Balikpapan, Begini Kemegahan Masjid Madinah Van Borneo

gomuslim.co.id- Baru saja diresmikan pada tahun 2017 lalu, Masjid yang satu ini menjadi ikon baru bagi kota Balikpapan. Dengan kemegahan artistektur dan  keistimewaannya, Masjid ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata religi jika kamu sedang mampir ke Kota ini. Seperti apa kemegahannya?

Masjid Madinatul Iman atau Balikpapan Islamic Center. Bangunan yang berdiri megah dan indah ini nampaknya benar-benar membuat siapapun yang melihatnya merasa terkagum-kagum. Belum lagi julukannya sebagai Madinah Van Borneo yang makin membuat citranya semakin menggema.

Dijuluki Madinah Van Borneo

Masjid yang berlokasi di Jalan Belibis ini memiliki desain serupa dengan Masjid Nabawi. Hal tersebut bisa dilihat dari bagian mihrab Masjid Madinatul Iman serta mimbar Rasulullah. Dengan begitu diharapkan siapapun jamaah yang beribadah di sini akan memiliki kesan serasa melakukan ibadah di Madinah. Ketua Dewan pertimbangan MUI Kota Balikpapan, Muhammad Idris juga bertutur bahwa dibalik pembangunan BIC terselip sebuah cita-cita untuk menjadikan Kota Balikpapan layaknya kota Madinatul Iman, kota yang damai untuk semua umat manusia.

Bangunan yang didominasi dengan warna putih ini punya banyak sekali keunikan yang sekan membuat kita menginjakkan kaki di Madinah. Ada empat menara yang mengelilingi masjid serta satu kubah. Selain itu, kita juga bisa melihat 6 payung berwarna putih layaknya Masjid Nabawi yang jadi simbol jumlah rukun iman.

Selain itu, juga ada koridor panjang yang mengelilingi sebuah menara besar, seakan menyambut siapapun yang masuk dalam komplek masjid. Menara besar di masjid ini berfungsi sebagai tempat pengamatan astronomi serta hilal.

Bangunan berlantai 4, basement untuk sarana pendukung, toilet dan tempat wudhu. Sementara lantai 1, 2 dan 3 untuk peribadatan. Interior sangat indah, benar-benar seimbang dengan eksteriornya. Dinding altar terbuat dari marmer warna krem.

Adapun, daya tarik utama interior ada di mihrab. Mihrab berupa cerukan, dengan lebar 6 meter, berketinggian 15 meter dan kedalaman 4 meter. Mihrab dilapis marmer warna putih susu dan bagian atas berbentuk lengkungan layaknya irisan setengah bola. Lengkungan penuh dengan ornamen bernuansa Timur Tengah berwarna hitam dengan dasar putih.

Sedangkan, dipojok kanan dan kiri atas dihias ornamen bulat berisi lafadz Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Mihrab ini amat sangat mirip dengan mihrab Masjid Nabawi. Dan ini memang disengaja, konon diharapkan bagi jama’ah yang beribadah disini akan serasa di Masjid Nabawi, sehingga menambah kekhusyu’an.  (fau/plongsite/balikpapanguide/dbs/foto: plongsite/youtube)

Lokasi Islamic Center Balikpapan:

Jalan Belibis, Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76114.


Back to Top