Wisata Halal Kota Balikpapan (5)

Wajib Dicoba, Ini Lima Pilihan Kuliner Halal Khas Balikpapan

gomuslim.co.id- Kota Balikpapan yang merupakan ibukota Kalimantan Timur ini memang terkenal dengan industri minyak dan gas yang berkembang pesat. Tak hanya itu, pekembangan wisatanya pun variatif, tak terkecuali kuliner khasnya. Jika kamus edang mampir ke kota ini, tak ada salahnya mencoba lima pilihan kuliner halal khas berikut ini:

1. Roti Mantau

Inilah makanan  khas Balikpapan yang biasa disantap saat sarapan pagi. Rasanya gurih diluar karena cara penyajiannya adalah dengan cara di goreng. Adapun dalamnya terasa lembut dan nikmat. Kamu bisa manfaatkan roti mantau ini sebagai teman sarapan yang nikmat dengan cara dicocol saus balado atau saus lada hitam. Warga di sana juga menyajikan roti ini dengan pendamping daging kambing atau daging sapi dengan rasa yang nikmat.

Roti mantau mempunyai bentuk menyerupai bakpao. Bedanya, jika bakpao biasa berisikan daging, cokelat, ataupun isian lain, roti mantau tidak berisi apa-apa, melainkan hanya murni roti biasa dari olahan tepung terigu dengan tekstur dan rasa yang lembut. Harga rotinya sudah pasti sangat terjangkau, cukup 2.000 rupiah saja per potong.

2. Abon dan Peyek Kepiting

Pecinta abon wajib mencoba oleh-oleh khas Balikpapan yang satu ini. Biasanya, di tempat lain, jenis abon yang dijual adalah abon daging ayam, daging kambing, dan daging sapi. Nah, di Balikpapan, Anda akan disuguhkan dengan menu abon istimewa dengan nama abon kepiting.

Abon ini tentunya terbuat dari bahan daging kepiting segar yang menjadi ciri khas buah tangan dari Balikpapan. Abon kepiting tersedia dalam berbagai ukuran kemasan dimana kemasannya berupa plastic transparan.

Tak hanya abon, di kota ini, kepiting juga diolah menjadi peyek yang gurih, renyah, dan nikmat. Daging kepiting terasa nikmat saat diolah menjadi peyek dengan tambahan bumbu yang meningkatkan cita rasa peyek dan memberikan keunikan tersendiri. Peyek kepiting cocok digunakan sebagai pendamping makan atau teman minum kopi dengan harga yang relative terjangkau.

3. Nasi Bakar Seafood

Makanan khas Balikpapan yang selanjutnya adalah nasi bakar seafood. Balikpapan yang kaya dengan Seperti hasil lautnya, juga menghadirkan kuliner yang cukup menggoda lidah adalah nasi bakar seafood.

Di dalam nasi yang terbungkus praktis ini, terdapat olahan ikan, kepiting, dan udang dengan bumbu yang meningkatkan cita rasanya. Cukup praktis sebab kamu tidak perlu lagi membawa lauk secara terpisah. Efek bakar-bakarnya memberikan aroma harum yang khas.

4. Pisang Gapit

Satu lagi makanan ringan khas kota Balikpapan adalah pisang gapit asal. Terbuat dari bahan dasar pisang gepok yang dibakar diatas arang hingga setengah matang. Setelah itu, pisang tersebut akan digapit dengan kayu lalu dibakar lagi hingga matang.

Setelahnya, untuk meningkatkan citarasanya, pisang gapit disiram dengan kuah berwarna coklat yang terbuat dari bahan santan, gula merah dan potongan nangka.

5. Bubur Gunting

Meskipun namanya terdengar sedikit aneh, bubur gunting adalah bubur biasa yang terbuat dari bahan dasar tepung ketan. Istilah gunting pada nama makanan ini merujuk pada proses pengguntingan adonan.

Bubur ini dibuat dari campuran tepung ketan, air kapur sirih, garam, dan air daun suji. Adonan bubur kemudian dibentuk panjang untuk digunting-gunting berbentuk serong berikutnya. Adonan yang sudah digunting selanjutnya dimasak dalam rebusan santan, garam, dan gula merah. Bubur gunting yang lebih nikmat disantap ketika hangat, rasanya manis dan gurih. (fau/gotravelly/oleh2balikpapan/dbs/foto: masteroleh2)

 


Back to Top