Wisata Halal Pontianak (5)

Ini Enam Kuliner Halal yang Wajib Kamu Cicipi dari Kota Pontianak

gomuslim.co.id- Bagi kamu pecinta kuliner makanan khas Nusantara wajib berkunjung ke tanah Melayu di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Di sini Anda akan dimanjakan dengan berbagai makanan akulturasi dari Melayu dan Cina yang sudah ada sejak turun temurun.

Dan bicara soal rasa, lidah memang tak pernah bohong, rasa umami, manis, asin, asam, pedas menjadi satu dan membuat selera makan  bertambah. Hmmm seperti apa ya? Yuk simak enam Kuliner Khas Kota Pontianak :

1.      Chai Kue

Nama makanan ini adalah Chai Kue (dalam bahasa Kek), tapi lebih dikenal dengan Choi Pan (bahasa Hokkian). Kue tradisional khas Pontianak ini berbentuk seperti  pastel berukuran kecil, lapisan kulitnya lembut, tipis, dan berwarna putih. Disajikan hangat dengan serpihan bawang putih goreng yang ditaburkan di bagian atasnya.

Chai Kue memiliki isian rebung, kacang hijau, bengkoang, dan tongcai. Cara penyajiannya juga ada dua macam, ada Chai Kue kukus dan goreng kriuk-kriuk. Namun, untuk pelengkap, keduanya dapat dinikmati dengan cocolan saus yang rasanya menggugah selera. Rasa asam tapi segar menjadi ciri khas saus cocolan Chai Kue yang selalu dicari pecinta kuliner. Untuk satu porsi bersisi 10 dibandrol dengan harga Rp 11.000. 

2.      Kue Hebi

Atau yang dikenal dengan kue talam, terbuat dari tepung beras, tepung tapioka, gulapasir, garam, santan kental, dan abon. Tapi berbeda dengan kue talam yang rasanya agak manis. Kue Hebi punya ciri khas gurih karena dilengkapi dengan taburan abon. Teksturnya lembut dan ukurannya relatif besar. Untuk menemani sarapan pagi 3 buah Kue Hebi cukup mengenyangkan perut. Untuk 1 kue dibandrol seharga Rp 5.000.

3.      Nila Asam Pedas

Menjelang waktu makan siang, menu Nila Asam Pedas jadi juara. Rasa lapar akan terbayar dengan menyantap kuahnya yang lezat ditemani nasi panas pulen. Daging ikan nila sama sekali tidak menimbulkan aroma amis karena diolah dengan teknik pencucian yang benar dan perasan jeruk nipis. Selain itu tambahan potongan daging nanas menjadi pelengkap rasa kuah asam yang segar. Bagi kamu pecinta kuliner asam manis. Nila Asam Pedas wajib dicicipi jika berkujung ke Pontianak. Seporsi ikan nila ukuran 4,5 kg dibandrol dengan harga Rp 45.000.

4.      Udang Gala Telur Asin

Hampir mayoritas menu makanan yang berbahan dasar udang gala dijamin enak. udang gala memiliki ukuran lebih besar dibanding udang pada umumnya. Cocok untuk dimasak goreng tepung, atau dijadikan asam manis yang berkuah. Untuk menu khas kali ini, udang gala disajikan dengan kombinasi kuning telur asin yang pastinya gurih. Dicampur dengan tambahan margarin, daun kari, susu full cream, bawang putih cincang, lada, serta garam. Dan udang gala telur asin siap memanjakan lidah Anda.

Tekstur daging udang gala juga lembut dan berukuran besar. Telur asin yang menjadi topping udang menambah selera makan kamu. Untuk satu porsi udang gala telur asin berisi 5 ekor udang, dibandrol Rp 40.000.

5.      Kerupuk Kuku Macan

Salah satu oleh-oleh kerupuk khas Kalimantan adalah kuku macan. Kerupuk ini terbuat dari campuran ikan, tepung kanji, telur, kaldu bubuk, soda kue, garam, dan gula.

Kerupuk kuku macan disajikan untuk melengkapi makan siang atau camilan di waktu senggang. Rasanya yang gurih dan renyah akan menambah selera makan Anda. Harga satu bungkus kuku macan ukuran sedang dibandrol Rp 20.000.

6.      Kue Bingke

Belum ke Pontianak kalau belum mencicipi kue bingke. Kudapan tradisional yang populer di Pontianak ini terbuat dari tepung terigu, telur, santan, gula pasir dan garam. Ada kue bingke yang dipanggang, ada pula dikukus yang dinamakan bingke berandam. Umumnya bingke dicetak bentuk daun semanggi berkelopak enam, tetapi ada juga yang berbentuk bulat.

Warnanya pun beragam, mulai dari kuning, kuning kecokelatan atau hijau. Kini, variannya juga beragam, tidak hanya original. Ada bingke rasa tapai, kentang, labu, pandan, nangka, kelapa muda, cokelah hingga keju.

Teksturnya sangat lembut, berminyak, dan mirip puding. Sangat cocok dinikmati untuk sarapan dan berbuka puasa karena kandungan protein pada telur bebeknya dapat menunda rasa lapar dan rasanya lezat. Harga satu porsi kue bingke Rp 16.000. (nat)

 

 


Back to Top