#NgetripHalal

Masjid Agung At-Tin, Wisata Religi di Kawasan Taman Mini

gomuslim.co.id - Jika sedang berlibur ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII), jangan lupa mampir ke Masjid Agung At-Tin. Masjid megah nan indah ini persis di dekat pintu masuk 1 TMII Kelurahan Pinang Ranti, Makasar, Jakarta Timur 13560.

Tentang Masjid

Masjid ini diresmikan pada 26 November 1999 di area tanah seluas 70.000 meter persegi.  Pemberian nama At-Tin terinspirasi dari salah satu surah dalam Alquran yakni At-Tin, surah ke-95 dalam urutan penulisan Alquran. At-Tin yang berarti sejenis buah yang sangat manis, lezat, dan penuh gizi. Buah ini dipercayai mempunyai manfaat yang banyak, baik sebelum matang maupun sesudahnya.

Selain diinspirasi dari surah Alqur‘an, pemberian nama At-Tin sebenarnya juga merupakan upaya untuk mengenang jasa-jasa istri mantan Presiden Soeharto yang bernama Ibu Tien atau lengkapnya Hj. Fatimah Siti Hartinah Soeharto. Memang, pendirian Masjid At-Tin sejak awal merupakan usaha anak-cucu Presiden Soeharto untuk mengenang ibu/nenek mereka.

Pendirian masjid ini terlaksana berkat bantuan Yayasan Ibu Tien Soeharto yang merupakan yayasan milik anak-keturunan Ibu Tien Soeharto. Oleh karenanya, nama At-Tin tentu dimaksudkan sebagai doa dan perwujudan rasa cinta yang tulus dari anak/cucu kepada ibu/nenek mereka.

Arsitektur

Arsitektur Masjid At-Tin mempunyai keunikan dan kekhasan tersendiri, baik dari segi arsitektur bangunan, hiasan ornamen, maupun desain dalam dan luar ruangannya. Arsitek masjid ini adalah Fauzan Noe'man dan Ahmad Noe'man. Fauzan Noe'man merupakan anak dari Ahmad Noe'man.

Gaya arsitektur masjid ini berusaha menonjolkan lekukan bentuk anak panah pada dinding di hampir semua sudut dan ornamen yang menghiasinya. Lekukan anak panah ini terlihat secara jelas pada bagian muka masjid dari arah pintu masuk. Dengan begitu, wisatawan yang berkunjung ke masjid ini akan dapat melihat dengan leluasa lekukan-lekukan panah yang ditampilkan, sebelum memasuki ruang dalam masjid.

Fasilitas Pendukung dan Kegiatan

Masjid At-Tin memiliki berbagai fasilitas pendukung seperti warung makan, ruang rekreasi/TV, ruang internet, perpustakaan, rumah dinas Imam Besar, mess muazin, rumah penjaga, ruang kegiatan, ruang kelas, dan lahan parkir yang dapat menampung 100 sepeda motor, 8 bus, dan 350 mobil.

Di samping fasilitas-fasilitas pendukung, masjid ini juga sering menyelenggarakan kegiatan seperti diskusi tema khutbah sebelum salat jumat, kuliah Sabtu dan Minggu Duha berbentuk cermah dan diskusi, pengajian tafsir Alquran (Tafsir Jalalain) mulai pukul 07.00 sampai dengan 10.00 WIB, pengajian karyawan, seminar keagaman, tablig akbar, dan peringatan hari besar Islam.

Selain itu, ada juga kegiatan majelis ta’lim ibu-ibu setiap hari Senin. Waktunya setelah selesai shalat Dzuhur sampai menjelang Ashar. Untuk kegiatan remaja masjidnya, Masjid At-Tin mempunyai Pemuda Remaja Islam Masjid At-Tin (Prisma Attin). Organisasi ini juga memiliki banyak kegiatan.

 

Baca juga:

Bayt Alquran dan Museum Istiqlal: Destinasi Wisata Religi dan Edukasi di Taman Mini

 

Paket Pernikahan Murah di Aula Masjid At-Tin

Salah satu yang menarik dari Masjid At-Tin ini adalah adanya paket pernikahan dengan harga terjangkau. Biaya akad nikah beserta resepsinya di masjid ini tergolong relatif murah. Maka tidak heran jika aula lantai bawah masjid ini kerap jadi tempat penyelenggaraan pernikahan.

Ada dua jenis biaya akad nikah di masjid ini. Yakni akad nikah standard Rp 4 juta dan akad nikah VIP Rp 6,5 juta. Perbedaannya pada dekor ruangan dan tipe kursi yang digunakan. Sedangkan untuk sewa gedung, dipatok seharga Rp 16,5 juta baik resepsi dilangsungkan pada siang maupun malam hari. Namun, harga tersebut belum termasuk katering.

Kepala Bidang Usaha Masjid At-Tin, Amirul Mustofa mengatakan bahwa pengelola memang mematok harga merakyat untuk paket akad nikah karena masjid ini milik umat. Ia menyebut, hampir setiap hari Sabtu dan Minggu selalu ada yang menyelenggarakan pernikahan di Masjid At-Tin.

“Kalau di sini nanti akad nikahnya di lantai shalat dan resepsinya di lantai dasar dengan kapasitas 1200 orang. 700 di ruang serbaguna dan 500 di lobby. Rutin setiap Sabtu dan Minggu selalu ada event pernikahan. Kalau nikahnya di hari biasa, ada harga diskon 50 persen,” katanya.

Fasilitas yang didapatkan pun lengkap. Mulai dari sketsel pelaminan, panggung pelaminan, meja penerima tamu, kursi, kapasitas parker halaman 500 kendaraan roda empat, karpet jalan warna merah, daya listrik 5000 watt, car call, sound system dengan 4 mic, pantry, ruang rias kapasitas 15 orang, pembatas di lobby, perizinan dari kepolisian, standing AC 2 unit, dan 4 buah fan di lobby.  

Ia menambahkan, persyaratan untuk menyewa Aula Masjid At-Tin pun mudah. Pihaknya menegaskan tidak akan mempersulit siapa pun yang berminat. Untuk proses booking akan berlaku dalam 5 hari kerja dan dengan uang muka 30% dari harga sewa. Biaya itu mesti dibayarkan sebelum jatuh tempo, jika tidak maka proses booking itu dianggap batal.

“Informasi lebih lengkapnya bisa dilihat di website kami atau datang langsung ke Masjid At-Tin.  Nanti kita lihat jadwalnya menyesuaikan,” ungkapnya.    

 

Alamat Masjid At Tin:

Jalan Raya Taman Mini Jakarta, 13560, Indonesia.

Telepon: 021 8779 4272; 021 8779 5564; 021 8778 1602 ext 132

Pihak pengelola: Pak Ridwan (0888-1037-180 atau 0878-8502-8056) / Pak Amir (0877-8458-1497 atau 0813-8591-2475).

 

Baca juga:

Berwisata Alam di Ibukota, Yuk Berkunjung ke Ekowisata Mangrove!


Back to Top