Ada Air Terjun di Bekasi, Ini Destinasi Curug Parigi yang Eksotis

gomuslim.co.id - Jauh dari hiruk pikuk perkotaan dengan nuansa alam yang tenang dan tentu masih fresh adalah apa yang dicari oleh para wisatawan. Kota Bekasi yang menjadi kawasan Industri terbesar, ternyata memiliki banyak wisata alam, salah satunya adalah Curug Parigi. Curug ini terletak di desa Cikiwul, Kecamatan Bantar Gebang, Bekasi Jawa Barat.

Mendengar Bantargebang, dibenak setiap orang yaitu Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang identik dengan gunungan sampah. Tapi saat ini Pemerintah Bekasi mengubah kawasan tersebut dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

Curug parigi terbentuk akibat patahan Sungai Cileungsi setinggi sekitar dua meter, Secara umum Curug Parigi terbentuk akibat patahan sungai cileungsi yang tingginya sekitar dua meter sehingga debit air yang turun dari atas sungai menciptakan sensasi luar biasa yang terlihat menakjubkan.

Patahannya yang sempurna sepanjang lebar sungai, membentuk air terjun serupa Niagara yang eksotis. Debit airnya sendiri tergantung musim, jika sedang musim hujan skala debit air bisa pada kapasitas sedang yang membuat curug parigi terlhat sangat indah. Indahnya pemandangan ini banyak membuat pengunjung mengabadikan momen dengan berfoto.

Triadi salah seorang pengunjung curug mengatakan Curug Parigi bisa menjadi alternatif tujuan wisata alam yang indah. Katanya, biasanya wisatawan mencari air terjun atau curug ke wilayah bogor yang harus melewati banyak titik kemacetan. Akan tetapi, menurutnya, Curug Parigi Bekasi bisa menjadi salah satu destinasi pengganti wisata alam di bogor.

“Curug ini sangat dekat dengan perkotaan, baik dari bogor pinggiran maupun jakarta. Ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata alam terbaik,” ungkapnya kepada gomuslim.

Menurutnya, saat Curug Parigi belum dijamaah banyak orang, kondisi debit air sangat bagus dan bersih, akan tetapi, sangat disayangkan, ketika banyaknya masyarakat yang berkunjung, ada beberapa yang tidak bertanggungjawab dalam menjaaga kebersihan lokasi karena katanya, saat ini lokasi masih terlihat sampah yang berserakan.

Ia berharap, Pemerintah Bekasi dapat menyiapkan petugas kebersihan untuk tetap menjaga keindahan Curug Parigi dan Masyarakat diimbau untuk membuang sampah pada tempatnya, agar keindahan Curug parigi tetap terus terjaga.

Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Curug Parigi dapat menggunakan kendaraan umum berupa bus jurusan Bekasi – Bogor dan turun di Pangkalan lima. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, masuk ke Jalan Raya Narogong dan berhenti di Desa Cikiwul. Menurut informasi, Sejauh ini pengunjung tidak dikenakan tarif tiket masuk, namun perlu membayar parkir Rp 5 ribu untuk motor dan Rp 10 ribu untuk mobil. (hmz/gomuslim/foto: eksplorewisata)


Back to Top