#gomuslimGoestoHalalTripTaiwan

Taipei 101, Ikon Populer Ibukota Taiwan 

gomuslim.co.id – Berkunjung ke kota Taipei tidak lengkap jika tidak mampir ke Taipei 101. Gedung pencakar langit yang merupakan kebanggaan masyarakat ibukota Taiwan. Gedung ini memiliki tinggi 508 meter dengan total 101 lantai.

Berlokasi di daerah metropolitan Xinyi Komersial, Taipei, gedung tinggi, megah dan khas ini menjadi salah satu landmark Taiwan yang sangat terkenal. Bahkan, gedung di jantung kota ini sebelumnya pernah tercatat sebagai gedung pencakar langit tertinggi di dunia sebelum dikalahkan oleh Burj Khalifa di Dubai.

Taipei 101 mulai dibangun pada tahun 1999 dan selesai pada tahun 2004. Bangunan lantai bawah merupakan pusat tempat perbelanjaan, beberapa lantai di atasnya adalah restoran, dan lantai lainnya merupakan area perkantoran.

Dalam banyak aspek, gedung baru ini adalah salah satu pencakar langit yang paling maju yang pernah dibuat sampai sekarang.  Gedung ini memiliki keunggulan yaitu fiber optik dan hubungan internet satelit yang dapat mencapai kecepatan 1 gigabyte per detik.

Gedung menara ini dibuka pada 31 Desember 2004, di tengah perayaan Tahun Baru yang semarak, lengkap dengan pertunjukan langsung dan kembang api. Presiden Chen Shui-bian, Walikota Taipei Ma Ying-jeou dan Ketua Legislatif Yuan, Wang Jin-pyng bertindak sebagai pemotong pita dalam acara peresmian tersebut.

Diperkirakan luas total menara ini adalah 450.000 meter persegi, dengan 214.000 meter persegi untuk fasilitas perkantoran, 77.500 meter persegi untuk kebutuhan komersial sedangkan 73.000 meter persegi lainnya untuk area parkir.

Pusat Perbelanjaan

Bagi kamu yang hobi belanja, jangan khawatir jika sudah ada di tempat ini karena 6 lantai dari Taipei 101 adalah pusat perbelanjaan mulai dari lantai B1 sampai lantai 5. Lantai B1 tersedia food court dan supermarket. Lantai 1 sampai lantai 5 menawarkan produk kecantikan, butik internasional, toko busana, produk elektronik serta kerajinan tangan kelas atas khas Taiwan.

Di sini, kamu dapat berbelanja sepuasnya, karena terdapat ratusan macam toko di dalamnya. Selain itu, berbagai macam restoran dengan beragam tema juga tersedia di menara ini.

Beberapa lantai telah digunakan sebagai tempat tinggal dan perkantoran. Dengan desain yang kokoh, menara ini mampu menahan berbagai kondisi bencana seperti angin topan dan gempa bumi yang banyak terjadi di wilayah Taiwan.

Arsitektur dan Lift Super Cepat

Arsitektur bangunan 101 merupakan symbolisasi dari perpaduan antara evolusi teknologi dengan tradisi Asia. Angka 101 pada namanya mengandung banyak makna. Hal itu dapat melambangkan datangnya abad baru (1 abad=100 tahun).

Angka tersebut juga melambangkan pengharapan untuk dapat menjadi lebih baik dimana dalam hal ini kesempurnaan disimbolkan dengan angka 100.  Desain Taipei 101 ditampilkan dalam delapan segmen.

Setiap segmen terdiri dari delapan lantai. Dalam kebudayaan Cina, angka delapan diasosiasikan dengan kekayaan, rejeki yang melimpah dan nasib baik. Dalam kebudayaan dimana terdapat tujuh hari dalam seminggu, angka delapan merupakan simbol perbaharuan waktu (7+1).

 

Baca juga:

Chiang Kai-shek Memorial Hall, Destinasi Wisata Sejarah Taiwan

 

Menara ini dibuat menyerupai bentuk pagoda dan batang bambu yang melambangkan budaya Asia Timur. Ruas-ruasnya juga menyerupai kotak penyimpanan uang tradisional yang melambangkan kemakmuran.

Desain ini terinspirasi oleh arsitektur tradisional Cina, dengan bentuk menyerupai pagoda. Menara ini juga terinspirasi oleh tanaman bambu, yang merupakan model kekuatan, ketahanan, dan keanggunan.

Tidak ketinggalan, unsur fengshui juga sangat diperhatikan dalam arsitektur dan posisinya. Uniknya, di menara ini tidak ada lantai 44, karena angka 4 dianggap membawa sial. Sebagai gantinya, lantai 44 dinamai sebagai lantai 43 dan lantai 43 dinamai sebagai lantai 42A.

Sensasi menaiki lift tercepat di Taipei 101 juga bisa kamu coba. Eskalator tersedia dari lantai 4 ke pusat penjualan tiket di lantai 5. Di sini pengunjung akan naik lift kedua tercepat di dunia untuk keatas. Kecepatannya mencapai 60 km/jam. Lift ini mampu membawa pengunjung dari lantai dasar ke Dek observasi di lantai 89 dalam waktu 39 detik.

Setiap lift bertekanan aerodinamis, dan dirancang dengan sistem pengereman darurat. Biaya untuk setiap Lift lebih dari $ US 2 juta. Rem lift terbuat dari keramik dan baja (seperti yang ditemukan di mobil performa tinggi) untuk efisiensi yang lebih besar.

Menara observasi terletak di lantai 89 dan lantai 91. Lantai 89 merupakan observasi dalam gedung, sedangkan lantai 91 untuk observasi luar gedung. Menara di lantai 89 dilengkapi dengan panduan suara dalam delapan bahasa. Suasananya sangatlah nyaman.

Di sini, kamu dapat menikmati pemandangan Taipei dari ketinggian dan membeli beberapa makanan dan suvenir untuk dibawa pulang. Dek observasi indoor di lantai 88 juga merupakan tempat diadakannya berbagai macam pameran. Dek observasi indoor dibuka setiap hari pukul 09.00 sampai 22.00.

Sementara dek observasi di lantai 91 dibuka pada waktu yang sama. Akan tetapi, jika keadaan cuaca buruk, ruang observasi di lantai 91 akan ditutup. Untuk tiket masuk, Anda dapat membelinya di lantai 5 tepatnya di shopping mall.

Dari lantai 89 menuju ke bawah lantai 88, kamu bisa melihat keunikan Taipei 101 “Passive Tuned Mass Damper”, kedua terbesar sedunia dengan diameter 5,5m dan seberat 660 ton, yang berfungsi untuk menstabilkan menara ini dari goyangan yang timbul dari gaya geser dari angin, angina topan dan gempa bumi. Taipei 101 merupakan satu satunya tempat di dunia dimana anda dapat melihat Passive Tuned Mass Damper.

Di Taipei 101 biasanya ada atraksi kembang api yang diadakan setiap akhir tahun selalu menarik orang berbondong-bondong untuk menyaksikannya secara langsung. Wilayah di sekitar menara ini merupakan lokasi favorit untuk acara-acara libur seperti malam pergantian tahun baru.

Alamat Taipei 101

Untuk menuju Taipei 101, pengunjung bisa naik Taipei MRT Tamsui-Xinyi Line dan berhenti di stasiun "Taipei 101/Taipei World Trade Center". Dari sana tinggal jalan beberapa menit untuk sampai.

Taipei 101, No. 7, Section 5, Xinyi Road, Xinyi District, Taipei City, 110.

 

Baca juga:

Rainbow Village, Goresan Lukisan Unik Karya Sang Veteran

 

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top