#gomuslimGoestoHalalTripTaiwan

Ximending, Surga Belanja Anak Muda di Barat Kota Taipei

gomuslim.co.id – Belanja dan berburu kuliner adalah hal wajib ketika jalan-jalan ke luar negeri. Nah, bagi kamu anak muda yang berwisata ke Taiwan, jangan lupa mampir ke Ximending. Area perbelanjaan pinggir jalan yang khas di sudut barat kota Taipei. gomuslim berkesempatan mengunjungi area ini atas undangan Taiwan Tourism Bureau (TTB) beberapa waktu lalu.

Setiap malam kawasan ini selalu ramai pengunjung. Pusat perbelanjaan ini memang dikenal sebagai tempat belanja paling populer di kalangan anak muda. Atau bahasa lainnya Ximending ini pusat gaul anak-anak muda di Taiwan.

Area Ximending mencakup bagian timur Jalan Zhonghua, bagian barat Jalan Kangding, bagian selatan Jalan Chengdu dan bagian utara Jalan Hankou. Sejak tahun 1890-an Ximending diklasifikasikan menjadi kawasan komersial dan rekreasi, sampai sekarang merupakan area paling ramai.

Pada malam hari, lampu-lampu menyala menghiasi setiap sudut area Ximending. Kawasan ini disatukan dengan bermacam ragam pakaian anak muda yang trendi, beserta kuliner, hiburan, seni yang mengandung unsur-unsur budaya. Di sudut jalan juga sering terlihat lukisan graffiti, serta hiburan terbaru dan topicipopuler.

Daerah ini didominasi oleh anak muda yang penuh dengan semangat dan energetik. Banyak film, artis, penyanyi, produk konsumen elektronik dan fashion designer menyelenggarakan event disini untuk mempromosikan produk dan karya mereka. Tak heran di sini banyak produk fashion baru muncul.

Area ini juga kerap digunakan untuk mengadakan pertunjukan jalanan. Di sini, kamu dapat menemui berbagai seniman jalanan yang sedang unjuk kebolehan. Tidak hanya banyak anak muda Taiwan yang suka datang kesini, tetapi beberapa tahun terakhir ini semakin banyak wisatawan asing muda yang berkunjung ke sini.

Ximending merupakan zona pejalan kaki yang pertama kali dibangun di Taipei. Ximending bahkan disebut sebagai Harajuku dan Shibuya-nya Taipei. Di sini kamu bisa mendapatkan barang-barang bertema Jepang seperti majalah Jepang, CD artis Jepang, fashion Jepang dan lainnya.

Ragam Restoran dan Kuliner Lokal

Para pecinta kuliner wajib datang Ximending. Karena di sini kamu yang hobi mencoba berbagai macam makanan akan puas jika berkunjung ke Ximending. Banyak sekali restoran yang bisa dicoba. Restoran di Ximending terkenal mempunyai ciri khasnya masing-masing.

Kamu juga akan menemukan berbagai macam restoran bertema. Seperti restoran ‘The World of Curry’ dan restoran bertema toilet. Ada juga restoran-restoran terkenal seperti ‘Ay-Chung Flour-Rice Noodle’, ‘Ya Rou Bian’,  ‘Simonfood Tempura’ dan banyak lainnya.

 

Baca juga:

Chiang Kai-shek Memorial Hall, Destinasi Wisata Sejarah Taiwan

 

Selain itu, terdapat juga restoran, kafe dan toko. Pada akhir minggu, biasanya ada bazaar unik tempat para siswa sekolah menjual karya mereka. Area belanja di Ximending buka setiap hari mulai siang sampai malam hari.

Untuk membeli oleh-oleh, di sini tersedia beragam toko mulai dari toko pakaian, kosmetik, suvenir, makanan, dan tas. Mereka berjajar di kanan kiri jalan. Para pengelola toko memberikan penawaran menarik untuk menggaet pembeli.

Selain itu, ada juga hotel-hotel unik dan murah di kawasan Ximending. Salah satunya adalah Hotel Amba yang berada di salah satu sudut di Ximending, tepatnya di  77, Section 2, Wuchang Street, Taipei.

Hotel ini memiliki konsep ramah lingkungan. Terlihat dari dekorasi di lobi hotel yang menggunakan toples kaca daur ulang. Begitu pun di kamar hotel, meja dan bangku dibuat dari hasil daur ulang. Sandal yang disediakan untuk penghuni hotel juga sengaja dipilih yang ramah lingkungan.

Bangunan Bersejarah

Masih di area Xinmending, ada satu bangunan yang menjadi ikon yakni Red House Theater. Tempat ini sudah berdiri lebih dari seratus tahun dan masih tetap dilestarikan. Dulunya digunakan sebagai pasar, kemudian berubah fungsi menjadi teater dan sekarang digunakan sebagai galeri, kafe dan aula pertunjukan.

Red House adalah sebuah gedung tua yang sudah berusia lebih dari 100 tahun. Dibangun oleh seorang arsitek Jepang dan selesai di tahun 1908. Bentuknya sangat tidak biasa. Namun desain oktagonal itulah yang membuat Red House berbeda. Ketika Jepang menduduki Taiwan, gedung ini berfungsi sebagai pusat jual beli fashion dan barang-barang. Tempat ini menjadi sarana rekreasi bagi orang-orang Jepang pada masa itu.

Di tahun 60an ketika seni pertunjukan populer di Taiwan, Red House merajai pasar dengan menjadi lokasi opera, pertunjukan drama dan storytelling cerita daerah. Namun kejayaan Red House menurun ketika terjadi perkembangan besar-besaran di daerah timur. Gedung Red House sempat hancur karena kebakaran di tahun 2000. Dengan upaya dari pemerintah dan rakyat Taiwan, Red House kembali berdiri dan menjalankan fungsinya kembali.

Red House ini sekarang dijadikan sebagai ruang pameran seni, “Studio 16” yang di belakang bangunannya adalah tempat yang banyak digunakan untuk menempatkan karya-karya desain terkenal. Red House selalu mengadakan bazaar yang menjual barang-barang kreatif yang diproduksi dan dijual langsung oleh anak-anak muda.

Lokasi Ximending

Area Ximending yang luas ini cukup dekat dengan stasiun utama Taipei. Dari stasiun utama, kamu bisa naik MRT Bannan Line (Jalur Biru) dan turun di stasiun "Ximen". Bisa juga dengan berjalan kaki, kurang lebih membutuhkan waktu 10 menit.

Alamat Ximending: Shi-men Ting, Wanhua District, Taipei City, 108.

(njs/cinawisata)

 

Baca juga:

Rainbow Village, Goresan Lukisan Unik Karya Sang Veteran

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top