#DakwahWithStyle

Ini Tips Sukses Jadi Pengusaha Bisnis Syariah ala CEO Tamasia Muhammad Assad

gomuslim.co.id – “Karena tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras.”

Hal itulah yang menjadi nilai yang dipegang oleh seorang entrepreneur muslim Muhammad Assad. CEO Tamasia ini dikenal sebagai pengusaha muda muslim yang sukses mengembangkan bisnis syariah, menjadi pembicara di berbagai forum, dan penulis buku best seller.

Di sela-sela kesibukannya, Assad, begitu ia akrab disapa, bercerita kepada gomuslim tentang kirpahnya di dunia bisnis saat ini. Katanya, menjadi pengusaha adalah bagian dari benang merah setelah ia lulus dari menempuh pendidikan S2 Islamic Finance di Hamad bin Khalifa University, Doha, Qatar.

“Setelah lulus yang merintis beberapa usaha dan akhirnya yang terbaru adalah aplikasi jual beli emas berbasis syariah.  Tamasia itu adalah aplikasi jual beli emas yang bisa didownload di playstore dan appstore. Bisa dibilang ecommerce emas dengan harga terjangkau yang memudahkan siapa saja bisa membeli emas dengan dua metode, yaitu Beli berkala atau angsuran dan Beli suka-suka minimum Rp10.000 sudah bisa beli emas,” papar Ayah dua anak ini.

Mengenal Tamasia

Muhammad Assad mendirikan PT Tamasia Global Sharia dengan branding Tamasia (Tabungan Emas Indonesia) dan masuk ke pasar industri emas sejak Mei 2017.  Pada tahun 2013, Assad yang juga anggota Hipmi Jaya mendapatkan penghargaan 100 The Most Promising Young Indonesian Entrepreneur versi Majalah SWA.

Sebelumnya, Assad sebelumnya juga dikenal sebagai seorang pengusaha di bawah bendera Rayyan Capital, motivator publik, trainer korporasi dan penulis buku-buku bestseller nasional seperti Notes From Qatar, Sedekah Super Stories dan Breakthrough.

Tamasia sendiri merupakan perusahaan teknologi dengan platform digital pertama di Indonesia yang menyediakan jasa transaksi emas (jual, beli, titip, simpan) yang dijalankan dengan sistem bisnis syariah. Tamasia juga dibangun di atas teknologi blockchain atau buku besar yang diakses dan dikelola publik.

Proses pembelian emas di aplikasi Tamasia sangat mudah. Pelanggan yang ingin membeli emas tinggal menentukan jumlah gram emas dan lama waktu angsuran, misalkan membeli 10 gram emas dengan jangka waktu 12 bulan. Lalu memilih pembayaran, bisa secara tunai, transfer atau langsung autodebet dari rekening bank pelanggan.

Bisnis Syariah Penuh Berkah

Dalam mengembangkan bisnisnya, Assad mengaku dengan bisnis syariah tidak hanya fokus pada keuntungan, tapi juga keberkahan. “Karena menganut asas transparan, adil, dan jujur, yaitu win win solution, jadi bisnis saya nitanya dakwah,” kata Assad.

Selain itu, menurut Assad, p erkembangan keuangan syariah di Indonesia sudah begitu pesat. “Apalagi saat ini, masyarakat muslim Indonesia sudah mulai aware dan kembali ke roots nya dengan menerpakan kembali nilai-nilai agama dalam kehidupannya, mulai dari makanan sampai soal keuangan, “ papar alumni Business Information Systems University of Technology Petronas, Malaysia ini.

Terakhir, suami dari Afra Nurina ini berbagi tips sukses berbisnis di era milenial yang berbasis syariah.

“Intinya itu 3P, Positive, kita harus yakin pada Allah dan bersikap Husnudzon, kedua Persistence, yaitu kerja keras atau istiqomah, misalnya gagal ya bangkit lagi. Lalu yang terakhir; Pray, apapun yang kita impikan dan kita cita-citakan selalu melibatkan Allah dalam melakukan apapun. InsyaAllah sukses dunia akhirat bisa kita raih dengan seimbang,” pungkasnya. (fau)

 

 


Back to Top