#DakwahWithStyle

Fuad Hasan Masyhur, Sosok Inspiratif di Balik Suksesnya Maktour

gomuslim.co.idMan Jadda Wajada. Siapa yang Bersungguh-sungguh, Dia akan Berhasil.

Peribahasa Arab ini menjadi filosofi yang pas untuk menggambarkan perjuangan suka-duka seorang pengusaha asal Makassar yang membangun Biro Perjalanan Haji Khusus dan Umroh Maktour. Kepada gomuslim, Fuad Hasan Masyhur, Presiden Direktur PT Maktour berbagi cerita tentang suksesnya biro perjalanan yang berkantor di kawasan Jakarta Timur ini,

“Pertama kali saya melakukan haji pada tahun 1980, kemudian saya mendapatkan pelayanan yang tidak maksimal dalam beribadah haji, baik dari segi makanan, hotel, ataupun bimbingan haji dan umroh. Karena itu, pada tahun 1980 itu, pada saya melihat kekurangan itu, saya terpanggil untuk memulai memberikan pelayanan kepada tamu Allah tesebut. Pada tahun 80an itulah, saya memulai membuka usaha di bidang pelayanan masyarakat umroh dan haji, “ jelas Fuad Hasan.

Selain itu, menurutnya, pelayanan maksimal kepada Jemaah haji ataupun umroh menjadi sangat penting diterapkan di Maktour.

“Dari situlah saya membangun travel haji dan umroh yang membuat para jamaah khusyuk dalam beribadah yaitu yang memberikan pelayanan terbaik serta maksimal dalam perjalanan beribadah. Saya mau mereka berangkat dengan nyaman. Saya ga mau ayat dalam Alquran yang menerangkan ibadah haji yang khusyu kemudian pada saat beribadah haji, masyarakat tidak menerima haknya kemudian tidak boleh komplaign. Justru seharusnya memang tidak boleh complain akan tetapi travel harus dan wajib memberikan hak yang sudah seharusnya diterima oleh masyarakat saat memberikan kepercayaan kepada penyelenggara travel itu, “ papar Pria kelahiran 29 Juni 1959 ini.

Brand High Class

Untuk diketahui, Biro Perjalanan Haji Khusus dan Umroh Maktour ini fokus kepada travel khusus dalam bidang keagamaan, yaitu haji dan umroh dengan pelayanan yang baik dan maksimal. Karena itu, banyak pandangan masyarakat melihat maktour adalah perjalanan haji dan umroh berlevel high class.

“Benar memang harga kami berlevel atas karena memang saya hanya ingin memberikan berupa pelayanan yang maksimal untuk ibadah para jamaah. Tapi yang jelas, pelayanan yang kami berikan akan jauh lebih maksimal dan insya Allah tidak akan mengecewakan masyarkaat. Moto Maktour adalah kenyamanan, saya akan memberikan hotel yang terbaik dan berbintang selain itu gizi makanan yang berkualitas, itu sudah terjamin. Karena apabila dilihat, untuk cuaca sendiri pasti berbeda, sehingga akan adanya naik turun suhu tubuh. Maka itu, pelayanan maksimal memang harus dirasakan oleh masyarakat agar ibadah yang berjalan lebih khusyu’,” kata Fuad.

Terkait pemberitaan di media tentang banyaknya penipuan berkedok travel haji dan umroh, menurut Fuad Hasan hal tersebut bisa menjadi pelajaran bagi semua pihak.

“Banyaknya travel yang memberikan kekecewaan karena hilangnya empati mereka, selain itu hanya keuntungan yang dicari. Mereka tidak melihat bagaimana susahnya masyarakat dalam mencari pundi uang untuk melakukan ibadah umroh dan haji, tapi ternyata mereka menghancurkan impian masyarakat untuk menjadi haji yang mabrur. Insya Allah, Maktour akan bekerja menggunakan hati. Secara profesional dan mewujudkan mimpi masyarakat untuk menjadi ibadah yang mabrur,” katanya.

Haji dan Umroh bagi Milenials

Untuk generasi muslim milenials, Fuad Hasan juga berbagi tips dan saran terkait waktu keberangkatan haji dna umroh di usia muda. Menurutnya, usia ideal berhaji dan umroh adalah apabila seseorang sudah baligh.

“Nah untuk para pemuda milenial, menabunglah dan niatkan untuk umroh dan haji, karena berhaji itu adalah salah satu rukun islam ke-5. Semua perjalanan ibadah baik tawaf sa’I, lempar jumroh, itu harus memiliki fisik yang kuat, maka itu dengan pelayanan yang maksimal, saat jamaah berada di hotel, maka jamaah bisa sangat rileks. Karena sekarang keberangkatan haji sudah memiliki kuota. Maka saya mengajak pemuda milenial dapat menabung untuk keberangkatan haji. Jangan jalan-jalan keluar kota atau keluar negeri bisa tapi berhaji tidak bisa,” jelasnya. (fau/hmz/foto: gomuslim)

 

Tonton juga vidoenya di Youtube Channel #gomuslimOfficial:

Inspiratif ! Sosok di Balik Suksesnya Maktour Travel Haji dan Umroh


Back to Top