Aleehya, Pelopor Musik Shalawat Bergaya Rap Hip Hop dengan Musik EDM

gomuslim.co.id – Setiap muslim dianjurkan untuk membaca shalawat untuk Nabi Tercinta, sebagaimana perintah Allah SWT dalam QS Al Ahzab ayat 56:

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi, ‘Hai orang-orang yang beriman bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Semangat itulah yang dibawa Aleehya, yakni sebuah grup yang beranggota tiga orang personil, Ari Zenal Danu Silo dan Bayu Teguh dalam mensyiarkan Shalawat agar lebih akrab bagi umat muslim pada umumnya.

 

Baca juga:

Komunitas Nasyid Indonesia Terbentuk, Inten Dakwah dengan Musik

 

Shalawat yang ada diaransemen ke dalam music  genre pop modern dan rap ditambah alunan electronic dance music (EDM) oleh Ari, sehingga lebih asik dan mudah diikuti. Ditambah, Aleehya juga menggunakan lagu-lagu yang tengah hits dan digubah liriknya menjadi shawalat, seperti Attention dari Charlie Puth, hingga Jaran Goyang Nella Kharisma.

“Ada keresahan kita pada awalnya, yaitu gimana sih nilai-nilai positif bisa tersampaikan ke anak milenial, maka kita memanfaatkan lagu popular pada saat ini untuk jadi kemasan untuk syair positif terutama shalawat” kata Ari Zenal pada gomuslim saat ditemui di gelaran Hijab Celebration Day 2019, Minggu, (17/02/2019). 

Awal terbentuk di tahun 2017, masing-masing dari mereka bertiga memang sudah memiliki grup nasyid, dan tergabung dalam sebuah komunitas dan di tangan mereka bertigalah muncul ide untuk menampilkan sesuatu yang baru.

“Ingin sampaikan sesuatu yang baik dengan cara kekinian, dengan meminjam lagu yang lagi hits, kita cari shalawatnya, cocokkan liriknya, dan lahirkan single dari kita yang bisa didengar lewat youtube channel kita” ujar sang Rapper, Bayu Teguh.

Selain mengcover lagu-lagu yang tengah hits, Aleehya juga mengeluarkan karya-karya lagu yang fresh dan bernuansa religi Islami. Single pertama berjudul “Apa Kabar Assalamu’alaikum” disusul dengan “Ucapkan Bismillah”, pihaknya juga mengaku akan segera mengeluarkan single “Salli Wa Sallim da-iman” di tahun 2019 ini.

Selama perjalanan Aleehya di dua tahun, mereka terus mempertahankan semangat dan istiqomah. Agar lirik positif terus tersampaikan bagi orang banyak, serta bahwa Shalawat tidaklah identic dengan beberapa orang, namun siapa saja. Sebagaimana jika seorang muslim memiliki hajat, maka bershalawatlah.

“Syukurlah, kami banyak dikenal orang, dan perjalanan sampai sini juga sungguh luar biasa” kata Bayu.

Music Synthesizer, Ari juga mengaku bahwa Aleehya sangat ingin menginspirasi, para generasi selanjutnya, bahwa Islam adalah agama yang Rahmatan lil alamin. Namun, tetap mengikuti gaya milenial yang kekinian.

“Pokoknya, dengan seni hidup lebih Indah dengan Ilmu hidup lebih mudah, dengan agama hidup lebih terarah” tutup Lead Vocal, Danu Silo.

Kini lagu-lagu popular yang dinyanyikan dapat ditemui di youtube channelnya, dengan berbagai versi lagu gubahan karya Aleehya. (nov)

 

Baca juga:

Berdakwah Lewat Lirik Lagu, ANN Jabar Kenalkan Nasyid Sebagai Musik Positif untuk Muda-Mudi Muslim


Back to Top