#DakwahWithStyle

Make People More Younger, Desainer Eugeneffectes Hadirkan Warna-Warni Nyentrik nan Elegan untuk Hijabers

gomuslim.co.id - Nyentrik, Popup, Harajuku, inilah kesan pertama yang terlihat dari busana modest fashion “Eugeneffectes.”

Berawal dari kegemaran sang desainer Eugenea Fitri Anggra Sora menggambar dan berimajinasi. Akhirnya terciptalah DNA brand yang ‘rebel’ namun glamor dan elegan.

Saat ditemui gomuslim, Eugene mengaku karya busana yang dihasilkannya memang tidak biasa untuk kebanyakan orang. “Busana Eugeneffectes terbilang cukup ‘aneh’, tapi ini yang jadi ciri khas karya ku,” tutur Eugene yang selalu berpenampilan nyentrik.

Kemampuan menggambar Eugene terlihat sejak ia masih duduk di bangku sekolah dan sering mengikuti lomba menggambar. Berkat dukungan orang tua Eugene memfokuskan pendidikannya di sekolah tata busana ESMOD Jakarta. “Sejak sekolah di ESMOD, aku berani untuk nerima jahitan, dan lama kelamaan berani juga untuk buat brand sendiri,”  kata dia.

Di Balik DNA ‘Eugeneffectes’

Nama Eugeneffectes berasal dari kata nama sang desainer itu sendiri ‘Eugene’, sedangkan kata ‘effectes’ diartikan pengaruh bagi yang mengenakannya.

“Jadi kalo ada orang yang pakai baju aku, maka dengan sendirinya dia akan terpengaruh dengan gaya busana ku, urakan, playfull, dan jadi nampilin karakter DNA Eugeneffectes,” ujar hijaber yang baru-baru ini meluncurkan tren modest fashionnya dengan tema Kutu Buku.

Tema Eugeneffectes di Tahun 2019

Kecintaannya di dunia fashion membuat Eugene terus berinovasi dan belajar tren forecasting untuk menjadikan kiblat modest fashion di tanah air. Hal ini tak dipungkiri dengan adanya persaingan dunia mode yang sangat ketat. Karena itu, konsisten menjadi kunci utama untuk mempertahankan loyal costumers.

Dan di tahun 2019, Eugene meluncurkan tren forcasing busananya yang mengangkat tema ‘Kutu Buku’ berupa paduan kemeja kotak-kotak old skull yang dapat dikreasikan menjadi 3 look yang berbeda.

“Ciri khas Harajuku masih tetep ada, untuk tahun ini aku angkat tema kemeja kotak-kotak karena tren ini bakal happening lagi dan akan tetep jadi kegemaran anak muda,”

Selain tema busana, dari segi bahan, Eugene memilih untuk memakai bahan yang nyaman dipakai semua kalangan. Eugene mengaku ingin membuat ‘make people more younger’ dalam semua karya yang dihasilkannya.

“Konsep baju bisa masuk ke semua usia, aku ingin orang yang memakai baju itu merasa lebih chick, dan lebih young,” ujarnya.

Kemampuannya dalam mendesai pakaian membuat Eugene tetap optimis mendalami industri modest fashion. Salah satunya karena busana-busana yang dibuatnya sulit untuk ditiru.

“Kalo ada yang mau copy cut baju-baju aku, dia harus bongkar dan bener-bener perhatiin perhelai kainnya. Karena jahitan yang ada di satu baju perlu teknik khusus untuk menyusunnya. Dan semua baju-baju yang ada di Eugeneffectes aku sendiri yang nyusun di awal, baru penjahitnya yang nerusin untuk dijahit,” pungkas Eugene.

Berkat kemampuannya merancang pakaian dan menjahit, busana Eugeneffectes berhasil melenggang di berbagai runaway. Seperti Muslim Fashion Festival (MUFFEST), dan berbagai ajang pameran fashion di berbagai kota dan luar negeri.

Melihat perkembangan modest fashion yang kian meningkat, Eugene optimis di tahun 2020 Indonesia bisa menjadi kiblat fashion Muslim dunia.

“Sebagai desainer pastinya seneng banget kalo Indonesia bisa jadi kiblatnya fashion Muslim, karena selain mayoritas Muslim. Desainer-desainer modest fashion semakin imajinatif dan inovatif. Baju Indonesia tujuannya untuk runaway di indonesia jangan sampai dibeli untuk diamati dan ditiru sama negara lain,” pungkas Eugene.

Percaya diri, ada tekad yang kuat, bisa mengenali diri sendiri menjadi tips and trick Eugine kepada generasi muda agar bisa menjadi desainer yang profesional

“Yang penting harus punya karakter/DNA sendiri dan berani explore ke orang lain,” tutupnya. (nat/foto:gomuslim)

 

 

Baca juga:

Ini Empat Tema Trend Forecasting 2019/2020 Karya Desainer Indonesian Fashion Chamber

 

Tonton juga videonya di Youtube Channel gomuslim Official:

Busana Muslimah Nyentrik ala Eugeneffectes


Back to Top