Ustadz Ahmad Sarwat, Penggagas Rumah Fiqih Indonesia

gomuslim.co.id – Sahabat gomuslim, di era teknologi saat ini gak ada alasan untuk tidak belajar agama. Karena akses dan media belajar pun sudha banyak dan beragam. Karena itu, kita bisa belajar di mana saja dan kapan saja.

Seperti dilakukan oleh Rumah Fiqih Indonesia. Sebuah lembaga belajar agama Islam, khususnya ilmu fiqih ini menjadi jawaban bagi siapa saja, khususnya generasi milenial untuk belajar ilmu fiqih Islam. Penggagas Rumah Fiqih Indonesia (RFI), Ustadz Ahmad Sarwat, Lc., MA. bercerita kepada gomuslim, RFI ini adalah sebuah komitmennya bersama teman-teman dan adik-adik kelasnya dulu sewaktu kuliah di IIQ dan Institut Ilmu Quran (IIQ) dan Universitas Islam Muhammad Ibnu Suud Kerajaan Saudi Arabia yang sama-sama belajar di Fakultas Syariah.

“Seperti namanya ya, rumah. RFI ini sebagai upaya untuk menyebarkan apa yang kami pernah pelajari. Karena itu kami tidak menjadikan inis ebagai lembaga fatwa dan semacamnya karena murni untuk media belajar umat. Para pelajarnya pun dari teman-teman dan adik kelas saya, karena kami ingin mengamalkan ilmu kita bersama-sama, intinya kami mengajar via media youtube dan sosial media lain, atau ke majelis taklim, perkantoran, dan kampus-kampus,” jelas alumni Fakultas Syariah Jurusan Perbandingan Mazhab, Universitas Islam Muhammad Ibnu Suud Kerajaan Saudi Arabia ini.

Ilmu Fiqih untuk Kebutuhan Umat

Kata Ustadz Sarwat, ilmu fiqih memang harus menjadi bagian belajar Islam, karena ilmu syariah dan ilmu fiqih yang dibutuhkan umat saat ini.

“Adik kelas saya di IIQ dan universitas di Saudi untuk sama-sama berkiprah dan belajar agama, sehingga kita kumpul saja dan kita formalkan menjadi yayasan. Ini menjadi komitmen kami untuk mengamalkan ilmu dan berbagi ke masyarakat dengan berbagai media, kita mau menyampaikan ilmu-ilmu,” kata Ustadz Sarwat.

Selain membuat konten belajar Ilmu Fiqih di RFI, para pengajar juga hadir dalam kajian-kajian Islam di masjid atau majelis taklim, dan kampus-kampus.  Konten-konten belajar ilmu fiqih ini juga beragam, mulai dari tulisan, buku cetak, buku online, materi audio, dan materi video.

 

Sekolah Fiqih untuk Wadah E-Learning

“Di Rumah Fiqih Indonesia kami juga menyediakan wadah e-learning. Seperti kampus jarak jauh yang memungkinkan siapa saja ikut belajar di sekolah fiqih, kuliah online, tapi tidak formal yang nanti dia dapat gelar. Tapi mereka butuh ilmu agama yang bersifat rutin, ada silabus, bahkan ada tesnya. Kalau dari biaya memang tidak gratis, tapi saya rasa masih terjangkau ya,” papar Suami dari Ustadzah Aini Aryani, Lc., ini.

Lewat website http://sekolahfiqih.com, masyarakat bisa mengikuti program kelas dari Rumah Fiqih Indonesia. Program ini adalah pembelajaran yang mengajarkan ilmu-ilmu agama Islam. Diselenggarakan secara online menggunakan fasilitas koneksi internet (e-Learning) yang bersifat interaktif dan intensif.

Sekolah Fiqih terbuka untuk umum yang punya keinginan kuat belajar agama Islam, khususnya ilmu fiqih sebagai ilmu paling dasar dan paling lengkap meliputi semua aspek kehidupan. Program ini terdiri dari 8 level. Tiap level berdurasi 3 bulan. Total keseluruhannya adalah 2 tahun hingga tiap peserta dinyatakan lulus

“Kalau dari murid-muridnya memang kadang-kadang banyak dan kadang  edikit juga, karena kami mengatur level kelas masing-masing. Seharusnya, setiap hari mereka membaca tulisan atau menonton video kajian, tapi kadang orang kan punya kesibukan masing-masing, di situ kelemahannya kadang mereka hanya semangat di awal,” katanya.

Sebagaimana misinya, Rumah Fiqih ini hadir untuk mengedukasi umat Islam khususnya dan umat manusia umumnya terhadap hukum-hukum syariah dan ilmu fiqih.

“Kami berharap rumah Fiqih ini dan sekolah fiqih menjadi wadah yang baik untuk semua orang bisa belajar agama Islam yang mudah via online. Tinggal sekarang kita mau atau tidak belajar dan meluangkan waktunya. Karena untuk kita yang beragama Islam, kita perlu memahami aturan-aturan yang selalu kita pakai dalam hidup, nah itu smeua soal hukum Islam, terkait boleh atau tidak, halal-haram, kan semua ada di ilmu fiqih,” pungkas Ustadz Sarwat. (fau/rfi)

 

Rumah Fiqih Indonesia

www.rumahfiqih.com

www.sekolahfiqih.com

Jl. Karet Pedurenan no. 53 Kuningan Setiabudi Jakarta Selatan 12940

 

 


Back to Top