Farida Ningsih, Begini Cerita Ibu 10 Anak yang Sukses Bangun Keluarga dan Berbisnis

gomuslim.co.id – Sebagai seorang Istri pengusaha Travel halal yang juga sebagai ibu rumah tangga dengan 10 orang anak dan sebagai pemimpin perusahaan (Direktur) dari Halal Travel Konsorsium, wanita asal Kudus, Farida Ningsih menjadi seorang ibu yang telaten serta kuat dalam menjalani kehidupannya.

Berawal dari dirinya yang tidak ingin merepotkan suaminya saat mengalami kebangkrutan dalam berbisnis sembako, yang kemudian perekonomian dirumahnya carut–marut tidak adanya kejelasan, membuat Ibu sepuluh anak itu memustuskan bekerja menjadi marketing Umrah di salah satu perusahan travel.

Dalam pekerjaannya tersebut, Farida mengalami kesuksesan dalam penjualan Umrah, sehingga kesuksesannya itu dilirik oleh suami tercintanya. Hingga akhirnya bisnisnya tersebut dibantu oleh suaminya dengan cara di Online-kan.

Dari inisiatif suaminya tersebut, Farida mengalami kesuksesan besar dalam pekerjaannya sebagai Marketing, bahkan ia mengaku penghasilannya-pun melebih dari pendapatan travel umrah tempat dirinya bekerja. Akan tetapi, kesuksesannya tidak disambut baik oleh pemilik perusahaan travel tempat dirinya bekerja, sehingga ia dikeluarkan oleh perusahaan tersebut.

Dengan kondisi itu, tidak membuat Farida dan suaminya patah semangat, dengan modal pengetahuan dan relasi yang banyak, serta modal yang dimiliki dari hasil bekerja sebagai seorang marketing Umrah. Farida dan suaminya membangun perusahaan Travel Halal pertama di Indonesia, Cheria Holiday.

Dari bisnisnya tersebut, awal dari kesuksesan besar yang ia terima hingga saat ini. Sebagai seorang Ibu dengan 10 orang anak, tidak membuat Farida lupa akan kewajibannya dalam mengurus rumah tangga. Farida mengaku sanggup dan nyaman atas posisi dirinya yang sebagai pendamping seorang pengusaha besar dan sebagai ibu dari 10 orang anaknya.

 

Baca juga:

Inilah Travel Agent Penyedia Paket Wisata Halal Terlengkap di Indonesia

 

Cara Khusus Mendidik Anak

Dalam kehidupannya, Farida memiliki cara tersendiri dalam mengurus anak-anaknya. Di mana Farida menyekolahkan anaknya dengan cara Homeschooling.

“Saya sekolahkan anak saya di rumah, tujuannya adalah, meminimalisir pergaulan yang semakin tidak terarah di luar sana. Contoh saja, saya pernah sekolahkan anak, kemudian setelah pulang sekolah, saya ditegur anak karena setiap hari temannya dibekali mie instan, sedangkan saya berprinsip hidup sehat untuk anak-anak saya, yaitu mengkonsumsi mie sebulan sekali. Dari situ saya melihat ada dampak dari pergaulan anak,” ungkapnya Farida kepada gomuslim.

Selain itu, Farida inginkan anak-anaknya dapat menjadi seorang pembisnis. Hal tersebut dilakukan karena ia menginginkan kehidupan keluarganya mengikut cara kehidupan Rasulullah.

 

“Di zaman Rasulullah, Beliau berniaga usia belasan tahun. Nah saya juga inginkan anak-anak saya melakukan apa yang Rasulullah lakukan, yaitu berniaga. Bahkan ada beberapa anak saya yang saat ini sudah menjadi tour guide,” terangnya.

Ia mengaku, dengan menyekolahkan anaknya di home schooling, ia dapat memanagemen waktu bersama keluarganya dan juga terhadap bisnis yang digelutinya. Di sisi lain, bisnis yang digelutinya juga dapat menjadi tempat bagi anak-anaknya belajar.

“Pelajaran sekolah yang dibutuhin apa saja sih?, membaca dan menulis memang harus, tapi seperti PPKN, IPS, IPA bagaimana? Nah saya mencoba memfokuskan kepada anak-anak dalam belajarnya. Contohnya Membaca dan menulis harus, menghitung juga harus. Nah kalau ingin bahasa inggris, mereka bisa les. Belajar etika, kita sebagai orang tua dapat menerapkannya ke anak. Tentang disiplin, sopan santun. Kita sebagai orangtua dapat menjadi contoh,” ungkapnya.

“Saya yakin, pendidikan yang saya terapkan dapat membuat anak-anak saya menjadi anak yang sholeh ataupun sholehah, dan memiliki jiwa berniaga seperti apa yang Rasulullah terapkan, dan juga anak saya dapat menjadi anak yang mandiri,” sambungnya.

Selain itu, sebagai seorang istri dari seorang pengusaha sukses. Farida juga menjadi tameng bagi suaminya. Katanya, inovasi–inovasi baru dalam perusahaannya yang dicanangkan oleh suaminya, melalui filter dari dirinya.

“Jaga anak-anak itu gampang, yang susah jaga suami. Banyak inovasi yang suami buat untuk kembali memajukan perusahaan. Tapi inovasi itu harus sharing ke saya. Tujuannya kita lihat baik atau tidaknya inovasi tersebut. Patuh hukum atau tidak, dan lain lain,” kata Farida.

Ia mengungkapkan, selama ini perusahaan yang dibentuk suaminya itu, ada andil Farida sebagai seorang istri. Bahkan, dengan kepercayaan suaminya terhadap dirinya yang dinilai mampu memanage semua. Cheriatna, sang suami mempercayakannya dalam memimpin salah satu perusahaannya dengan posisi Direktur.

 

Direktur Travel Halal Konsorsium

“Saya sebagai Direktur Travel Halal Konsorsium, adalah amanah suami. Suami minta saya dapat memanagement perusahaan itu. Dan dapat mensejahterakan karyawan-karyawannya,” kata Farida.

Perusahan Akademi travel yang dimilikinya merupakan bentuk pendidikan kepada masyarakat yang ingin berbisnis travel online. Tujuannya, untuk membantu Pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dengan membantu UKM (Usaha Kecil Menengah).

Ia berharap dapat menjadi motivasi untuk saudari muslimah untuk terus berjihad dengan cara memberikan yang terbaik kepada keluarga. Maksudnya, terus berusaha untuk tidak menyusahkan suami, akan tetapi memberikan yang terbaik dengan mencetuskan ide-ide terbaik untuk membangun rumah tangga.

“Menjaga suami, memberikan ide-ide terbaik untuk keluarga, mendidik anak sesuai Sunnah Rasulullah SAW. Itu yang saya terapkan untuk keluarga. Semoga Allah meridhoi kita semua. Aamiin,” pungkas Farida.  (hmz/gomuslim)

 

Baca juga:

Berawal dari Suka Jualan dan Jalan-Jalan, Cheriatna Sukses Bangun Bisnis Wisata Halal


Back to Top