KH Ali Nurdin, Ahli Tafsir Alquran Sekaligus Inisiator Platform CariUstadz.id

gomuslim.co.id – Umat Islam Indonesia patut berbangga dengan masifnya gerakan dakwah hingga sekarang. Hal ini tentu saja berkat perjuangan para ulama yang tulus dan ikhlas mengajarkan agama dengan cara-cara terbaik.

Di era yang serba digital ini, umat Islam juga sudah dimudahkan dengan banyaknya pilihan aplikasi untuk belajar agama. Salah satunya adalah cariustadz.id, situs dan aplikasi yang memudahkan umat dalam menemukan ustadz ramah dan kompeten.

Melalui aplikasi ini, umat dapat mencari profil ustadz dan ustadzah yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan. Dan tahukah sahabat gomuslim, siapa sosok insiator dibalik aplikasi ini? dia adalah KH. Dr. Ali Nurdin, MA.    

Pria kelahiran 26 Juni 1970 ini merupakan seorang yang ahli di bidang Alquran Tafsir. Keluasan ilmunya tercermin dari cara beliau menyampaikan pesan-pesan isi kandungan Alquran dalam setiap ceramahnya.

Baginya, dakwah merupakan kewajiban sebagai muslim sekaligus panggilan jiwa. Semangatnya menyebarkan syiar Islam yang damai terpatri dalam hatinya. Tidak ada kata lawan apalagi musuh saat bersama-sama menyampaikan dakwah dengan orang yang berpaham berbeda.   

“Temen-temen semua juga kan sebetulnya juga bergelut di bidang dakwah, tentunya niatnya sama lah untuk berdakwah mensyiarkan agama ini dengan baik. Cuma terkadang gayanya berbeda, boleh beda. Kita ingin memperkuat pola yang kita yakini yang dapat menjadikan masyarakat itu lebih baik dan menghasilkan semacam pola hubungan masyarakat yang damai, harmonis,” ujarnya saat ditemui gomuslim di Pesantren Bayt Alquran, Pondok Cabe, Kota Tangerang Selatan, Rabu, (31/07/2019).  

Pengasuh Pesantren Nurul Quran Bogor sekaligus Pendiri dan Ketua Yayasan Mahyuddin Ahmad Jakarta ini, mengatakan bahwa dakwah itu fokusnya harus ke tujuan. Bagaimana agar wasatiyah Islam menjadi sebuah mainstream bagi kehidupan beragama di Indonesia sehingga itu kompatibel dengan kehidupan berbangsa.

“Jadi Islam itu tidak dihadapkan pada ini Islam, dan ini bangsa, enggak. Tapi saling menguatkan saling mendukung untuk mencapai tujuan bersama,” tuturnya.  

Pendidikan dan Karya

Ayah dari dua anak ini mengawali masa pendidikannya mulai dari MI sampai MAN di Boyolali, yang bertepatan dengan tempat kelahirannya. Kemudian ia melanjutkan kuliah S1 di Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ). Lalu sebagai pamungkas ia melanjutkan S2 dan S3 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bidang Tafsir dan Ilmu Alquran.

Selain mengenyam pendidikan formal, ia mempunyai pengalaman menimba ilmu di pesantren, diantaranya Pesantren Tahfiz Alquran Sunan Pandanaran Yogyakarta. Beliau juga merupakan santri pertama Prof. Dr. KH. Ali Mustafa Yaqub, MA, pendiri Pesantren Darus-Sunnah.

KH Ali Nurdin juga mengabdikan diri di berbagai lembaga Alquran, mulai dari anggota Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran DEPAG RI, Anggota Tim Penyusun Tafsir Tematik Depag hingga menjadi anggota Dewan pakar Tafsir Pusat Studi Alquran (PSQ) Jakarta.

Selain menjadi dosen tetap PTIQ Jakarta, beliau merupakan Sekretaris Yayasan Darus-Sunnah Jakarta dan bertugas sebagai Pembantu Rektor III Institut PTIQ Jakarta. Aktif dalam beberapa kegiatan organisasi relawan pada Yayasan Sosial Ainal Mafar dan program Re-Edukasi para Napi Teroris di Polda Metro Jaya.

Tidak hanya itu, beliau juga menjadi narasumber tetap pada acara Tele Tilawah TVRI, Dewan hakim pada acara Tele Dakwah TVRI, juga sebagai pengasuh kajian Tafsir Alquran di berbagai tempat di Jakarta, di berbagai televisi nasional, majlis taklim di wilayah Jabodetabek.

Sejumlah karya dalam kajian Ilmu Alquran dan Tafsir pun telah beliau terbitkan. Beberapa buku tersebut diantaranya ‘Konsep Alquran Tentang Manusia’, ‘Sejarah Pemalsuan Hadis’, ‘Wawasan Alquran tentang Hukum’, 365 Hari bersama Ujaran Nabi (sudah terbit sepuluh jilid dari duabelas jilid yang direncanakan (Erlangga, 2003 dan 2004), dan Qur’anic Socity: Menelusuri Konsep Masyarakat Ideal Menurut Alquran, (Penerbit Erlangga : 2006).

KH Ali Nurdin juga aktif berdakwah di media sosial. Sejak dua tahun terakhir, beliau kerap mengupload konten-konten dakwah dan keislaman di chanel YouTubenya yang bernama Ali Nurdin NQ. (jms/nabawi/dbs)

 

 

Baca juga:

CariUstadz.id, Platform Digital Permudah Umat Temukan Ustadz


Back to Top