Rutin Sedekah, Pria Ini Peroleh Rezeki Berlimpah Hingga Dapat Tunaikan Ibadah Umrah

gomuslim.co.id– Dermawan merupakan sikap terpuji yang dianjurkan dalam agama. Dalam salah satu hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah, Nabi Muhammad Saw. pernah bersabda, “Setiap pagi hari ada dua malaikat yang selalu mendoakan manusia. Salah satu dari kedua malaikat itu berdoa, “Ya Allah, berikanlah ganti setimpal untuk hamba-Mu yang suka bersedekah.” Sementarai itu, malaikat yang satunya lagi juga ikut berdoa, “Ya Allah, berikanlah kerusakan bagi hamba-Mu yang kikir” (HR Bukhari).

Imam Ibnu Hajar menyebutkan pendapat Imam an-Nawawi dalam kitab Fathul Bari mengenai sedekah yang dianjurkan dalam agama. Menurut Imam an-Nawawi, sedekah yang dianjurkan itu bila dialokasikan untuk hal-hal kebaikan yang bernilai ketaatan di sisi Allah. Selain itu, Imam an-Nawawi juga menekankan untuk bersedekah terlebih dahulu kepada orang-orang terdekat, keluarga maupun tetangga.

Sementara itu, Imam al-Qurtubi mendeskripsikan batasam sikap kikir yang tercela dalam agama. Menurutnya, orang dikatakan kikir itu bila mengeluarkan sebagian hartanya untuk orang yang membutuhkan merasa tidak plong dan tidak legowo. “Bersedekah sih rutin, tapi setiap kali memberikan itu terpaksa dan gerundel.”  

Sikap senang bersedekah dan membantu sebagaimana disebutkan dalam hadis di atas ini dilakukan secara istikamah oleh Agus. Pria asal Pemalang ini pernah mendengarkan ceramah kiainya di kampung. “Sapa wonge sing nulung agama Allah, mengko bakal ditulung ning Gusti Allah (Seseorang yang menolong agama Allah, maka dia akan ditolong oleh Allah Swt.),” cerita Mas Agus pada gomuslim menirukan ceramah kiainya itu.

Pria yang bekerja di notaris ini menuturkan, sebisa mungkin dirinya selalu membantu saudara-saudara yang membutuhkan. Kalau tidak bisa membantu seluruhnya, paling tidak sebagiannya. “Alhamdulillah, rezeki mah ada aja. Ya semuanya memang sudah diatur Gusti Allah,” tutur pria yang memiliki tiga orang anak ini.

Selain itu, pria yang kini berusia 38 tahun ini, mengamalkan betul salah satu isi surah dalam Alquran. “Kalian tidak akan mendapatkan kebajikan sampai menginfakkan sebagian kecil harta yang kalian cintai. Allah itu selalu tahu sebagian kecil harta yang kalian infakkan” (QS Ali Imran: 92).

Menurut pria yang akrab disapa Mas Agus ini, bersedekah itu tidak harus menunggu kaya dulu. “Kalau orang kaya bersedekah mah sudah maklum. Yang hebat itu, kita yang hartanya pas-pasan tapi mau berbagi dengan sesama,” imbuh Mas Agus.

“Saya juga tidak menyangka ada orang yang memberi hadiah umrah pada saya dan istri. Insya Allah dalam waktu dekat ini, saya dan istri akan beribadah umrah,” pungkas Mas Agus bercerita. (ihs/foto: ilustrasi)  


Back to Top