Kisah Hikmah #Ramadhan Series (2)

Hidup Bersama Allah Terus

مَا يَفْتَحِ اللَّهُ لِلنَّاسِ مِنْ رَحْمَةٍ فَلَا مُمْسِكَ لَهَا  وَمَا يُمْسِكْ فَلَا مُرْسِلَ لَهُ مِنْ بَعْدِهِ  وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

"Apa saja yang Allah anugerahkan kepada manusia berupa rahmat, maka tidak ada seorang pun yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan oleh Allah maka tidak seorang pun yang sanggup melepaskannya sesudah itu. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." (QS. Fathir:2)

Allah Maha Kuasa melakukan segalanya. Jika Dia Subhanahu wa Ta'ala berkehendak memberi maka tidak akan ada yang bisa menghalangi-Nya. Sebaliknya jika Dia Subhanahu wa Ta'ala berkehendak untuk menghalangi maka tiada yang mampu untuk melawan-Nya.

Musa Alaihissalam kecil tinggal di rumah musuhnya, Firaun. Sedang Firaun tiada menyadari bahwa Musa kelak yang Allah pilih untuk menumbangkannya. Padahal sejak Musa lahir Firaun sudah berupaya untuk membunuh setiap bayi laki-laki yang lahir, namun Allah berkuasa menyelamatkannya.

Ibu Musa khawatir akan keselamatan bayinya. Maka Allah pun mengilhami untuk hanyutkan Musa di sungai. Hingga ia terdampar di istana Firaun, lalu besar dan tumbuh di sana.

Jika Allah berkehendak memberi rahmat kepada hamba-Nya, maka Musa alaihis salaam pun bisa selamat meski berada di sarang musuh.

Allahu Akbar!!!

Malam itu Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam berada di rumahnya. Ditemani oleh Abu Bakar dan Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhuma. Musuh sudah mengepung rumah Baginda Nabi. Ketiganya merasa khawatir. Maka turunlah firman Allah surat Yasin ayat 9.

Rasulullah Shalallahu Alaihis Wassalam membaca dan meyakininya.

Atas perintah Allah, beliau dan Abu Bakar berangkat hijrah menuju Madinah. Beliau membuka pintu dan mengambil sejumput pasir, lalu menebarkannya ke arah musuh dan atas izin Allah Ta'ala semua musuh yang berniat membunuh Muhammad Rasulullah pun tertidur.

Mereka boleh membuat makar jahat, namun jika Allah menghalanginya maka tidaklah berhasil.

Allahu Akbar!!!

Renungilah surat Fathir ayat 2 ini dan bacalah berulang-ulang. Hinggga engkau rasakan hangatnya merasuk ke hatimu. Yakinlah bahwa Allah Subahanhu wa Ta'ala selalu bersamamu. Dia Yang Maha Kuasa untuk merahmati hidupmu, dan Maha Kuasa untuk menghalangimu dari segala bentuk musibah dan marabahaya. Bersyukurlah dan beribadah hanya kepada-Nya!

 

Wassalam,

@bobbyherwibowo

 Ustadz Bobby Herwibowo, Lc.

-Founder Metode Kauny Quantum ‘Menghafal Alquran Semudah Tersenyum’

-Pendiri Yayasan Askar Kauny

 


Back to Top