Hikmah Menjadi Relawan, Tebar Manfaat Lewat Kegiatan Sosial

gomuslim.co.id- “Melakukan sesuatu dengan kerelaan hati tanpa paksaan, bahkan justru merasa bahagia, itulah kerelawanan”.

Menjadi relawan adalah aktivitas yang menyenangkan, namun tidak semua orang mau terlibat. Meski tidak dibayar, malah justru mengeluarkan materi, tenaga, waktu, dan pikiran bagi sebagian orang yang menyukainya ini merupakan sebuah tantangan.

Sifat sukarela sebenarnya sudah mengalir dalam darah masyarakat Indonesia sejak jaman nenek moyang. Terlihat dengan adanya kebudayaan gotong royong. Dalam hal ini melakukan kegiatan secara bersama-sama. Seperti membangun rumah adat, melestarikan sumber mata air, menjaga hutan dan lain sebagainya. Hal ini atas dasar sukarelawan. Melakukan hal yang disukai tanpa paksaan yang manfaatnya dapat dirasakan bersama.

Menjadi relawan sudah saya lakukan sejak usia 20 tahun. Saya memulai menjadi relawan Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) di kampus. Organisasi ini bergerak di bidang pertolongan pertama dan kesiapsiagaan bencana. Hampir 80 persen kegiatannya berkaitan dengan kemanusiaan.

Sehingga seringkali orang menyebutnya dengan rangers (penjaga). Karena kegiatan para relawan (volunteer) KSR saling berkaitan antar manusia yang jasanya tidak ternilai materi.

Dalam sebuah kutipan dari Sherry Anderson “Relawan tidak dibayar bukan karena mereka tak layak untuk dibayar, tapi karena mereka tak ternilai”.

Berawal dari relawan kemanusiaan, usai lulus kuliah saya kembali melanjutkan kegiatan relawan di bidang lingkungan yang khusus menangani pelestarian hutan mangrove di wilayah DKI Jakarta. Di bidang baru ini saya kembali banyak belajar.

Belajar dari awal tentang pelestarian dan konservasi mangrove. Berbeda halnya dengan pengalaman kerelawanan saya yang sebelumnya berkaitan dengan kemanusiaan. Di lingkungan saya harus banyak berjuang, dan menyuarakan komitmen komunitas kepada masyarakat agar mereka dapat terlibat dalam misi konservasi.

Berikut adalah tujuh hikmah menjadi relawan yang bisa menjadi pelajaran dalam hidup;

1. Menambah Teman dan Relasi
Memiliki banyak teman adalah suatu anugerah. Karena tanpa kita sadari akan membawa banyak keuntungan. Memudahkan dalam pekerjaan, berkegiatan dan berbagai hal yang membutuhkan kerjasama. Dengan bergabung di suatu komunitas atau organisasi dan menjadi relawan, kemudahan itu akan terasa manfaatnya.

2. Menambah Keahlian dan Keterampilan
Ketika kita mencoba hal baru, apalagi hal baru itu menjadi yang pertama maka kemampuan dan keahlian kita pun akan bertambah. Hal ini menjadi nilai plus ketika kita memasuki dunia kerja maka kita akan terbiasa dengan hal baru dan mahir dalam satu bidang yang kita sukai atau geluti. Seperti yang saya alami ketika menjadi relawan di sebuah komunitas mangove, yang awalnya belum tahu dunia mangrove, kini saya sudah paham mengenai karakteristik dan konsep konservasi di lapangan. Keahlian ini yang tidak bisa didapat secara gratis jika kita tidak bergabung dalam komunitas dan menjadi relawan.

3. Menyenangkan Orang Lain dan Bahagia
Ketika mampu melakukan sesuatu yang positif untuk orang lain dan lingkungan membuat hidup merasa bahagia. Ada kepuasan batin yang dirasakan ketika apa yang kita lakukan bisa bermanfaat.

4. Bertukar Pendapat Memperkaya Wawasan dan Pemikiran
Tidak dipungkiri dalam suatu komunitas atau organisasi tidak ada perdebatan, hal ini menjadikan kita kaya akan pemikiran baru dan saling bertukar pendapat dengan orang lain. Menerima saran, kritik dan masukan dari orang lain adalah hal biasa yang merupakan dinamika bagi iklim komunitas dan dunia kerelawanan. Justru, dengan adanya tukar pendapat akan memperkaya pandangan baru.

5. Baik Dari Segi Kesehatan
Kesehatan fisik akan tercipta dengan menjadi relawan, asal benar-benar didasari tanpa pamrih. Orang-orang yang merasakan bahagia, maka sel-sel tubuhnya akan tumbuh dengan baik. Hal ini membuat seseorang menjadi jarang sakit.

6. Membuat Perubahan Kecil Berdampak Besar

Segala sesuatu dimulai dari hal terkecil, berangkat dari lingkungan komunitas untuk berbuat sesuatu melakukan hal kecil. Menjadi relawan akan memiliki kesempatan untuk berbuat yang memiliki dampak besar. Seperti yang saya lakukan dalam aksi penanaman mangrove yang dimulai dari sendiri kemudian melibatkan orang lain untuk sama-sama melakukan penanaman mangrove.

7. Mengajak Orang Lain untuk Berbuat Hal Baik yang Sama

Dengan menjadi relawan kita menjadi contoh dan role model bagi orang lain untuk melakukan hal sama dalam berbuat suatu hal yang positif dan menyebarkan kepada individu yang lain agar melakukan hal yang sama.

Terakhir, relawan bisa menjadi bentuk aksi sosial kita untuk bermanfaat bagi banyak orang. Sebagaimana Hadist Rasulullah SAW.

Khoirunnas anfa'uhum linnas

"Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain."

Wallahu A’lam Bishowab

 

 

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top