#Ramadhan2019

Berkah Ramadhan, Begini Cerita Petani di Bekasi Panen Timun Suri

gomuslim.co.id – Timun suri memang identik dengan bulan Ramadhan. Timun suri merupakan buah yang menjadi ciri khas menu berbuka puasa. Yang menjadi fenomena adalah Timun suri hadir saat Ramadhan tiba, padahal Ramadhan datang dengan waktu yang berbeda-beda tiap tahunnya.

Sahabat gomuslim, tahukah bahwa sebenarnya timun suri itu tidak ada musiman, dan bisa panen kapanpun tanpa waktu yang ditentukan? Tapi, banyak petani yang mengungkapkan bahwa pada hari dan bulan di luar Ramadhan, timun suri tidak banyak peminatnya. Karena itu, timun suri dapat dikatakan sebagai buah primadona yang dapat ditemukan pada menu berbuka puasa pada moment Ramadhan tiba.

Menurut catatan Wikipedia, timun suri adalah termasuk tumbuhan semusim penghasil buah yang masuk golongan atau anggota suku labu-labuan. Daging buahnya itu menjadi komponen minuman penyegar untuk berbuka puasa dan timun suri dapat ditanam kapan saja.

Bonim, Petani Timun Suri asal Tambun Kabupaten Bekasi

Hal tersebut disampaikan oleh Bonim (60), laki-laki paruh baya yang juga seorang petani sayuran ini mengaku, dirinya menerima keberkahan dari hasil bertani timun suri. Bonim adalah seorang petani Sawi Caisim atau disebut dengan sawi hijau yang pada bulan Ramadhan mengubah mengubah usaha bertaninya dari sayur sawi menjadi timun suri.

Ia mengungkapkan, memanen timun suri pada bulan Ramadhan, banyak diminati masyarakat banyak. Bahkan ia mengaku, pada hasil panen timun suri di empat kali dalam sekali panen itu, banyak dari tengkulak atau penerima panen langsung dari petani di beberapa wilayah menghampirinya seperti dari wilayah cikokol, bandung, keramat jati Jakarta, datang menemuinya dan membeli timun suri hasil panennya.

“Timun suri itu panen empat kali sekali, beda dengan panen sawi yang 15 hari sekali panen. Setelah itu, banyak tengkulak yang mencari hasil panen timun suri tuh, nah Alhamdulillah puluhan tengkulak dari beberapa wilayah di pulau jawa ini, datang dan mengambil hasil panen saya,” cerita Bonim kepada gomuslim pada Ahad (19/5/2019).

Hasil Panen Timun Suri milik Bonim

Bonim menyatakan, hasil di setiap panennya dapat menghasilkan 15 kwintal dalam empat harinya. Dari 15 kwintal tersebut di sebarkan di beberapa titik wilayah pulau jawa yang di ambil langsung oleh tengkulak.

“Kalau timun suri, berkahnya adalah, sekali panen langsung 15 kwintal, bahkan kalau lagi rezeki banget, bisa tembus di berat 4 Ton, Barakallahu,” ungkapnya.

Kata Bonim, dari hasil panen tersebut, Ia mendapat keberkahan dari hasil panennya mencapai 10 juta rupiah di setiap dua kali panen, hasil tersebut berbeda dengan hasil dirinya bertani sayur sawi hijau. Karena itu, moment Ramadhan ini tidak sekalipun dirinya tidak bertani Timun Suri.

“Saya sudah bertani timun suri itu, sudah lima tahun. Alhamdulillah di setiap panen timun suri, ada saja keberkahannya. Dari hasil rupiahnya pada Ramadhan sebelumnya, bisa mendapatkan 25juta selama satu bulan itu,” ungkap Bonim.

Ia mengaku, berkah ramadhan pada hasil panen timun suri membawa keberkahan sendiri untuk dirinya juga untuk keluarganya.

Bonim bertani timun suri di tanah liar seluas 4.000 meter2 di daerah Perumahan Suropti, Desar Srimurti, Tambun, Kabupaten Bekasi. Saat panen, Bonim mengajak anak bungsunya untuk membantu berpanen di kebun tersebut.

Berikut manfaat timun suri yang berguna untuk kesehatan tubuh kita:

1. Sumber Antioksidan

Dikutip dari Mayo Clinic, timun suri mengandung beberapa zat antioksidan, seperti vitamin C, beta karoten, flavonoid, triterpen hingga lignan yang memiliki sifat anti-inflamasi.

Nah, vitamin C juga terkenal akan manfaat sistem kekebalan tubuh, dan beta karoten terbukti bermanfaat bagi penglihatan mata.

Seperti yang sudah diketahui anti oksidan memiliki kemampuan untuk membasmi radikal bebas di tubuh. Radikal bebas sering dikaitkan dengan berbagai penyakit berbahaya bagi tubuh manusia dan dapat dicegah oleh zat antioksidan.

2. Mengandung zat anti kanker

Siapa sangka buah lembut ini juga bisa berkontribusi menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor.

Hal ini berkat kandungan saponin dalam buah yang bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Menyehatkan mata

Timun suri banyak mengandung vitamin A untuk kesehatan mata. 

Kandungan asam askorbat dan juga asam caffeic dalam buah sangat berguna untuk membantu pembengkakan di area sekitar mata.

Zat tersebut juga sangat berguna dalam membantu mengatasi keluhan mata panda yang sering terjadi akibat kelelahan.

4. Membantu sistem pencernaan dan menghidrasi tubuh

Buah timun suri mengandung banyak air dan serat melimpah, tak heran kalau buah ini juga baik untuk sistem pencernaan.

Teksturnya yang lembut membuat usus tak keberatan untuk mencerna buah timun suri ini.

5. Menjaga tekanan darah

Timun suri, yang memiliki nama lain timun betik atau barteh, ini memiliki kandungan potassium (kalium), magnesium, dan serat yang dapat berperan dalam membantu menjaga tekanan darah agar tetap dalam kondisi stabil atau normal.

6. Menjaga Kesehatan Sendi

Hal ini dikarenakan timun suri mengandung senyawa silika yang dapat berperan dalam memperkuat jaringan ikat, yang selanjutnya dapat membuat persendian menjadi lebih kuat dan sehat.

7. Detoksifikasi secara alami

Timun suri mengandung air dan serat yang cukup tinggi, dimana hal tersebut dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh (detoksifikasi).

Racun tersebut akan dibuang melalui sisa makanan, baik melalui urin ataupun feses.

8. Menjaga kesehatan ginjal

Buah timun suri mengandung berbagai mineral, vitamin, dan gabungan lainnya yang dapat membuat ginjal Anda tetap sehat dan terlindungi dari berbagai serangan penyakit yang dapat mengganggu fungsi ginjal.

Demikian sahabat manfaat dan keberkahan Timun Suri. (hmz/gomuslim)


Back to Top