Karena Rutin Sedekah, Wartawati Ini Dapat Promosi Naik Jabatan

gomuslim.co.id - Sedekah adalah pemberian dari seseorang kepada orang lain dengan tujuan untuk mendapatkan pahala di sisi Allah SWT. Sedekah bisa berupa apa saja yang bermanfaat bagi orang lain. Seperti sedekah uang, makanan, barang, bahkan tenaga. Jika kita niat tulus karena Allah SWT maka akan mendapatkan pahala disisi allah SWT.

Seperti pepatah yang mengatakan jika lebih baik tangan diatas dibandingkan dibawah menjelaskan jika sedekah dalam Islam merupakan sebuah tindakan yang penting untuk dilakukan khususnya jika termasuk golongan orang mampu. Agama Islam sendiri juga sudah memerintahkan untuk saling tolong menolong pada sesama manusia dalam kebaikan dan sedekah yang bisa dilakukan.

Dalam QS. An Nissa ayat 114 dijelaskan, “Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali dari bisikan-bisikan orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat kebaikan atau mengadakan perdamaian diantara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kami akan memberinya pahala yang besar”.

Selain itu, juga dalam QS Al Hadid ayat 18, “Sesungguhnya orang yang bersedakah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka, dan mereka akan mendapat pahala yang mulia”.

Sahabat, dengan ayat diatas dijelaskan bahwa tidak ada orang yang mensedekahkan sebagian harta kemudian mendapatkan kekurangan atau kemiskinan, justru, dengan bersedekahlah harta kita dibersihkan menjadi harta yang penuh keberkahan yang kemudian menjadi berkecukupan serta Allah telah menjanjikan seperti dalam Al Qur’an bahwa akan melipatgandakan balasan dari sedekah tersebut.

HR.Muslim no. 2588 dijelaskan, “Keutamaan dalam bersedekah tidak akan mengurangi harta. Seperti, Rasulullah SAW, beliau bersabda, harta tidak akan berkurang dengan bersedekah. Dan seorang hamba pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya”.

Lenny Kurniawati, Redaktur media beritapublik.co.id

 

Hal tersebut yang dirasakan oleh Lenny Kurniawati, seorang redaktur di media beritapublik.co.id. Katanya, dari bersedekahlah dirinya bisa naik jabatan sebagai redaktur. Menurut dia, memegang teguh ayat yang disampaikan dalam Al Qur’an, tidak akan mengkhianati dirinya dan ummat lain yang mempercayainya.

“Saya selalu memegang teguh ayat Qur’an, jelas dinyatakan bahwa bersedekah akan diganti oleh Allah dengan berlipat ganda. Mungkin tidak berupa uang lagi lipat ganda itu, tapi bisa berupa pahala ataupun yang lainnya. Dan Barakallahu, saya menerima jawaban yang Allah janjikan, yaitu naiklah jabatan saya wartawan menjadi Redaktur. Alhamdulillah,” ungkap Lenny kepada gomuslim.

Lenny menyebut, dari sedekah yang rutin ia berikan baik dari gaji bulanan yang disebut Infaq, atau zakat serta sedekah tanpa batas dan sesuai ke ikhlasan hatinya, ia berawal berharap atas kesehatan untuk dirinya dan keluarganya, akan tetapi kata Lenny, justru Allah berikan dengan lebih.

“Saya sedekah ikhlas lillahita’ala. Awalnya tidak berharap mendapatkan uang yang banyak, tapi saya hanya ingin diberikan kesehatan untuk saya dan keluarga. Tapi Allah berikan saja lebih, yaitu naiknya karir yang saya sendiri tidak data menyangkanya,” jelasnya.

Lenny mengungkapkan, bersedekah tidak hanya sekadar dengan memberikan uang saja, karena imbuh Lenny, bersedekah bukan hanya sekedar mengasihi, tetapi juga membantu saudara antar sesama yang tengah membutuhkan bantuan. Balasannyapun dijelaskan oleh Rasulullah SAW bahwa sedekah dapat menghapus dosa, Hal tersebut diterima lenny dari hadist Rasulullah Muhammad SAW yang tertuang dalam HR. At-Tirmidzi.

“Seperti, Nabi Muhammad, beliau bersabda, sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu dapat memadamkan api”.

Selain itu, juga terdapat pada HR. Bukhari yang dijelaskan “Seperti Nabi Muhammad bersabda, kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu”.

Sahabat, dari kisah Lenny Kurniawati, tertanam dalam Al Qur’an QS Al-Baqarah ayat 261 yang berbunyi,

“Perumpamaan orang-orang yang mendermakan (Shodaqoh) harta bendanya di jalan Allah, seperti orang yang menanamsebutir biji yang menumbuhkan tujuh untai dan tiap-tiap untai terdapat seratus biji dan Allah melipatgandakan (balasan) kepada orang yang dikehendaki, dan Allah Maha Luas (Anugerah-Nya) lagi Maha Mengetahui”.

Sahabat, jangan takut akan bersedekah. Allah telah menjanjikan dan menjamin bagi orang yang bersedekah. Justru sedekah itu dapat membersihkan sebagaian harta yang kita miliki karena memang 2,5 persen penghasilan kita ada hak orang yang membutuhkan. Sesungguhnya Allah Maha Kaya juga Maha Pemberi. Wallahualam Bisshawab. (hmz/gomuslim)


Back to Top