Inginkan Anak yang Sholeh, Alyssa Soebandono Semangat Perdalam Agama Islam

gomuslim.co.id Sebagaimana kewajiban anak terhadap orangtua, sebagai orangtua juga harus memberikan hak-hak anak. Salah satu hak yang perlu diketahui adalah memberikan pendidikan agama yang baik.

Hal itulah yang diterapkan pesinetron Alyssa Soebandono, istri dari Dude Herlino. Sejak memutuskan untuk hijrah, dan memperdalam ilmu agama bersama sang Suami, wanita kelahiran Jakarta 5 Desember 1991 memilih pendidikan agama sebagai pondasi untuk kedua buah hatinya.

“Anak itu harus dekat dengan agama, dari kecil. Kalau dekatnya (agama, red) baru setelah besar, mereka sudah punya lingkungan di luar sana yang kita tidak tau lingkungan seperti apa. Bisa saja mereka terbawa dengan apa yang mereka dengan begitu saja hanya karena mereka lebih nyaman dengan arus itu,” ujarnya saat ditemui gomuslim dalam acara Jakarta Muroja'ah, Ahad, (17/08/2019), di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

 

Cara Alyssa-Dude Mendidik Anak

Menurutnya, orangtua harus punya satu ketegasan dalam pendidikan, yaitu mengajarkan agama sejak dini. Lulusan Monash University, Australia ini juga mengaku kerapkali merasa minim ilmu dalam mendidik anak.

“Icha sering bertanya, udah banyak belum ya amalan-amalan Icha. Udah bener belum ya ilmu-ilmu Icha. Sebagai Ibu kan harus serba bisa dan serba tau apalagi soal agama. Jadi memang itu kesibukan Icha sekarang yaitu menjadi ibu sekaligus istri yang baik buat suami dan anak-anak Icha,” tuturnya.

Lebih lanjut, kata Alyssa percaya bahwa anak-anak sangat mudah menyerap apa segala hal yang ada di sekitar, baik baik maupun buruk.

“Saya merasa bahwa sebagai ibu juga terus belajar. Karena kita ingin punya anak yang sholeh, jadi orang tua juga harus sholeh,” tambahnya.

Ibu dari Muhammad Dirgantara Ariendra Harlino dan Malik Mahendra Harlino ini yakin bahwa tidak fair jadinya kalau hanya anak-anak yang belajar. Alyssa dan suami, Dude juga harus terus belajar demi menjadi orangtua yang baik.

“Suatu ketika anak pasti tanya, mama tau ini nggak? Bunda tau itu ngga? Kan kalo ngga tau, dia pasti bertanya-tanya, kenapa bunda ajarkan ini tapi bunda nggak belajar. Jadi ini yang menyemangati saya untuk sama-sama belajar dengan suami,” jelasnya.

 

 

Alyssa dan Dude juga selektif saat memilih sekolah, bahkan awalnya Dude menginginkan anaknya untuk masuk pesantren.

“Icha merasa bahwa apapun yang terjadi kita harus cari sekolah yang terbaik dari sisi agama pertama. Untuk masalah pelajaran bahasa inggris, kurikulum, itu akan kita ikuti. Kalau bisa menemukan keduanya alhamdulillah, tapi yang terpenting kita melihat bagaimana di sekolah agama itu diajarkan, melatih hafalan nggak, tajwid makhrojul huruf nggak, dan alhamdulillah kita menemukan sekolah yang tepat,” papar artis yang piawai bermain biola ini.

Alyssa meyakini bahwa memilihkan lingkungan yang baik adalah tanggungjawab baginya. Ia merasa harus sering memperdengarkan anak-anak kita dengan sesuatu yang baik agar hanya hal-hal baik yang terpatri hingga dewasa, serta dapat memfilter hal-hal buruk yang kedepannya pasti dihadapi.

 

 

Meski demikian, Icha tak lantas merasa puas dengan apa yang dia berikan kepada anak-anaknya. Saat ini, Alyssa juga selektif memilih job yang cocok dengan dirinya yang menjadikan suami dan anak sebagai prioritas.

"Sebagai seorang ibu, seorang istri, tapi apakah sudah menjalankan kedua tugas itu dengan baik? Apakah semua kewajibannya sudah terpenuhi? Terus gimana nantinya anak-anak ketika mau besar? Gimana menjadi madrasah pertama untuk mereka, karena apapun yang terjadi ibu adalah madrasah pertama untuk anak-anak, itu yang membuat bergetar sedih," tuturnya. (nov/gomuslim)


Back to Top