Begini Kisah Koki Profesional yang Tinggalkan Jabatan Tinggi untuk Jadi Relawan Kemanusiaan

gomuslim.co.id – Menjadi seorang Chef dengan bekerja di Hotel sekelas bintang 5 merupakan impian setiap orang yang memiliki passion di bidangnya untuk meraih kesuksesan. Bahkan, iming-iming salary puluhan juta juga menjadi incaran. Namun, kesuksesan ternyata bukan hanya tentang diri sendiri, melainkan ketika mampu untuk berbagi.

Hal itu yang disampaikan oleh Joni Kusuma atau lebih dikenal dengan Chef Joni, seorang Koki Profesional yang pernah bekerja di hotel bintang 5 yang kemudian memutuskan meninggalkan pekerjaannya itu untuk menjadi seorang Relawan di salah satu filantropi Indonesia, Aksi Cepat tanggap.

Chef Joni mengaku telah berkecimpung di dunia masak-memasak selama sekitar 20 tahun lebih. Sebelum memutuskan bergabung bersama ACT, Joni merupakan seorang koki yang memasak dengan tujuan kegiatan bisnis demi mendapatkan keuntungan.

Ia bercerita, saat dirinya belum menemukan hijrah. Ia pernah menjadi Koki dari hotel ke hotel berkelas bintang 5 dan telah menduduki posisi jabatan sebagai Eksekutif Chef di umur yang terbilang muda. Posisi tersebut katanya, posisi teratas yang tenga menjadi impian para Koki. Kesuksesan telah ia terima.

Chef Joni Kusuma, Chef Profesional Yang Kini Menjadi Relawan Kemanusiaan

 

Akan tetapi katanya, kesuksesan karirnya itu tidak membuat dirinya tenang dan Bahagia, karena saat ia masih bekerja sebagai seorang chef hotel dan menduduki eksekutif chef, ia mengetahui bahan penggunaan dari masakan yang ia buat adalah menggunakan bahan yang terbilang tidak halal.

“Makanya, saat Allah telah memberikan Hidayah pada 2008 lalu, dan aku sebagai hamba yang ingin taat. Aku putuskan untuk hijrah dan tidak lagi mau bekerja sebagai koki hotel bintang 5,” cerita Joni secara eksklusif kepada gomuslim.

Pasca hijrahnya, pada tahun 2011, Katanya, ia bertemu dengan Tim ACT, dan pada saat itu juga, Joni memutuskan untuk menjadi Relawan ACT dan mencetuskan program humanity food truck. Kini, Joni telah menjadi relawan ACT selama 7 tahun.

Ia mengungkapkan, ketenangan dirinya  ia temukan saat ini setelah menjadi relawan kemanusiaan. Ia mengaku, dulu saat dirinya masih seorang Koki di hotel, yang ia fikirkan hanya target profit yang  harus ia dapatkan.

“Sekarang bukan profit yang saya fikirkan, tapi sudah berapa banyak makanan yang sudah saya sebarkan bersama ACT,” ungkapnya.

Selain menjadi relawan ACT, saat ini Chef Joni menjabat sebagai Komisaris di perusahaan Makmur Royal Catrindo yang bergerak di bidang Jasa Cathering. Perusahaan itu cerita Chef Joni sengaja dibuat untuk mendukung humanity foodtruck.

“ACT hingga saat ini belum memiliki central kitchen, dan perusahaan kami ini akan mensuport central kitchen untuk humanity food truck ACT. Semua kebutuhan bahan baku untuk masakan butuh central kitchen, nah kami akan support dibidang itu yang kemudian didistribusikan melalui food truck,” terang Chef.

Kemudian, Chef Joni juga menjabat sebagai Direktur Utama diperusahaan Makmur Bahagia Sejati. Perusahaan ini focus kepada bisnis Syariah dibidang makanan. Pada perusahaan ini juga memiliki tujuan untuk mensupport keuangan untuk disalurkan kepada ACT.

Sebelumnya, pada 19 November 2019, Chef Joni bersama Food Truck ACT membagikan makanan gratis kepada warga gunung sanggar Kabupaten Bandung yang terdampak kekeringan panjang. 1.000 makanan di distribusikan Chef dengan menerjunkan 10 Koki. (hmz/gomuslim)


Back to Top