Kenali Pengertian Akad Mudharabah Muqoyyadah

gomuslim.co.idMudharabah (bagi hasil) merupakan salah satu bentuk akad investasi yang dikenal paling umum dalam Islam. Akad ini biasanya banyak ditawarkan oleh bank syariah atau lembaga keuangan syariah yang menjunjung prinsip-prinsip Islam.

Tujuan dari mudharabah adalah kerja sama antara pemilik dana (shihabul maal) dan pengelola dana (mudharib), dalam hal ini bank atau lembaga keuangan. Berdasarkan kewenangan yang diberikan kepada mudharib (bank), prinsip mudharabah dibagi menjadi dua yaitu mudharabah mutlaqah (general investment) dan mudharabah muqayyadah (special investment).  

Karakteristik dari mudharabah mutlaqah di antaranya shihabul maal tidak memberikan batasan-batasan (restriction) atas dana yang diinvestasikannya. Mudharib diberi wewenang penuh mengelola dana tersebut tanpa terikat waktu, tempat, jenis usaha, dan jenis pelayanannya.

 

Pengertian Mudharabah Muqoyyadah

Sebaliknya mudharabah muqayyadah adalah akad antara shahibul maal (pemilik dana) dengan mudharib (pengelola dana) dengan beberapa persyaratan/ketentuan terkait penggunaan dana tersebut.

Pada sisi shahibul maal, si pemilik dana atau nasabah memberikan batasan dana yang diinvestasikannya. Dana yang disimpannya harus diserahkan pada usaha tertentu atau pada perusahaan yang ditunjuk, dengan konsekuensi keuntungan dan kerugian yang menjadi risiko shahibul maal.

Mudharib hanya bisa mengelola dana tersebut sesuai dengan batasan yang diberikan oleh shihabul maal. Misalnya hanya untuk jenis usaha tertentu saja, tempat tertentu, waktu tertentu dan lain-lain.

 

Manfaat

Mudharabah Muqayyadah diterapkan untuk tujuan membiayai pembiayaan tertentu yang mempunyai prospektif dan menghasilkan margin yang tinggi atau sesuai dengan permintaan pemilik dana.

 

Baca juga:

Ini Akad-Akad dalam Investasi Syariah

 

Jenis Akad Mudharabah Muqayyadah

Bank syariah atau lembaga keuangan syariah dapat melaksanakan perjanjian tersebut dalam dua bentuk mudharabah muqayyadah. Yaitu, dengan bertindak sebagai executing atau chanelling agent.

Perbedaan pola penyaraluran pembiayaan ini menyebabkan perbedaan pencatatan akutansi pada laporan keuangan bank. Berikut ini adalah penjelasannya.

 

Mudharabah Muqayyadah on Balance Sheet

Bentuk mudharabah ini adalah investasi terikat yang pencatatan transaksinya dimasukkan kedalam neraca bank. Hal ini terjadi apabila bank bertindak sebagai executing agent. Dana milik investor akan tercatat dalam passiva neraca bank sebagai simpanan investasi terikat, sedangkan pembiayaan kepada nasabah tercatat dalam aktiva neraca bank.

Konsekuensi dari penerapan pola executing agent ini adalah nasabah tercatat memiliki hutang kepada bank. Kemudian bank memperoleh keuntungan berupa penambahan jumlah aset dan juga keuntungan margin pembiayaan, jika disalurkan mengunakan akad murabahah.

 

Mudharabah Muqayyadah off Balance Sheet

Sesuai namanya, off balance sheet adalah aset dan kewajiban keuangan yang tidak dicatatkan pada laporan keuangan (neraca). Pada jenis akad mudharabah muqayyadah ini bank bertindak sebagai chanelling agent. Bank membantu administrasi transaksi antara pemilik dana (shahibul maal) dan penerima dana.

Sebagai konsekuensi pola chanelling ini bank memperoleh pendapatan berupa fee dan tidak menanggung resiko kredit macet atas penempatan dan penyaluran dana tersebut. Sebab, transaksi hutang piutang terjadi langsung antara pemilik dana dengan penerima dana.

 

Skema Penerapan Investasi

Skema mudharabah muqayyadah ini bisa diterapkan pada beberapa struktur permodalan dan juga struktur pembiayaan pada beberapa sektor. Misalnya untuk pembiayaan proyek infrastruktur pemerintah yang bersifat jangka panjang seperti pembangunan tol, pembangunan pabrik, pembangunan Negara (Obligasi dan Sukuk Ritel), pembiayaan pada Holding Company, dan alternatif obligasi syariah (sukuk).


Wallahu’alam Bishawab


Sumber:

Syafi'i Antonio. 2001. Bank Islam Dari Teori ke Praktik. Jakarta:  Gema Insani Press

shariainvest, kompasiana, BMI



Baca juga:

Begini Hukum Investasi dalam Islam

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top