#SehatAlaRasul (2)

Ini Khasiat Habbatus Sauda’ untuk Beragam Penyakit

gomuslim.co.id – Nabi Muhammad SAW merupakan teladan teladan terbaik bagi kehidupan umat manusia. Bukan hanya karena kapasitasnya sebagai Rasulullah/utusan Allah, tetapi juga dari aspek kesehatan. Rasulullah SAW adalah pribadi yang selalu tampil prima dan sangat terjaga kesehatannya.

Ada banyak anjuran dan pengobatan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Salah satunya tentang khasiat Habbatus Sauda’ (Jintan Hitam) bagi kesehatan yang akan gomuslim coba bahas pada artikel ini.

Tentang Habbatus Sauda’

Habbatus Sauda’ atau Jintan Hitam (black seed) dikenal oleh kalangan masyarakat Indonesia sebagai salah satu obat herba yang kaya manfaat. Dalam bahasa latin, rempah-rempah yang digunakan sebagai tanaman obat ini disebut Nigella Sativa.

Rempah ini berbentuk butiran biji berwarna hitam yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Jenis tanaman ini telah disebut-sebut sebagai tanaman obat dalam perkembangan awal agama Islam.

Habbatussauda banyak dikenal dengan berbagai nama, diantaranya black seed, black caraway, natura seed, jintan hitam, black cumin, nigella sativa, kaluduru, dan lainnya. Digunakan sebagai herbal pengobatan sejak 2000-3000 tahun sebelum Masehi dan tercatat dalam banyak literatur kuno mengenai ahli pengobatan terdahulu seperti Ibnu Sina (980 - 1037 M), dan Al-Biruni (973-1048 M), Al-Antiki, Ibnu Qayyim dan Al-Baghdadi.

Ibnu Sina adalah peneliti jenius dari Timur Tengah di bidang pengobatan yang namanya tercatat di semua buku sejarah pengobatan timur maupun barat, hidup antara 980 - 1037 M, telah meneliti berbagai manfaat Habbatussauda untuk kesehatan dan pengobatan. Ahli pengobatan Yunani kuno, Dioscoredes, pada abad pertama Masehi juga telah mencatat manfaat habbatussauda untuk mengobati sakit kepala dan saluran pernapasan.

Hadits Nabi Tentang Jintan Hitam

Sejak masa lampau, habbatussauda telah digunakan untuk menangani berbagai penyakit, antara lain sakit gigi, sakit kepala, hidung mampet, cacingan, abses, radang mata, dan infeksi parasit.

Untuk itulah, mengkonsumsi Habbaatussauda sebagai obat dan terapi kesehatan sangat dianjurkan Rasulullah SAW.

Aisyah RA pernah mendengar Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya habbatus sauda’ ini adalah obat segala macam penyakit kecuali saam. Aku bertanya, ‘Apakah saam itu?’ beliau menjawab, ‘Kematian.” (HR Bukhari)

Masih banyak kaum muslimin di Indonesia yang tidak begitu mengenal obat ini. Padahal di berbagai negara habbatussauda sangat populer dan telah dilakukan beberapa riset ilmiyah untuk mengungkap kebenaran hadits tersebut. Beberapa diantaranya oleh Profesor El Dakhany dari Microbiologi Research Center, Arabia, Dr Michael Tierra L.A.C.O MD, Pharmachology Research Department Laboratory, Departement Pharmachy King College London.

Manfaat Habbatus Sauda Bagi Kesehatan

Menurut hasil penelitian Dr. Kawther S. Zaher, Jintan Hitam memiliki beberapa aktivitas biologis dan peroksidasi lipid. Sedangkan menurut penelitian para pakar lainnya, Jintan Hitam mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan kanker dan HIV, meningkatkan fungsi otak, menyembuhkan berbagai jenis penyakit pernafasan, mengatasi gangguan tidur dan stress, sebagai antihistamin, antialergi dan lain sebagainya.

Kandungan saponin dalam habbatus sauda’ juga dapat menangkal racun yang mengganggu metabolism tubuh dan mengurangi fungsi organ seperti hati, paru-paru, dan otak. Omega 6 dan omega 3 yang dikandung dalam habbatus sauda’ juga menjadi nutrisi penting bagi sel otak yang berguna meningkatkan daya ingat dan intelegensia. Habbatus sauda’ juga baik bagi peredaran darah ke otak sehingga sangat cocok bagi anak usia pertumbuhan dan lansia.

Berikut beberapa manfaat lainnya dalam pandangan medis modern:

  1. Efektif untuk Penyakit Asma

Habbatussauda hingga saat ini memiliki beberapa bukti klinis yang mendukung penggunaannya untuk penyakit asma. Menurut penelitian, ekstrak herba ini apabila diminum dapat meredakan mengi dan batuk-batuk serta meningkatkan fungsi paru-paru.

2. Menguatkan sistem kekebalan

Jinten Hitam (Habbatussauda) dapat meningkatkan jumlah se-sel T, yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Evektifitasnya hingga 72 % jika dibandingkan dengan plasebo hanya 7 %. Dengan demikian mengkonsumsikan Habbatussauda’ dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan Kewaspadaan

Dengan kandungan asam linoleat (omega 6 dan asam linoleat (Omega 3), Habbatusssauda merupakan nutrisi bagi sel otak berguna untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan, Habbatussauda juga memperbaiki mikro (peredarandarah) ke otak dan sangat cocok diberikan pada anak usia pertumbuhan dan lansia.

 

Baca juga:

Ini Ragam Manfaat Puasa bagi Kesehatan dan Tubuh Manusia

 

4. Meningkatkan Bioaktifitas Hormon

Hormon adalah zat aktif yang dihasilkan oleh kelenjar endoktrin, yang masuk dalam peredaran darah. Salah satu kandungan habbatussauda adalah sterol yang berfungsi sintesa dan bioaktivitas hormon.

5. Menetralkan Racun dalam Tubuh

Racun dapat menganggu metabolisma dan menurunkan fungsi organ penting seperti hati, paru-paru dan otak. Gejala ringan seperti keracunan dapat berupa diare, pusing, gangguan pernafasan dan menurunkan daya konsentrasi. Habbatussauda’ mengandung saponin yang dapat menetralkan dan membersihkan racun dalam tubuh.

6. Mengatasi gangguan Tidur dan Stress

Saponin yang terdapat didalam habbatussauda memiliki fungsi seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi karbohidrat, protein dan lemak serta mempengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh dan syaraf. Sapion berfungsi untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan, gangguan tidur, dan dapat menghilangkan stress.

7. Anti Histamin

Histamin adalah sebuah zat yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang memberikan reaksi alergi seperti pada asma bronchial. Minyak yang dibuat dan Habbatussauda dapat mengisolasi ditymoquinone, minyak ini sering disebut nigellone yang berasal dari volatile nigella. Pemberian minyak ini berdampak positif terhadap penderita asma bronchial.

8. Memperbaiki saluran pencernaan dan anti bakteri

Habbatussauda’ mengandung minyak atsiri dan volatif yang telah diketahui manfaatnya untuk memperbaiki pencernaan. Secara tradisional minyak atsiri digunakan untuk obat diare. Tahun 1992, jurnal Farmasi Pakistan memuat hasil penelitian yang membuktikan minyak volatile lebih ampun membunuh strainbakteri V Colera dan E Coli dibandingkan dengan antibiotik seperti Ampicillin dan Tetracillin.

9. Tambahan Nutrisi Pada Ibu Hamil dan Balita

Pada masa pertumbuhan anak membutuhkan nutrisi untuk meningkatkan system kekebalan tubuh secara alami, terutama pada musim hujan anak akan mudah terkena flu dan pilek. Kandungan Omega 3, 6, 9 yang terdapat dalam habbatussauda merupakan nutrisi yang membantu perkembangan jaringan otak balita dan janin.

10. Anti Tumor

Pada Kongress kanker International di New Delhi, minyak habbatussauda diperkenalkan ilmuwan kangker Immonobiologi Laboratory dai California Selatan, habbatussauda dapat merangsang sumsum tulang dan sel-sel kekebalan, inferonnya menghasilkan sel-sel normal terhadap virus yang merusak sekaligus menghancurkan sel-sel tumor dan meningkatkan antibody.

Thymoquinone merupakan senyawa kuat aktif yang terkandung di dalam biji jintan hitam. Senyawa ini dikatakan mempunyai efek antikanker. Pada beberapa penelitian pada hewan, thymoquinone dapat mengurangi ukuran tumor-tumor ganas. Selain itu, uji laboratorium menunjukkan bahwa thymoquinone secara efektif dapat menghambat pertumbuhan kanker darah (leukima) dan sel limfoma mieloid.

Namun demikian, sebelum mengonsumsi jintan hitam ada baiknya untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu, terutama bila Anda memiliki kondisi medis tertentu. Belum ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis yang tepat untuk jintan hitam.

 

Sumber:

Andriawan, Didik. Rahasia Hidup Sehat Ala Nabi, Solo: Al Fath Publishing

AlaDokter

Morris, S. Healthline (2015). Black Cumin: Which Is Which?

WebMD. Vitamins & Supplements. BLACK SEED.

Sentra Muslim

Kompasiana

 

Baca juga:

Alquran dan Sains Jelaskan Fenomena Jasad Firaun yang Masih Utuh 

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top