#SehatAlaRasul (4)

Bisa Tangkal Bahaya, Ini Ragam Manfaat Kurma Ajwah

gomuslim.co.id – Ada banyak macam buah-buahan anjuran nabi yang baik untuk kesehatan kita. Salah satunya adalah buah kurma. Sahabat gomuslim pasti pernah dong mengonsumsi buah yang satu ini? Apalagi jika momentum Ramadhan tiba, hampir setiap hari umat Islam mengonsumsi buah yang kaya manfaat ini saat berbuka puasa.

Namun, ada satu jenis kurma yang secara tegas di dalam beberapa hadits mengandung manfaat untuk kesehatan. Jenis kurma yang istimewa ini adalah kurma Ajwah. Biasanya masyarakat mengenal kurma dengan sebutan Kurma Nabi.

Tentang Kurma Ajwah

Kurma Ajwah memiliki tekstur lembut dan kering. Bentuknya cenderung mungil, bulat dagingnya tebal dan berwarna hitam mengkilat. Kurma jenis ini banyak tumbuh di Madinah. Kurma Ajwah sebagaimana dalam hadits disebutkan mampu menghindari seseorang dari racun dan sihir.

Dari Amir Bin Sa’d dari bapaknya, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa setiap pagi mengonsumsi tujuh butir kurma Ajwah, maka pada hari itu ia akan terhindar dari racun dan sihir” (HR Bukhari).

Dalam hadits lain, dari Aisyah RA, Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya dalam kurma ajwah dari daerah Aliyah Ada obat. Atau itu ajwah adalah anti racun di pagi hari,”. (HR. Muslim 5462)

Imam Ibnul Qayyim mengatakan Ajwah Al-Madinah merupakan salah satu jenis kurma di kota itu, dikenal sebagai kurma Hijaz yang terbaik dari seluruh jenisnya. Betuknya amat bagus, padat, agak keras dan kuat, namun termasuk kurma yang paling lezat, paling harum dan paling empuk.

Kurma Ajwah pertama kali ditanam oleh Rasulullah SAW. Lokasinya di tanah bersebelahan dengan Masjid Quba, Madinah. Nama Ajwah diambil dari nama anak Salman Alfarisi, orang Nasrani yang akhirnya masuk Islam.

Dia mewakafkan lahan kurmanya untuk perjuangan Islam. Untuk mengenang jasa-jasanya itu, Rasulullah akhirnya menamakan kurma yang dimakannya saat berbuka puasa sebagai Kurma Ajwah.

Manfaat Kurma Ajwah bagi Kesehatan

Secara umum, kurma memiliki banyak khasiat untuk pengobatan dan kesehatan. Kurma bermanfaat untuk meningkatkan kadar gula darah. Selain itu, kurma juga dapat digunakan untuk mengobati katarak pada mata dengan memakan paling sedikit tiga buah kurma selama beberapa bulan.

Berdasarkan penelitian para ilmuwan, buah kurma kaya dengan protein, serat gula, vitamin A dan C serta mineral seperti zat besi, kalsium, sodium, dan potassium. Kandungan protein di dalam kurma sebesar 1.8 – 2.0 persen, serat sebanyak 2.0 – 4.0 persen dan gula sebesar 50-70 persen glukosa. Tak hanya itu, kurma juga memiliki vitamin thiamin, riboflavin, niacin, dan folat.

Kurma telah banyak dijadikan sebagai bahan obat seperti sari kurma. Sari kurma biasanya digunakan untuk obat demam berdarah, obat kesuburan bagi kaum pria, melancarkan susah buang air besar, mengobati anemia, kurang nafsu makan, insomnia, sakit tenggorokan, bahkan mencegah dan mengatasi stroke.

Kandungan aspirin dari buah kurma juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit (analgesic). Pasta kurma dan madu merupakan obat mujarab untuk mengatasi diare dan disentri pada anak-anak.

Olesan pasta kurma dan madu pada gusi juga mampu membantu meredakan rasa nyeri ketika tumbuh gigi sekaligus membentuk proses pembentukan gigi dan tulang secara baik.

1. Melancarkan pencernaan

Sistem pencernaan adalah salah satu sistem yang penting dalam tubuh. Jika sistem pencernaan baik, maka akan lancar pula pencernaan makanan dalam tubuh. Jika pencernaan kurang lancar, mengkonsumsi buah kurma ajwah bisa jadi solusinya. Karena buah kurma ajwah ini mengandung potassium yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan, otot yang lemah, mengalami stress, dan lainnya.

2. Memperkuat tulang dan mencegah oteoporosis

Osteoporosis dan kepadatan tulang dipengaruhi oleh kalsium yang dikandung dalam tubuh. Untuk menghindari penyakit osteoporosis dan membantu menjaga kesehatan tulang, Anda bisa mengkonsumsi buah kurma ajwah. Karena buah kurma ajwah mengandung kalsium yang sangat dibutuhkan untuk menjaga tulang agar tetap sehat.

 

Baca juga:

Sesuai Anjuran Nabi, Ini Khasiat Minyak Zaitun bagi Kesehatan

 

3. Membantu untuk mengatasi anemia dan maag

Mengonsumsi buah kurma ajwah diyakini dapat membantu menyembuhkan penyakit anemia dan maag. Kurma ajwah sangat aman. Tidak ada efek samping negatif jika dikonsumsi. Buah kurma ajwah sangat bermanfaat untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat.

4. Meningkatkan energi

Buah yang satu ini punya kandungan gula alami yang tinggi, misalnya saja, glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Hal ini membuat kurma dapat meningkatkan energi dengan cepat. Ini pula yang membuat kurma jadi makanan yang identik saat bulan Ramadhan. Cukup dengan mengonsumsi beberapa buah kurma saja sudah dapat mengembalikan energi tubuh.

5. Menjaga kesehatan kulit

Untuk menjaga agar kulit tetap terasa kenyal serta lembut, kamu butuh asupan vitamin C dan D. Kabar baiknya, kurma kaya akan kedua vitamin tersebut sehingga kalau mengonsumsi buah ini kamu akan terhindar dari berbagai masalah kulit. Bisa dibilang, kurma bisa menjaga kesehatan kulit kamu serta memiliki khasiat anti-aging.

6. Menjaga kesehatan jantung

Sebuah penelitian di Inggris yang diterbitkan dalam jurnal National Center for Biotechnology Information menemukan kalau rajin makan kurma dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner. Berkat kandungan antioksidan yang tinggi, kurma merangsang pengangkatan kolesterol dari sel-sel arteri. Mencegah arteri jadi keras dan tersumbat dengan plak.

Selain itu, mengkonsumsi kurma ajwah diyakini dapat mencegah penyakit diabetes mellitus. Karena buah kurma ajwah mengandung zat besi, kalsium, niacin, kalium yang berguna untuk mengatasi penyakit tersebut.

7. Memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh

Tubuh manusia tentunya membutuhkan banyak asupan gizi dan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk melakukan aktivitas. Buah kurma ajwah bisa jadi salah satunya untuk dikonsumsi karena kaya akan nutrisi.  

8. Bermanfaat bagi ibu menyusui

Ibu hamil dan menyusui disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi. Salah satunya dapat mengkonsumsi buah kurma ajwah yang bisa membantu memproduksi banyak ASI. Sehingga ASI yang dibutuhkan sang bayi tercukupi.

9. Bermanfaat untuk anak-anak

Anak-anak bisa dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kurma ajwah. Karena buah kurma ajwah ini mengandung nutrisi yang dibutuhkan anak untuk membantu perkembangan otak anak dan juga sekaligus bisa mencerdaskannya. Anak-anak bisa rutin mengkonsumsi buah kurma ajwah ini dengan dibantu oleh orangtua.

10. Dapat digunakan untuk penurunan berat badan

Bagi sebagian orang yang memiliki kelebihan berat badan dapat mengkonsumsi buah kurma ajwah ini secara rutin dan teratur. Karena buah kurma ajwah ini memiliki kandungan rendah kolesterol yang baik untuk kesehatan tubuh. Karena kolesterol yang menyebabkan seseorang menjadi gemuk dan kelebihan berat badan. Selain itu kolesterol juga bisa menyebabkan berbagai macam penyakit lainnya.

11. Membantu untuk meningkatkan libido

Libido ini berbeda-beda setiap orangnya. Jika ada orang yang libidonya lemah, bisa dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kurma ajwah. Karena buah kurma ajwah dapat meningkatkan libido dengan cara yang alami.

 

Wallahu’alam bishawab


Sumber:

Andriawan, Didik. Rahasia Hidup Sehat Ala Nabi, Solo: Al Fath Publishing

Al Manhaj, Konsultasi Syariah, Kurma Nabi, Cosmopolitan.

 

Baca juga:

Ini Khasiat Habbatus Sauda’ untuk Beragam Penyakit

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top