#SehatAlaRasul (5)

Kaya Manfaat, Ini Khasiat Madu bagi Tubuh Kita

gomuslim.co.id – Semua orang hampir pasti mengetahui tentang madu. Bahkan, bagi sebagian orang, madu menjadi konsumsi wajib sehari-hari karena khasiat dan manfaatnya. Tentu saja karena cairan yang menyerupai sirup namun lebih kental dan berasa manis ini telah dikonsumsi manusia sejak zaman dahulu.

Madu dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga. Sejak ribuan tahun silam madu sudah dikenal masyarakat sebagai obat bagi beragam penyakit. Konon para atlet Romawi dan Yunani Kuno meminum madu sebelum dan sesudah bertanding sebagai obat untuk memulihkan energi.

Madu dalam Alquran dan Hadits

Ternyata, mengonsumsi madu merupakan salah satu anjuran dari Nabi Muhammad SAW. Madu diyakini dapat menyembuhkan manusia dari berbagai macam penyakit sebagaimana digambarkan di dalam Alquran:

“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: ‘Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia,’ kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.” (QS An-Nahl Ayat 68-69)

Adapun terkait madu sebagai obat untuk penyembuhan, ada beberapa hadist yang meriwayatkannya:

Kesembuhan itu ada pada tiga hal, yaitu : dalam pisau pembekam, meminumkan madu, atau pengobatan dengan besi panas (kayy). Dan aku melarang ummatku melakukan pengobatan dengan besi panas (kayy)” (HR Bukhari)

Dalam hadist lain madu secara spesifik disebutkan sebagai obat untuk menyembuhkan sakit perut:

“Ada seseorang menghadap Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia berkata: ‘Saudaraku mengeluhkan sakit pada perutnya (dalam riwayat lainnya: sakit diare).’

Nabi berkata: ‘Minumkan ia madu.’

Kemudian orang itu datang untuk kedua kalinya,

Nabi berkata: ‘Minumkan ia madu.’

Orang itu datang lagi pada kali yang ketiga,

Nabi tetap berkata: ‘Minumkan ia madu.’ Setelah itu, orang itu datang lagi dan menyatakan: ‘Aku telah melakukannya (namun belum sembuh juga malah bertambah mencret).’

Nabi bersabda: ‘Allah Maha Benar dan perut saudaramu itu dusta. Minumkan lagi madu.’

Orang itu meminumkannya lagi, maka saudaranya pun sembuh.” (HR Bukhari)

Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh

Rumah Sakit Unversitas Wisconsin Medical School and Public Health membuktikan terapi madu untuk menyembuhkan luka borok yang diderita penderita diabetes. Uji coba terhadap seorang pasien berusia 79 tahun berhasil menyembuhkan borok pada jari kakinya sehingga pasien yang harusnya diamputasi tidak jadi diamputasi setelah melalui terapi madu tersebut.

Hasil penelitian para pakar menunjukan bahwa madu mampu merangsang tumbuhnya jaringan baru dan mengurangi timbulnya parut atau bekas luka pada kulit. Madu juga mujarab untuk mengobati penyakit lambung atau alat pencernaan, jantung koroner, paru-paru, kanker, saraf, liver, mengurangi stress, dan beragam penyakit lainnya.

Madu memiliki kalori gula dan dapat menyerap lemak dengan baik, terutama kalau dikonsumsi bersamaan dengan air hangat. Madu memiliki banyak kandungan bergizi seperti mineral dan vitamin, yang didapat dari nektar bunga yang berhasil dihisap oleh lebah.

Selain itu, madu juga memiliki sifat antibiotik sehingga dapat digunakan sebagai antiseptik alami yang dapat digunakan dan tanpa adanya efek samping. Ada pula kandungan nutrasetikal yang efektif mengeluarkan radikal bebas dari tubuh manusia. Sehingga kekebalan tubuh kita akan meningkat dan membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit.

 

Baca juga:

Bisa Tangkal Bahaya, Ini Ragam Manfaat Kurma Ajwah

 

Berikut, gomuslim merangkut manfaat dan khasiat madu bagi kesehatan tubuh manusia:

1. Memicu hormon tidur

Minum madu sebelum tidur menyebabkan kadar insulin meningkat dalam jumlah kecil. Insulin dapat merangsang pelepasan tryptophan di otak. Tryptophan kemudian diubah menjadi serotonin, hormon relaksasi serta suasana hati yang baik dan membuat tidur nyenyak.

2. Menjaga hati

Hati membutuhkan bahan bakar pada malam hari. Jadi madu adalah pilihan yang sempurna. Madu akan membuat hati memproduksi glukosa, yang akan memicu pelepasan banyak hormon pembakar lemak. Madu mengandung fruktosa dan glukosa, yang sangat baik untuk fungsi hati.

3. Membantu menurunkan berat badan

Madu berfungsi sebagai bahan bakar untuk hati dan membuat hati memproduksi glukosa. Mengkonsumsi madu sebelum tidur membuat tubuh membakar lebih banyak lemak pada malam hari. Madu mentah hanya mengandung 64 kalori per cangkir. Ini akan memberi rasa kenyang pada malam hari.

4. Mengurangi iritasi batuk dan tenggorokan

Madu adalah obat rumah yang bagus untuk mengobati batuk dan pilek. Aman diberikan untuk segala usia, karena tidak mengandung bahan kimia sama sekali. Selain menekan batuk, madu juga membantu membantu tidur tetap nyenyak.

5. Membantu pencernaan

Minum madu dengan air hangat sebelum tidur adalah salah satu cara paling aman untuk membantu membersihkan racun yang ada dalam sistem pencernaan tubuh. Antimikroba yang ada dalam madu organik mentah dapat membantu membunuh patogen berbahaya yang ditemukan di usus.

6. Mengatasi kelaparan saat malam

Terkadang, setelah makan malam, Anda masih merasa lapar pada larut malam. Hasilnya adalah mengambil semangkok keripik atau cokelat. Tapi cara terbaik mengobati rasa lapar pada tengah malam adalah minum madu sebelum tidur. Gula alami dalam madu akan menaikkan kadar gula darah.

7. Madu untuk obesitas

Orang yang berjuang melawan obesitas bisa mengkonsumsi madu pada malam hari, karena madu benar-benar bebas lemak dan akan membatasi asupan lemak. Mengkonsumsi air hangat yang dicelupkan lemon dengan satu sendok teh madu akan membantu mengurangi lemak perut.

8. Mengurangi risiko diabetes

Mengkonsumsi satu sendok teh madu sebelum tidur dapat mengurangi risiko terkena diabetes. Jika seorang penderita diabetes meminum madu setiap malam, itu bahkan dapat membantu mengobatinya, karena itu membantu mengurangi kadar glukosa darah.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Madu mentah mengandung antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas dan mencegah banyak penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Madu juga kaya polifenol, antioksidan yang dapat mencegah banyak penyakit yang berhubungan dengan jantung dan kanker.

10. Mencegah kanker dan penyakit jantung

Madu mengandung flavonoid, antioksidan yang membantu mengurangi risiko beberapa kanker dan penyakit jantung. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, madu dapat bermanfaat sebagai pencegah sel beberapa jenis sel kanker. Fungsi lain dari antioksidan juga dapat mengurangi risiko gangguan jantung dan stroke. Sebab, madu dapat melancarkan aliran darah agar tidak menggumpal dan tersumbat.

11. Menyembuhkan luka dan luka bakar

Penggunaan madu di luar tubuh telah terbukti efektif sebagai perawatan konvensional dengan sulfadiazin perak. Diperkirakan bahwa efek pengeringan gula sederhana dan sifat antibakteri madu bergabung untuk menciptakan efek ini. Studi telah menunjukkan itu sangat berhasil dalam penyembuhan luka.

Bangsa Mesir membuat salep dari madu untuk menyembuhkan luka bakar ataupun luka akibat tusukan benda tajam. Sejak lama madu dipercaya memiliki khasiat sebagai antibiotik dan mampu menyulitkan ruang gerak kuman yang mematikan.

 

Sumber:

Andriawan, Didik. Rahasia Hidup Sehat Ala Nabi, Solo: Al Fath Publishing

Gana Islamika, Dokter Sehat, Bisnis, IDN Times

 

Baca juga:

Sesuai Anjuran Nabi, Ini Khasiat Minyak Zaitun bagi Kesehatan

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top