#SehatAlaRasul (9)

Ini Rahasia Aloe Vera yang Kaya Manfaat 

gomuslim.co.id – Sejak ribuan tahun lalu, lidah buaya sudah banyak dikonsumsi manusia baik sebagai makanan, minuman sampai obat alami. Tumbuhan yang dalam bahasa latinnya dikenal dengan istilah Aloe vera ini pun menjadi salah satu anjuran dari Nabi SAW untuk beberapa keluhan sakit.

Dalam sebuah hadits, dari Nubaih bin Wahab, dia berkata “…Utsman pernah memberitahukan dari Rasulullah SAW mengenai seseorang yang menderita sakit mata ketika sedang berihram agar diobati dengan daun shabir (Aloe vera). (HR. Muslim)

Secara klinis lidah buaya mengandung zat-zat bermanfaat seperti enzim, asam animo, mineral, vitamin, polisakarida, dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Di dalamnya juga dikandung zat aloe emodin yang berfungsi mengurangi rasio gula darah sehingga cukup efektif untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Orang-orang terdahulu juga mengenal lidah buaya karena khasiatnya dan banyak digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Di negara-negara maju seperti Amerika, Australia, dan Eropa, lidah buaya juga telah dimanfaatkan sebagai bahan baku industri makanan, minuman, kesehatan dan kosmetik.

Tanaman yang dagingnya mirip agar-agar ini memang mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D. Selain itu, terdapat mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim, saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba dan 20 dari 22 jenis asam amino.

Menggunakan lidah buaya untuk perawatan kulit mampu menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi serta menghapus bekas luka. Manfaat lain dari lidah buaya ini adalah untuk menyembuhkan sembelit, wasir, menyuburkan rambut dan campuran minuman yang menyegarkan.

Manfaat Lidah Buaya

Dilansir dari laman alodokter, bagian-bagian lidah buaya yang bisa dimanfaatkan yaitu gel dan lateks. Gel diperoleh dari sel-sel yang berada di bagian tengah kulit lidah buaya, sementara lateks diperoleh dari sel-sel yang tepat berada di bawah lapisan kulit lidah buaya.

Sebagai obat, gel lidah buaya yang berwarna bening seperti jeli ini sering digunakan sebagai kandungan utama pada salep, losion, krim, dan sebagainya. Lateks sendiri bisa diolah untuk membuat zat-zat kering, seperti suplemen.

Selain diproduksi menjadi obat-obatan, lidah buaya juga kerap dimanfaatkan masyarakat dalam bentuk alami. Para wanita biasa menjadikan lidah buaya sebagai teman baik dalam merawat kesehatan rambut dan kulit. Mereka percaya, lidah buaya bisa membuat rambut lebih indah dan kulit menjadi lebih halus.

Berikut beberapa manfaat dari tanaman lidah buaya:

1. Mengatasi gatal, ruam pada mulut dan iritasi kulit

Ekstrak lidah buaya diyakini mampu memberikan bantuan cepat untuk mengatasi gatal dan terbakar terkait dengan dermatitis radiasi yang parah dan regenerasi kulit. Selain itu, pemberian lidah buaya juga berfungsi untuk pengobatan psoriasis, dermatitis, mucositis oral, luka bedah, dan sebagai obat rumah untuk luka bakar.

Dalam sebuah penelitian, menggunakan obat kumur yang mengandung lidah buaya selama tiga kali sehari selama 3 bulan, bisa membantu mengurangi rasa gatal dan ruam pada mulut. Hal yang sama berlaku jika mengaplikasikan gel mengandung lidah buaya sebanyak dua kali sehari selama 2 bulan pada kulit.

2. Luka pada bibir akibat virus herpes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan krim dengan ekstrak lidah buaya 0,5 persen selama tiga kali sehari, bisa mempercepat proses penyembuhan luka akibat virus herpes simpleks. Lidah buaya memiliki sifat antivirus yang dapat membantu melawan virus herpes.

3. Mengatasi kulit terbakar sinar matahari

Losion atau pelembap yang mengandung lidah buaya mampu meredakan kulit yang terbakar sinar matahari, serta mengembalikan kelembapan kulit yang hilang akibat paparan ultraviolet berlebih, sehingga kulit terasa lebih nyaman.

4. Pembersih make up alami

Lidah buaya dapat dijadikan alternatif untuk pembersih make up terutama bagi yang memiliki kulit sensitif. Hal ini dikarenakan lidah buaya terbilang ramah dan lembut di kulit.

5. Melembapkan rambut dan kulit kepala

Aloe vera adalah perawatan alami yang bagus untuk rambut kering atau kulit kepala yang gatal. Vitamin dan mineral yang tinggi dari aloe vera membuat rambut kuat dan sehat. Karena memilki sifat antibakteri dan antijamur, lidah buaya dapat membantu mengatasi ketombe.

Sementara, enzim gel dapat membersihkan kulit kepala sel mati dan mendorong regenerasi jaringan kulit di sekitar folikel rambut. Aloe gel juga membantu menghentikan rasa gatal yang terkait dengan ketombe atau kulit kepala yang kering.

 

Baca juga:

Anjuran Nabi, Ini Khasiat Kayu India bagi Kesehatan 

 

6. Mengobati sembelit

Penggunaan aloe lateks sebagai laksatif sudah diteliti dengan baik. Antrakuquinon yang ada di lateks menciptakan pencahar ampuh yang meningkatkan kadar air di usus, dan menstimulasi sekresi lendir.

Kandungan ini juga meningkatkan peristaltik usus, yang merupakan kontraksi yang memecah makanan dan mencampur ke dalam chyme. Setelah bercampur dengan zat asam dan enzim, makanan berubah menjadi cairan kental yang dinamai chyme. Chyme akan bergerak meninggalkan lambung menuju usus halus.

7. Melancarkan sistem pencernaan

Jus lidah buaya dapat membantu pencernaan, menormalkan asam atau basa dan keseimbangan pH, mengurangi pembentukan ragi, mendorong bakteri pencernaan, dan mengatur pengolahan usus.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Enzim yang ada di dalam lidah buaya memecah protein yang kita makan menjadi asam amino. Lalu mengubah enzim menjadi bahan bakar untuk setiap sel dalam tubuh, yang memungkinkan sel berfungsi dengan baik.

Kandungan di dalam lidah buaya merangsang sistem kekebalan tubuh dan membunuh infeksi.

9. Menurunkan gula darah

Lidah buaya mampu meredakan hiperglikemia kronis dan propil lipid yang terganggu. Umumnya kondisi ini terjadi pada penderita diabetes, dan merupakan faktor risiko utama untuk komplikasi kardiovaskular.

Dalam dua uji klinis terkait, 72 wanita diabetes tanpa terapi obat diberikan satu sendok makan gel lidah buaya atau plasebo selama enam minggu. Kadar glukosa darah dan trigliserida serum menurun secara signifikan dengan pengobatan lidah buaya tersebut.

Untuk Diperhatikan

Meskipun memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, penggunaan gel lidah buaya sesekali juga bisa membuat kulit menjadi terbakar dan gatal-gatal. Mengonsumsi lateks lidah buaya dengan dosis tinggi berpotensi menyebabkan sakit perut dan kram.

Selain itu, mengonsumsi lateks lidah buaya dalam jangka panjang juga bisa menyebabkan diare, penurunan berat badan, masalah ginjal, kelemahan otot, darah dalam urine dan gangguan jantung.

Tidak semua orang dapat mengonsumsi lidah buaya. Misalnya anak-anak di bawah 12 tahun karena dikhawatirkan mengalami sakit perut, kram, atau diare usai mengonsumsi produk lidah buaya.

Selain anak-anak, ibu hamil dan menyusui pun sebaiknya mengindari konsumsi tumbuhan ini.  Penggunaan lidah buaya sebaiknya dihentikan bagi yang akan menjalani operasi, penderita wasir, penyakit ginjal, atau memiliki masalah usus. (njs)

 

Wallahu A'lam Bishowab

 

Sumber:

Andriawan, Didik. Rahasia Hidup Sehat Ala Nabi, Solo: Al Fath Publishing

Alodokter

American Academy of Dermatology, Treating sunburn.

Mayo Clinic (2009). Aloe.

Canning, K (2017), Health.com. 7 Ways to Use Aloe Vera Gel Beyond Soothing a Sunburn.

Meetdoctor, Kompas

 

Baca juga:

Terapi Gurah untuk Keluarkan Lendir Beracun

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top