#SehatAlaRasul (12)

Andalan Nabi, Ini Khasiat Pohon Pacar untuk Obat Luka

gomuslim.co.id – Banyak tumbuhan alami yang telah dicontohkan Rasulullah SAW untuk menjadi obat. Salah satunya adalah Pohon Pacar yang dikenal dengan nama Henna atau Inai. Pohon ini biasanya jadi bahan baku untuk mewarnai kuku, penghias kaki dan tangan di berbagai daerah seperti Afrika Utara, Timur Tengah, India termasuk Indonesia.

Tentang Pohon Inai

Pohon ini atau daunnya merupakan tanaman sejenis semak. Tanaman ini memiliki bunga yang berwarna pucat dengan daun berwarna hijau. Daun inai yang masih muda berwarna hijau terang, sedangkan yang sudah tua akan berwarna hijau tua dengan bintik-bintik hitam.

Bintik-bintik tersebutlah yang membuat daun inai terkenal sebagai pewarna kuku yang alami. Selain mudah menyerap, pewarna kuku dari daun ini juga mudah untuk dibersihkan.

Tanamannya sendiri punya banyak sekali sebutan yang berbeda di daerah tertentu. Daunnya  banyak digunakan untuk mewarnai kuku karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya untuk tubuh.

Adapun cirri-cri tanaman ini adalah batangnya perdu, tegak, cabang-cabangnya sering berujung runcing. Daun berhadapan, berbentuk jorong atau jorong-lanset, panjang 1,5-5,0 cm.

Perbungaan berupa malai, tumbuh di ujung cabang dan di ketiak daun, panjang 4 – 20 cm; bunga kuning muda, merah jambu, atau merah; sangat harum. Sementara buahnya berupa buah kotak, berbentuk bulat, atau bulat pipih, dan memiliki garis tengah ±0,5 cm.

Berfungsi sebagai Obat

Tanaman ini, daunnya ternyata juga bisa menjadi daun herbal untuk mengatasi penyakit. Kandungan dalam daun pacar kuku seperti tanin dan minyak atsiri sangat mempengaruhi khasiat daun ini sebagai obat herbal alami.

Pohon ini memiliki banyak kandungan zat yang bisa menyembuhkan luka. Terdapat kandungan zat penyembuhan seperti Tannine dan zat lain yang berfungsi sebagai perekat. Selain itu, pohon ini juga mengandung zat asam ammonia yang fungsinya menjadi anti virus berikut daunnya yang mengandung zat lawsone.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi, dari Ali bin Ubaidillah dari neneknya, Salma yang pernah menjadi pelayan Nabi Muhammad SAW, beliau berkata, “Tidaklah Rasulullah SAW ketika terkena luka yang bernanah dan luka parah kecuali beliau selalu memerintahku untuk meletakkan pohon pacar diatas luka tersebut,” (HR At-Tirmidzi).

Selain dapat mengobati luka koreng atau borok, beberapa penyakit juga dapat disembuhkan dengan pohon inai. Tanaman ini juga dapat dijadikan cream untuk memperhalus dan memperkuat jari-jari. Inai yang dicampur mentega dapat digunakan untuk membalut tumor ganas yang mengalirkan residu kuning.

Selain berfungsi sebagai penyembuh luka, pohon ini juga berfungsi sebagai obat penambah gairah seksual dan juga mampu mengatasi pembengkakan. Dalam masalah kecantikan, Henna ini mampu memacu pertumbuhan rambut karena kandungan protein yang memberikan nutrisi penting bagi rambut. Tumbuhan ini juga mampu mencegah rambut rontok, melindungi rambut dari sinar matahari, mencegah rambut beruban, dan membuat rambut bercahaya sekaligus menjaga kelembaban rambut.

Kegunaan Lain

Pacar kuku banyak ditanam sebagai tanaman hias, karena bunganya berbunga sepanjang tahun, maka seringpula digunakan dalam wangi-wangian. Pacar kuku di Indonesia juga paling dikenal sebagai pemerah kuku tradisional dengan cara menumbuk daun dengan kapur atau gambir untuk mewarnai merah kuku.

Tidak hanya itu, dalam bentuk kering, apabila daunnya ditumbuk dengan air, maka dapat digunakan untuk mewarnai rambut. Daun pacar kuku mengandung zat warna lawson yang dapat diekstrak sebagai kristal berwarna kungin jingga, digunakan untuk mewarnai wol dan sutera.

Daun mengandung tanin (±4,5%), digunakan untuk obat penghenti diare ; serbuk daun digunakan untuk obat luka. Bunga mengandung minyak atsiri yang berbau seperti trimetil amina, digunakan dalam kosmetika. Biji mengandung minyak (10,5%). Kayu kelabu, keras, digunakan untuk membuat barang-barang kecil dan tusuk gigi.

Masyarakat China dan Melayu sudah menggunakan daun ini sebagai bahan herbal untuk mengatasi penyakit. Berikut beberapa khasiat tanaman Inai:

1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Tanaman ini diyakini memiliki khasiat untuk tubuh dan ampuh bagi sistem pencernaan agar lebih sehat. Daun ini sangat baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang sering mengalami pencernaan yang tidak lancar.

 

Baca juga:

Begini Pola Makan Sehat dan Ideal Menurut Nabi

 

2. Baik untuk Kesehatan Usus

Manfaat lainnya, tanaman ini dapat membuat usus lebih sehat. Banyak kandungan alami yang baik agar kesehatan usus meningkat dari daunnya. Usus yang sehat akan membuat sistem pencernaan juga sehat.

3. Mencegah Diare

Selain baik untuk pencernaan, tanaman ini juga baik untuk mencegah penyakit pencernaan seperti diare. Kandungan di dalam daun ini mengandung anti bakteri yang ampuh untuk mencegah penyakit diare.

4. Penyembuh Luka

Bagi kulit, tanaman ini berkhasiat sebagai obat, terutama pada kulit yang terluka akibat dari terkena benda tajam. Daun ini akan mempercepat keringnya luka dan menghentikan pendarahannya.

5. Obat Herpes

Tanaman ini juga diyakini sebagai obat untuk penyakit herpes. Daun ini sudah terbukti ampuh untuk mencegah penyakit herpes timbul di tubuh dan mengobatinya jika sudah menyerang tubuh.

6. Mengatasi Penyakit Rematik

Daun dari tumbuhan ini dapat menyembuhkan penyakit rematik. Biasanya, rematik menyebabkan persendian terasa nyeri. Daun unik ini akan membantu meredakan rasa nyeri tersebut.

7. Pereda Nyeri

Selain nyeri pada penyakit rematik, daun pacar kuku juga ampuh untuk meredakan nyeri karena penyebab lainnya. Salah satunya adalah nyeri akibat sakit perut saat haid datang. Itulah mengapa daun ini disebut dengan daun anti nyeri alami.

8. Atasi Peradangan

Manfaat daun pacar kuku untuk tubuh dapat mengatasi peradangan. Sifat anti inflamasi pada daun ini akan membantu tubuh untuk menghilangkan beberapa pembengkakan yang terjadi di bagian tubuh.

9. Obat Jamur pada Kulit

Tanaman ini diyakini dapat mengatasi jamur pada kulit. Daunnya mengandung anti jamur yang ampuh terutama untuk mengobati penyakit kulit akibat jamur, seperti panu, kadas, dan juga kurap di kulit.

Selain itu, tanaman Inai juga dipercaya sebagai obat bisul, mengatasi gatal pada kulit, mencerahkan kulit, mencegah penyakit susah BAB dan mengatasi sembelit. Meski demikian, perlu penelitian lebih lanjut tentang khasiat dari tanaman ini secara ilmiah. (njs)

Wallahu’alam Bishawab


Sumber:

Andriawan, Didik. Rahasia Hidup Sehat Ala Nabi, Solo: Al Fath Publishing

Buku Pintar Kedokteran Nabi karya Ibnu Qayyin al-jauziyah, PT Fathan Prima Media.

Manfaat.co

 

 

Baca juga:

Sebelum Sains Modern, Rasulullah Ungkap Rahasia Obat pada Sayap Lalat

Komentar

Tulis Komentar

Kode Acak

*Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top