#SehatAlaRasul (13)

Harganya Selangit, Ini Ragam Khasiat Jamur Truffle bagi Kesehatan

gomuslim.co.id – Jika anda pecinta makanan jamur, mungkin sudah tidak asing lagi dengan Jamur Truffle. Tanaman super mahal karena sulitnya menemukan dan membudidayakan. Bayangkan saja, untuk setengah kilogram Jamur Truffle, seseorang harus merogoh kocek hingga puluhan juta rupiah.

Jenis jamur ini mahal karena memang kaya manfaat, khususnya bagi kesehatan tubuh manusia. Tanaman langka ini pun menjadi salah satu anjuran dari Nabi Muhammad SAW untuk pengobatan mata. Sebagaimana dalam hadits berikut:

Dari Said bin Zaid dari Nabi Muhammad SAW bahwasannya beliau bersabda, “Jamur Truffle adalah sebagian dari mann yang telah diturunkan Allah Azza wa Jalla kepada Nabi Musa Alaihi Salah dan airnya dapat menyembuhkan sakit mata.” (HR Muslim).

Tentang Jamur Truffle

Dalam bahasa latin, Jamur Truffle n dikenal dengan istilah Tirmania atau Terfezia. Jamur ini merupakan jenis jamur yang super langka. Tak heran jika jamur ini tergolong sebagai jamur termahal di dunia.

Jamur ini tumbuh dibawah tanah dekat akar pohon dan tumbuh secara alami. Walaupun harganya mahal, Jamur Truffle selalu dicari banyak orang untuk dikonsumsi.

Ciri-cirinya, jamur ini memiliki kulit luar yang tebal dan lembut. Terkadang teksturnya kasar dan memiliki dua warna hitam dan putih, tergantung jenisnya. Sepintas dalam segi penampilan, jamur ini memang tidak menarik sama sekali karena bentuknya yang tidak beraturan.

Konon aroma yang dihasilkan jamur ini mirip dengan feromon, sejenis zat kimia yang berfungsi untuk merangsang dan memiliki daya pikat seks pada hewan jantan dan betina. Oleh karenanya, untuk menemukan jamur yang tumbuh di dalam tanah ini diperlukan bantuan hewan dengan penciuman tajam seperti anjing.

Harga Jamur Truffle

Jamur truffle putih di Eropa dijual seharga Rp.32.400.000 per setengah kilogramnya. Pada tahun 2010, saat ada pelelangan di Makau Cina, jamur truffle berhasil dijual seharga 2.970.000.000 per satu kilogram. Olahan jamur ini juga menjadi olahan dengan harga termahal di dunia.

Selain harganya selangit, tanaman ini diperdagangkan layaknya obat-obatan terlarang karena dikhawatirkan ada pencurian. Konon, jamur truffle hanya bisa tumbuh liar di alam dan sulit dicari. Berburu Jamur Truffle seperti berburu harta karun. Kalau seseorang dapat tanaman ini, bias jadi mendadak kaya.

Manfaat Jamur Truffle

Ada banyak manfaat dari jamur truffle ini, misalnya untuk meningkatkan seks, obat sakit mata, kanker dan lainnya. Sebuah penelitian menunjukkan jamur ini  kaya gizi dan dapat memberi banyak manfaat kesehatan. Jamur Truffle terdiri dari 73 persen air dan mengandung protein tinggi. Mereka rendah lemak dan benar-benar bebas kolesterol.

Jamur Truffle mengandung banyak nutrisi seperti vitamin dan mineral. Kalsium, kalium fosfor, besi dan magnesium adalah beberapa mineral yang ditemukan dalam jumlah tinggi pada jamur ini. Truffle adalah sumber vitamin K, vitamin D dan B yang baik seperti riboflavin (vitamin B2), niacin (vitamin B3), asam pantotenat (vitamin B5).

Berikut ragam khasiat dan manfaat dari Jamur Truffle:

1. Mencegah Penyakit Kolesterol

Mengonsumsi jamur ini diyakini dapat menyembuhkan kolsterol. Hal ini karena jamur truffle kaya dengan lemak HDL dan asam amino essensial yang baik sekali untuk mengatasi penyakit degeneratif macam kolesterol.

2. Meningkatkan Nafsu Makan

Memakan jamur ini pun dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan. Jamu ini diyakini dapat hormon adrenalin yang membuat berkeringat dan membuat selalu lapar. Dengan begitu, nafsu makan bertambah dan semakin lahap.

3. Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Penyakit Jantung Koroner bisa disembuhkan dengan memakan jamur truffle, sebab jamur ini sungguh kaya dengan manfaat yang baik untuk membersihkan saluran darah alias pembuluh darah arteri jantung anda. Sehingga anda tak lagi alami penyumbatan dan gangguan otot yang kerap menjadi penyebab dari PJK alias penyakit jantung koroner.

4. Anti Stress

Kandungan gizi yang melimpah dari jamur ini diyakini dapat menjadi obat stress. Kandungan gizi tersebut dapat mengontrol perkembangan hormon sehingga senantiasa memiliki hormon anti stress yang baik sekali untuk kesehatan tubuh.

5. Cegah Stroke Berat Maupun Ringan

Manfaat jamur tuffle hitam juga bisa mencegah stroke berat maupun ringan. Mengonsumsi sayuran jamur ini akan bebas dari resiko terkena stroke yang masih menjadi momok menakutkan bagi masyarakat dewasa ini.

 

Baca juga:

Andalan Nabi, Ini Khasiat Pohon Pacar untuk Obat Luka

 

6. Tingkatkan Kecerdasan Otak Anak

Konsumsi tanaman ini juga diyakini dapat meningkatkan kecerdasan otak anak.

7. Mencegah Gizi Buruk dan Busung Lapar

Tentu saja kandungan gizi yang melimpah pada jamur truffle bisa mencegah gizi buruk dan busung lapar sehingga anda tak lagi merasa harus menanggung malu karena tubuh terlampau kurus macam orang yang kelaparan selalu karena gizi buruk.

8. Mengobati Bronkhitis

Jamur Truffle juga bisa obati penyakit bronkhitis dan gangguan saluran nafas yang lainnya.

9. Menyembuhkan Kanker Darah

Khasiat jamur truffle bisa mencegah kanker darah. Jamur ini sangat baik dalam membantu proses penyembuhan leukimia.

10. Mencegah kanker

Jamur truffle punya kandungan anti-oksidan dan anti-inflamasi yang sangat bermanfaat untuk penderita mau pun pencegahan kanker. Jamur truffle juga diduga bisa memutus rantai risiko keturunan kanker. Pasalnya, ketika jamur truffle dikonsumsi, jamur ini bisa menghentikan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh sehingga lambat laun tubuh menjadi resisten terhadap sel kanker.

11. Membesarkan otot

Banyaknya kandungan protein dalam jamur truffle membuat jamur ini bermanfaat untuk menstimulus pembentukan otot yang ideal dan sempurna. Selain membentuk otot, jamur truffle dapat menghilangkan lemak jahat dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, lho! Oleh karena itu, bila kamu sedang berolahraga atau dalam program pembentukan otot, coba masukkan jamur truffle dalam menu diet kamu.

Selain itu, manfaat lainnya dari jamur ini adalah membantu mengobati sakit kepala, mengobati cacingan, membantu regenerasi sel yang rusak.

Seorang ahli pengobatan holistic dan juga ahli herbal Dr. Lim Siow Jin (Malaysia), mengklasifikasikan khasiat jamur truffle dalam 5 kelompok besar yaitu pendeteksian penyakit, pembersihan, penyeimbang fungsi tubuh, pemulihan fungsi, dan pemeliharaan.

Kandungan Jamur Truffle

Jamur ini memiliki banyak kandungan lebih dari 200 elemen bahan aktif. Beberapa bahan aktif yang ditemukan adalah :

1. Polisakarida

Berfungsi sebagai anti tumor, berfungsi baik dalam masalah kesehatan sistem saraf, memperbaiki fungsi pancreas, mengurangi kadar gula dalam darah serta mampu mengeluarkan racun dari tubuh dan menguatkan sistem imun tubuh.

2. Adenosi

Berfungsi memperbaiki sistema darah pusat, menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan kandungan lemak, menyeimbangkan metabolism dan menjadikan diri awet muda dan bertenaga, mencegah penggumpalan sel darah merah, serangan jantung dan stoke.

3. Triterpenoid

Berfungsi uuntuk mengurangi kolesterol dan menstabilkan kandungan lemak dalam badan, mengeluarkan toksin atau racun dalam tubuh, mengurangi alergi yang disebabkan oleh antigen.

4. Ganoderik

Senyawa aktif dari jamur yang berkhasiat untuk penyakit-penyakit kulit menghentikan pendarahn dan luka, mencegah proses penuaan.

Wallahu’alam Bishawab

 

 

Sumber:

Andriawan, Didik. Rahasia Hidup Sehat Ala Nabi, Solo: Al Fath Publishing 

www.khasiat.co.id 

lifetrubus, ragamkhasiat 

 

Baca juga:

Begini Pola Makan Sehat dan Ideal Menurut Nabi

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top