#SehatAlaRasul (16)

Anjuran Nabi, Ini Hikmah Mencuci Tangan Sebelum dan Sesudah Tidur

gomuslim.co.id – Rasulullah Shallahu alaihi wasallam adalah sebaik-baik teladan bagi kita, umat Islam. Banyak hal baik yang beliau contohkan untuk kita ikuti, bahkan masih berlaku sampai sekarang ini. Salah satunya adalah terkait anjuran untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah bangun tidur.

Dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa tertidur dan di tangannya terdapat lemak (kotoran bekas makanan) dan dia belum mencucinya lalu dia tertimpa oleh sesuatu, maka janganlah dia mencela melainkan dirinya sendiri.” (H.R. Abu Daud)

Selain itu, dalam hadits lain dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Apabila seseorang dari kalian berwudhu, hendaklah memasukkan air ke dalam hidung kemudian menyemburkannya. Siapa saja yang beristijmar (bersuci menggunakan batu), hendaklah mengganjilkan. Dan jika seseorang dari kalian bangun dari tidurnya maka hendaklah mencuci kedua (telapak) tangannya sebelum memasukkannya ke dalam bejana tiga kali, maka sesungguh-nya seseorang dari kalian tidak mengetahui ke mana tangannya bermalam." (HR Al-Bukhari)

Pandangan Kesehatan tentang Cuci Tangan

Dari hadits diatas, kita dianjurkan untuk mencuci tangan sebelum memejamkan mata di malam hari. Kegiatan mencuci tangan sepertinya terdengar sederhana dan sepele. Tapi mungkin saja masih banyak diantara kita lupa untuk melakukan hal ini sebelum tidur.

Padahal, menucuci tangan sebelum tidur ini memiliki manfaat yang besar pengaruhnya bagi kesehatan. Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Dr Harley Rotbart, "Virus dan bakteri seringkali berpindah saat malam melalui mata, menghisap jempol dan mengusap hidung.”

Dokter tersebut pun merekomendasikan bagi orang tua untuk selalu mengajari anak-anak mereka supaya membasuh tangan sebelum beranjak tidur. Profesor pediatri dan mikrobiologi ini juga menyebut bahwa risiko terbesar datang dari mencuci tangan yang tidak benar

Menurutnya, kebiasaan mencuci tangan sebelum tidur akan memberikan dampak kesehatan bagi tubuh, karena kita tidak tahu tangan kotor kita akan memegang apa saja saat kita tidur. Tangan yang kotor juga menimbulkan risiko yang besar.

“Karena bisa jadi bekas makanan yang kita makan entah kue dan lain sebagainya mengundang binatang-binatang tertentu seperti semut, tikus, kecoa dan lain sebagainya,” ujar Dr Harley.

Mencegah Kuman dan Bakteri

Mencuci tangan dapat dilakukan dengan menggunakan sabun atau antiseptik lainnya. Dr. Dini Noviarti, salah seorang pakar kesehatan menjelaskan, bahwa mencuci tangan adalah kegiatan membersihkan bagian telapak, punggung tangan dan jari agar bersih dari kotoran dan membunuh kuman penyebab penyakit yang merugikan kesehatan manusia serta membuat tangan menjadi harum baunya.

Kebiasaan rajin mencuci tangan mampu menghindarkan manusia dari berbagai macam penyakit. Tangan manusia merupakan penghantar utama masuknya kuman ke dalam tubuh. Dan fakta membuktikan, tangan manusia yang kotor karena menyentuh feses mengandung kurang lebih 10 juta virus dan bakteri yang tak kasat mata, dan itu dapat disterilkan dengan mencuci tangan memakai sabun pembunuh bakteri.

Dilansir dari publikasi klikdokter, kebiasaan mencuci tangan dan kaki sebelum tidur disebut dapat mencegah anak terserang infeksi penyakit. Setelah seharian beraktivitas, anak akan merasa lelah dan ingin tidur sesegera mungkin. Kebiasaan ini kurang baik bagi kesehatannya.

Tubuh anak mungkin tampak bersih secara kasat mata, walaupun telah beraktivitas seharian. Meski demikian, tangan dan kaki anak belum tentu tidak mengandung kuman. Meskipun tidak menyentuh benda yang jelas-jelas kotor (seperti tanah), menyentuh permukaan benda-benda yang umum, seperti; meja, alat tulis, pegangan pintu, ataupun uang juga berpotensi memindahkan kuman.

 

Baca juga:

Ini Hikmah Larangan Meniup Makanan dan Minuman Saat Masih Panas

 

Saat tangan yang kotor dan mengandung kuman menyentuh mulut, mata, ataupun hidung, maka risiko penularan penyakit infeksi menjadi semakin besar. Jenis-jenis penyakit infeksi yang dapat menular lewat tangan antara lain infeksi saluran napas, infeksi mata, dan infeksi saluran cerna. Dari penelitian ditemukan bahwa mencuci tangan dapat menurunkan risiko infeksi pernapasan sekitar 6-44%. Karena itu, mencuci tangan sebelum tidur setelah seharian beraktivitas menjadi cara yang penting untuk mencegah anak tertular kuman penyebab infeksi.

Begitu pula dengan mencuci kaki sebelum tidur. Kaki yang bersentuhan langsung dengan banyak permukaan juga berpotensi menyimpan kuman. Kulit kaki termasuk bagian tubuh yang dapat mengalami berbagai penyakit kulit karena kurangnya kebersihan tubuh.

Cuci Tangan Juga Setelah Tidur

Merupakan suatu hal yang wajar jika seseorang dalam keadaan tidur secara tidak sengaja tangannya melayang ke mana-mana. Tangan itu dapat saja bergerak-gerak menyentuh daerah kotor seperti mulut, bahkan daerah yang menjijikkan seperti daerah vital.

Maka sangat tepat sekali jika Rasulullah menganjurkan supaya membersihkan tangannya dulu sebelum memasukkannya ke dalam bejana. Kemungkinan besar saat kita tidur tangan kita menyentuh daerah-daerah kotor yang membawa virus-virus atau bibit penyakit.

Madzhab Hambali bahkan mewajibkan mencuci tangan setelah bangun dari tidur ini. Jumhur ulama, atau mayoritas ulama berpendapat bahwa tidur yang dimaksud di atas adalah semua jenis tidur. Sedangkan menurut Imam Ahmad bin Hanbal, kewajiban membasuh tangan itu hanya untuk tidur malam saja karena lafadz hadits di atas menyebutkan "tangannya bermalam" yang artinya tidur pada malam hari.

Ibnu Taimiyah memberikan perspektif teologi dalam memahami hadis ini, bahwa anjuran mencuci tangan ini bukan karena najisnya tangan, melainkan karena tangannya bersentuhan dengan setan. Walaupun demikian, beragam perspektif baik kesehatan maupun teologis tetap saling mendukung efektivitas dan relevansi dari mencuci tangan setelah tidur ini

Selain membiasakan diri untuk mencuci tangan dan kaki, tentu sebagai muslim dianjurkan untuk berdoa baik sebelum maupun sesudah tidur. Ini agar aktivitas kita senantiasa mendapat ridha dan perlindungan dari Allah Subhanallah wa ta'ala.


Wallahu’alam Bishawab


Sumber:

Andriawan, Didik. Rahasia Hidup Sehat Ala Nabi, Solo: Al Fath Publishing

KlikDokter,HelloSehat,AlManhaj 

 

 

Baca juga:

Ini Manfaat Khitan bagi Kesehatan

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top