#SehatAlaRasul (19)

Ini Khasiat Bubur Susu untuk Orang Sakit

gomuslim.co.id – Pernah dengar bubur susu atau Talbinah? mungkin sebagian baru mendengar istilah makanan ini. Talbinah merupakan makanan yang terbuat dari tepung gandum, biasanya dibuat dengan menambahkan susu dan madu atau juga bubuk barley kering.

Konon, diberi nama Talbinah karena memiliki kemiripan dengan susu (al-laban), yaitu sifatnya yang lembut dan putih. Tahukah kamu kalau Talbinah ini menjadi salah satu penawar alternatif bagi orang yang sakit?

Dalam sebuah riwayat hadits, Talbinah disebut dapat membantu meringankan kondisi psikologis orang yang sedang bersedih. Berikut hadits tentang Tablinah:

Dari Aisyah RA, istri Rasulullah SAW bahwasanya apabila ada keluarga yang meninggal dunia, maka para wanita datang dan berkumpul di situ, kemudian baru mereka pulang kecuali keluarga dan teman dekatnya. Aisyah menyuruh disiapkan satu mangkuk bubur susu untuk dimasak. Setelah itu dibuatlah roti campur daging. Kemudian bubur susu itu dituangkan di atas roti daging tersebut, dan Aisyah berkata, Makanlah ini, karena saya pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Bubur susu atau Talbinah itu dapat melembutkan hati orang yang sakit dan menghilangkan sebagian rasa sedih.” (HR Bukhari [5417, 5689, 5690] dan Muslim [2216])

Bubur susu atau Talbinah dengan rasanya yang manis dan aromanya yang memikat tentu dapat menggugah nafsu makan orang yang sakit. Seringkali orang sakit nafsu makanya menurun, dan akhirnya ia menjadi sulit makan. Padahal ia butuh asupan gizi yang cukup selama masa penyembuhan.

Makna meyejukkan hati dan menghilangkan kesedihan

Potongan dari hadits diatas “Bubur susu atau Talbinah dapat menyegarkan hati orang yang sakit dan dapat menghilangkan sebagian rasa sedih”.

Imam An-Nawawi rahimahullah berkata menenangkan hati dan menghilangkan kesedihaan/kecemasan dan memberikan semangat. Ulama mengatakan, terkadang ditambahkan dengan madu, dalam hadits ini ada anjuran agar memberikan talbinah pada orang yang sedih.

Sementara, Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah rahimahullah menjelaskan, jika ingin mengetahui khasiat talbinah maka lihat khasiat bubur tepung atau gandum yang mirip dengannya. Talbinah semacam bubur yang terbuat dari tepung atau dedak tepung.

Perbedaannya adalah bubur  tepung adalah dimasak langsung (dalam bentuk asli tanpa diolah dahulu) sedangkan talbinah digiling dahulu, ini lebih bermanfaat untuk mengeluarkan kandungan khusus gandum dengan gilingan.

Adat kebiasaan masyarakat berpengaruh pada pemanfaatan obat dan makanan. Kebiasaan suatu kaum membuat bubur tepung/gandum dengan digiling dahulu, bukan bentuk aslinya (tidak digiling), hal ini lebih memberikan pengaruh dan lebih memberikan kenyamanan di perut.

Beliau juga berkata, “Maksud dari menghilangkan sebagian kesedihan adalah karena kesedihan dan kegundahan bisa menenangkan mood dan meningkatkan (rasa hangat) semangat. Bubur ini bisa meningkatkan semangat karena kandungan di dalamnya maka bisa menghilangkan kesedihan dan kegunadahan. Maka dikatakan menghilangkan kesedihan karena ia termasuk makanan khusus yang menyenangkan, karena ada makanan tertentu yang bisa membuat bahagia dengan kandungan khasnya.”

Kandungan Bubur Susu/Talbinah

Bubur susu atau adalah makanan yang tepat karena kandungan gizi yang kaya, teksturnya juga sangat lembut sehingga mudah sekali untuk dikonsumsi. Susu sapi per 100 gramnya mengandung kurang lebih 10 zat gizi seperti vitamin C, vitamin B1, kabohidrat, protein, zat besi, kalsium, dan lain-lain.

 

Baca juga:

Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Ini Lima Olahraga Anjuran Nabi

 

Bubur susu dapat diracik dengan bahan-bahan lain yang memiliki kandungan gizi melimpah seperti kacang-kacangan dan buah-buahan. Sebuah penelitian menunjukan bahwa campuran susu kental manis dengan kacang tanah merupakan campuran yang sangat baik karena formula ini mampu menambah daya serap air. Selain dikenal mengandung banyak kalsium, susu juga mengandung kaya gizi yang sangat baik untuk pertumbuhan. Susu juga mampu menetralisir racun seperti timah atau logam yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman.

Manfaat Talbinah Bagi Kesehatan

Obat Alami Maag

Talbinah mengandung nutrisi bermanfaat untuk mengatsi keluhan maag yaitu lesitin. Selain terkandung dalam talbinah sebenarnya lesitin ini juga banyak terkandung dalam tepung kedelai, para dokter biasanya akan menasehati pasien penderita maag untuk mengkonsumsi makanan berlesitin.

Masalah Menopouse

Zat yang dinamakan dengan vitoestrogen banyak terkandung dalam tepung talbinah, zat bermanfaat ini sangat bagus untuk mengantisipasi permasalahan yang timbul saat menpouse, sehingga mengkonsumsi talbinah sangat bagus untuk mengantisipasi masalah menopause.

Begitupula terkadang pada masa-masa menopause ini seseorang sering dihadapkan dengan masalah-masalah pada tulang atau yang lebih dikenal dengan istilah osteoporosis, dengan rutin dan rajin memakan talbinah osteoporosis ini bisa diminimalisir.

Masalah Pencernaan Secara Umum

Pada talbinah terkandung nutrisi berupa magnesium yang amat bagus sebagai pemelihara pencernaan tubuh pada manusia, sehingga hal ini pula yang membuat banyak pakar kesehatan merekomendasikan talbinah ini untuk solusi penyakit maag, begitu pula manfaat lain yang bisa dipetik dari kandungan magnesium yang dalam jumlah besar ada pada talbinah adalah pengaruh positifnya dalam menjaga kesehatan jantung manusia.

Talbinah juga bagus untuk dikonsumsi oleh anak kecil yang menderita sembelit. Nutrisi berupa betaglocan pada talbinah sangat bagus untuk dikonsumsi sebagai alternatif pengendali kolesterol pada darah.

Talbinah juga dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh terhadap serangan mikroorganisme serta mikroba pengganggu kesehatan. Hal demikian karena kandungan serat alami yang ada pada talbinah ini. Kandungan potassium pada tepung talbinah sangat bagus sebagai penyeimbang zat garam dan air pada tubuh manusia.

 

Wallahu’alam Bishawab

Sumber:

Andriawan, Didik. Rahasia Hidup Sehat Ala Nabi, Solo: Al Fath Publishing

Muslimafiyah, Bimbingan Islam, Obat Sakit

 

Baca juga:

Ini Alasan Hati Jadi Pangkal Kesehatan Jasmani

 

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top