#FloraFaunadalamQuran (1)

Buah Zaitun, Pohon yang Diberkahi dalam Alquran

gomuslim.co.id - Buah Zaitun merupakan satu dari buah-buah yang disebutkan dalam Alquran. Buah ini terkenal dengan minyaknya yang kaya akan manfaat yang baik bagi tubuh. Buah Zaitun berkali-kali disebutkan dalam Alquran yakni pada Surah; An-Nuur, Surah Al-An'aam, Surah An-Nahl, Surah Al-Muminuun, dan Surah Abas sehingga menjadi salah satu pohin yang diberkahi dalam Alquran.

Sebagaimana yang tercantum dalam Surah An-Nur ayat 35:

“… yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon Zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis).” (An-Nur: 35).

Minyak zaitun sudah dikenal memiliki banyak manfaat, bisa digunakan untuk memasak, merawat kecantikan wajah, menutrisi rambut, dan lain sebagainya. Buah zaitun memiliki kandungan nutrisi, vitamin, mineral, dan senyawa organika termasuk zat besi, serat, tembaga, vitamin E, senyawa fenolik, asam oleat, dan berbagai antioksidan.

Buah zaitun juga memiliki lemak baik yang tinggi, sebesar 11 hingga 15 persen, serta asal oelat yang termasuk asam lemak tak jenuh tunggal sebesar 74 persen dari seluruh kandungan buah Zaitun.

Buah Zaitun memiliki kandungan karbohidrat rendah yang hanya 4 hingga 6 persen. Sebagian besar karbohidrat yang terkandung terdiri dari serat sekitar 52 sampai 86 persen dari total kandungan karbohidrat dalam buah zaitun. Selain dikonsumsi minyaknya, buah Zaitun juga memiliki banyak manfaat jika dimakan langsung.

1. Melawan infeksi

Buah Zaitun memiliki kandungan antioksidan, seperti oleuropein, hydroxytyrosol, tyrosol, asam oleonalik, quercetin.

Kandungan antioksidan tersebut mampu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, dan mengurangi kerusakan oksidatif.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Buah Zaitun mengandung asam oelat yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengatur kadar kolestrol dalam tubuh. Selain itu, buah Zaitun juga dapat melindungi kolestrol LDL dari oksidasi serta membantu mengurangi tekanan darah. Kandungan hydroxytyrosol dalam buah Zaitun mampu melindungi jantung, dan bertindak sebagai antikoagulan, sehingga mengurangi kemungkinan pembekuan darah dan menghalangi aliran darah.

3. Memperbaiki kesehatan tulang

Senyawa yang terkandung dalam buah Zaitun dan minyak Zaitun mampu membantu mencegah keropos tulang.

4. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan dan asal oelat yang tinggi pada buah Zaitun ternyata dapat membantu mengurangi resiko kanker juga. Hal tersebut telah dibuktikan dalam studi penelitian bahwa buah Zaitun mampu menganggu siklus hidup sel kanker payudara, usus besar dan perut.


Catatan Sejarah:

Pohon Zaitun pertama kali didomestikasi di Mediterania Timur antara 8.000-6.000 tahun yang lalu, melalui analisis genetik 1.900 sampel di sekitar laut Mediterania. Mengapa Mediterania, karena tempat di sekitar bukit Thursina ini merupakan tempat perpaduan iklim yang bagus untuk tumbuhan dan menjadi tempat tinggal favorit manusia. 

 

sumber: Proceedings of the Royal society B)

*Domestikasi: adalah dari liar dijinakkan.


Wallahu’alam Bishawab


 

Baca juga:

Ini Rahasia Aloe Vera yang Kaya Manfaat 

 

 

 

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top