#FloraFaunadalamQuran (7)

Khasiat Timun dari Anjuran Nabi Musa

gomuslim.co.id - Allah SWT menciptakan beragam tumbuh-tumbuhan yang terdiri dari bunga, buah, dan sayur. Salah satu sayuran yang tercantum dalam Alquran adalah Mentimun. Pada zaman Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, mentimun atau Timun yang biasa kita sebut, sudah dipakai sebagai salah satu sayuran yang baik untuk kesehatan. Biasanya, Timun dikombinasi dengan kurma segar untuk menjaga kesehatan. Dalam sebuah Hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW sering membuatnya.

Dari Aisyah bahwasanya, “Rasulullah sering makan Mentimun dicampur dengan kurma basah.” (HR.Tirmidzi).

Kata ‘Mentimun’ dalam Alquran disebut dalam Surah Al Baqarah Ayat 61 :

“Dan (ingatlah), ketika kamu berkata: Hai Musa, kami tidak bisa sabar (tahan) dengan satu macam makanan saja. Sebab itu, mohonkanlah untuk kami kepada Tuhanmu agar Dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu sayur-mayurnya, ketimunnya, bawang putihnya, kacang adasnya, dan bawang merahnya.” (Q.S Al Baqarah Ayat: 61).

 

 

Selain untuk menjaga kesehatan, kombinasi keduanya juga untuk meningkatkan berat badan dan mengubah bentuk tubuh yang semula kurus ceking menjadi lebih berisi. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Aisyah Radhiyallahu’anha (RA) ketika hendak dipertemukan dengan Rasulullah SAW, rutin mengonsumsi Mentimun dan kurmabasah untuk mendapatkan tubuh yang ideal.

Aisyah berkata, “Ibuku mengobatiku agar aku kelihatan gemuk, saat dia hendak mempertemukan aku dengan Rasulullah SAW, dan usaha itu tidak membuahkan hasil sehingga aku memakan Mentimun dengan kurmabasah. Kemudian aku menjadi gemuk dengan bentuk yang ideal.” (HR.Ibnu Majah).

 


Berdasarkan Penelitian

Hasil penelitian modern menyebutkan bahwa Timun mengandung 0,65% protein, 0,1% lemak, dan 2,2% karbohidrat. Selain itu, juga mengandung zat bermanfaat lain, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C. Karena banyak mengandung bahan penting itu, Timun sangat baik digunakan sebagai tonik (menjaga kesehatan). Subhanallah sebelum penelitian pada zaman modern sekarang, Alquran dan Hadits sudah membuktikan khasiat dan manfaatnya.

 

Baca juga:

Inilah Manfaat dan Keistimewaan Buah Tin yang Termaktub dalam Alquran

 

Selain itu, Timun juga bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit. Jus Timun bersifat mendinginkan badan dan menurunkan panas pada saat demam. Juga menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi, serta menyehatkan saluran pencernaan.

Mentimun juga merupakan peluruh buang air kecil yang baik, sementara irisan Timun yang dikompreskan pada kelopak mata saat terpejam, dapat menghilangkan noda hitam pada kantung mata akibat kurang tidur.

Timun untuk Kecantikan

Masker wajah dengan Timun yang dihaluskan merupakan ramuan alami untuk meremajakan sel-sel kulit wajah agar tetap awet muda dan mencegah keriput. Sementara bila secara teratur dioleskan / dibalurkan pada pangkal paha atau bagian bokong, bisa berkhasiat menghilangkan selulit.

Kandungan

Kandungan air dan mineral kalium dalam Timun juga mengeluarkan kelebihan asam urat dan sisa metabolisme melalui ginjal. Cara penyajiannya yaitu dengan makan buah segar setiap hari kurang lebih 400 gr sehari dua kali. Selain memakannya secara langsung juga dapat disajikan dalam bentuk lain yaitu dengan cara dijus atau diparut. Jus timun bersifat mendinginkan badan dan menurunkan panas saat demam. Juga menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi, serta menyehatkan saluran pencernaan.

 

 

Khasiat yang terdapat dalam Timun

Banyak khasiat yang diberikan oleh timun entah itu dalam kesehatan tubuh maupun dalam kecantikan kulit, rambut dan lainnya, maka tidak aneh lagi jika saat ini timun banyak digunakan dalam produk kecantikan atau dikonsumsi karena untuk perawatan kecantikan. Fungsi timun sendiri bisa sebagai untuk mengobati atau mencegah atau sebagai penjagaan bagi tubuh sehingga menjadi suatu rutinitas mengkonsumsi timun bagi masyarakat yang memiliki penyakit tertentu dan timun sebagai obat alaminya.

1. Mengurangi lingkar hitam pada sekitar mata

Bagi para kaum hawa yang memiliki masalah pada sekitar mata ternyata Timun mampu memberikan khasiat dalam mengurangi lingkar hitam pada sekitar mata, banyak orang yang sering melakukan hal ini ketika lingkar mata mereka mulai timbul karena faktor tidur yang terlalu larut malam. Cukup dengan mengiris Timun menjadi dua irisan lalu irisan tersebut disimpan pada kedua mata, hal ini memberikan efek rileks bagi mata karena merasa disekitar mata terasa sejuk. Kandungan yang terdapat pada Timun yang berfungsi untuk menghilangkan lingkar hitam pada mata adalah antioksidan dan silika yang dapat memudarkan lingkar hitam pada sekitar mata.

2. Agar kulit lebih kencang

Produk kecantikan yang dihasilkan dari Timun berasal dari sari Timun nya sendiri yang sering dijadikan masker atau tonic untuk wajah dalam meremajakan kulit, kandung yang sama seperti untuk mengurangi lingkar hitam pada sekitar mata juga ternyata dapat meremajakan kulit sehingga kulit menjadi lebih kencang.

3. Memperkecil kantong mata

Untuk memperkecil kantong mata tidak perlu melakukan operasi plastik yang membutuhkan banyak biaya atau dengan concealer pada make up, Timun juga bisa mengatasi masalah seperti ini. Kandungan yang terdapat pada Timun yaitu asam askorbat dan asam caffeic memiliki fungsi untuk mengurangi pembengkakan pada sekitar mata atau kantong mata.

4. Pengurangan kolesterol jahat dalam darah

Terlalu banyak memakan makanan yang mengandung kolesterol jahat yang tinggi dapat menimbulkan penyakit-penyakit cukup berat bahkan penyakit pun bisa timbul karena adanya kolesterol tinggi dalam tubuh. Untuk menguranginya bisa dengan mengkonsumsi timun atau untuk menguranginya lebih cepat bisa dikonsumsi secara rutin, hal ini terjadi kandungan yang terdapat pada Timun yaitu streol, streol sendiri merupakan senyawa yang dapat mengurangi kolsterol jahat yang ada dalam tubuh.

5. Membantu melawan pertumbuhan kanker

Antioksidan yang terkandung dalam Timun mampu membantu melawan pertumbuhan kanker, untuk mengehentikan pertumbuhan kanker yang semakin menjalar keseluruh tubuh bisa mengkonsusmi Timun karena antioksidan yang terkandung mampu membantu melawan pertumbuhannya.

6. Pengurangan kerontokkan pada rambut

Masalah rambut rontok lebih sering ditemukan pada kaum wanita dibanding pada kaum pria, sehingga menimbulkan keluhan-keluhan dikalangan kaum wanita yang menginginkan rambut indah. Kandungan yang terdapat pada timun seperti sulfur sodium, fosfor, kalsium, dan silika yang merupakan nutrisi bagi rambut.



7. Mengobati penyakit cacingan

Racun alkoid jenis hipoxanti yang terkandung pada biji Timun mampu mengeluarkan cacing yang terdapat dalam usus atau dikalangan masyarakat sering disebut dengan penyakit cacingan.

8. Meredakan radang tenggorokan

Sifat anti inflamasi yang terdapat pada biji Timun mampu meredakan radang tenggorokan, mengobati ketika selaput lendir dan tenggorokan mengalami pembekakkan.

9. Membersihkan ginjal

Silika, flourin dan kalium yang terdapat dalam Timun mampu membersihkan sisa metabolisme karena ginjal mendapatkan rangsangan oleh kandungan tersebut sehingga ginjal mampu membersihkan sisa metabolisme dalam tubuh.

10. Memelihara gigi dan gusi

Dengan mengkonsumsi Timun kelenjar air liur yang ada dimulut mengalami rangsangan produksi yang lebih banyak dalam mulut dan membantu pertumbuhan bakteri dalam mulut karena zat asam yang ada didalam mulut berkurang, selain itu vitamin C yang terkandung dalam timun mampu mengobati sariwan disekitar mulut.

11. Menjaga kelangsingan tubuh

Hanya dengan memakan Timun dapat menimbulkan kenyang yang cukup lama, karena terdapat serat dan kalori pada Timun yang dapat menjaga kelangsingan tubuh dengan mengkonsumsi Timun. Karena hal ini serat yang larut dalam usus berubah menjadi gel yang menimbulkan kenyang dan juga mampu memperlambat pencernaan.

12. Fungsi kerja otak yang selalu terjaga

Khasiat Timun bagi otak memiliki peran yang cukup besar, karena denga mengkonsumsi Timun daya ingat dan memori menjadi lama dan terjaga karena dalam Timun sendiri terdapat senyawa flavanol atau fisetin yang mampu melindungi otak agar tidak mengalami ganguan ingatan atau memori seperti alzheimer. 

MassyaAllah ya Sahabat gomuslim, semoga dengan bertambahnya pengetahuan kita tentang manfaat Timun bisa lebih mensyukuri ciptaan Allah SWT dan memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya untuk kebaikan diri sendiri dan orang lain.

 

Sumber :

-http://www.journal.unair.ac.id

-https://halosehat.com

-http://pustakamuhibbin.blogspot.com

 

 

Baca juga:

Kurma, Buah Sunnah Rasulullah untuk Berbuka Puasa


Back to Top