Terangi Jalan Hijrah Anak Muda Bersama Komunitas Terang Jakarta

gomuslim.co.id- Berawal dari obrolan ringan di Halal Bistro Pondok Indah di bilangan Jakarta Selatan. Dimas Wibisono bersama Hendra Bayu (salah satu founder) dan beberapa rekan tongkrongan lainnya.

Obrolan ringan tersebut tidak lantas menjadi obrolan biasa, namun mengerucut ke diskusi dunia keislaman. Kebanyakan dari mereka yang bergabung berprofesi di dunia entertain, seperti, artis, presenter, dan DJ. Mereka yang bergabung lantaran masih segan untuk datang ke kajian di masjid, karena beberapa dari mereka ada yang memiliki tato, baru keluar dari rehabilitasi narkoba, dan belum bisa membaca Alquran. Namun berangkat dari hal tersebut Dimas Wibisono tergerak untuk mewadahi mereka membentuk komunitas yang diberi nama Terang Jakarta.

Terang Jakarta Menerangi Pemuda

Kepada gomuslim, Dimas selaku founder menjelaskan Komunitas Terang Jakarta adalah komunitas Islam berbasis syariah yang bergerak di bidang dakwah, sosial, budaya dan ekonomi kerakyatan. Komunitas ini berdiri  sejak 4 April 2016. Terang Jakarta dibina langsung oleh Abu Fida di bawah naungan Abi Makki, Lc.

“Komunitas Terang Jakarta berisi generasi muda yang mempunyai tujuan sama yaitu hijrah untuk menjadi pribadi yang lebih baik, sama-sama menuntut ilmu, saling mendukung, dan mengingatkan kebaikan satu sama lain,” pungkas Dimas.

Sebagai wadah hijrah, Terang Jakarta juga mempererat jalinan silaturahmi antar generasi muda yang berlandaskan Alquran dan Hadist sebagai panduan hidup melalui berbagai program kegiatan.

Kegiatan

Setiap bulannya Terang Jakarta selalu mengadakan kegiatan untuk memperkuat ukhuwah dan silaturahmi antar anggotanya, salah satu yang rutin dilakukan adalah aktif berdiskusi di grup whatssup. “Saat ini Terang Jakarta memiliki 6 grup whatssup yang diikuti oleh sekitar 1000 anggota, mereka aktif melakukan diskusi kajian via online,” ujar Dimas.

Sedangkan 12 program kegiatan lainnya meliputi; Kajian Rutin, BBQ (Belajar Baca Quran), Back For Good, Selasa Sejarah, Jumat Sedekah, Jumat Jualan, Program Edukasi Halal, UKM TJ, Konsultasi Pra Nikah dan Masalah Pernikahan, Hijrahku, Jalan Taaruf dan Aftercare Terang Jakarta.

Target dan Harapan

Dimas mengaku selama dirinya terjun membentuk komunitas ini, ia banyak mengenal orang-orang soleh, dan ia pun baru mengetahui kalau ternyata masih banyak anak muda yang ingin memperdalam Islam namun masih segan untuk datang ke masjid maupun kajian. “Karena itulah kami membentuk komunitas Terang Jakarta yang menyasar anak muda di tempat-tempat tongkrongan,” katanya.

Saat ditanya mengenai target yang ingin dicapai, Dimas berharap agar ke depannya, Terang Jakarta bisa menjangkau sebanyak-banyaknya anak muda untuk ‘Hijrah Berjamaah’.

“InssyaAllah kalo belajar Islam rame-rame malah bikin ghiroh yang kuat. Kami ingin memberi pemahaman bahwa Islam itu keren dan menyenangkan. Gak kaku banget, yuk belajar adab dulu sebelum berilmu. supaya bisa menjadi contoh untuk temen-temen di sekeliling kita,” himbau Dimas.

Mari Menjadi Bagian Terang Jakarta

Komunitas Terang Jakarta selalu terbuka untuk siapapun yang ingin bergabung menjadi anggotanya. Mengikuti berbagai program kegiatan dan saling silaturahmi antar sesama umat Muslim. Untuk info lebih lanjut mengenai komunitas Terang Jakarta, dapat dilihat di akun media sosial mereka di akun intagram: @Terangjakarta, twitter: @Terangjakarta dan website: www.terangjakarta.com atau bisa langsung datang ke Sekertariat Terang Jakarta di Coop Indonesia Foundation 18 Office Park Lt. 6 Jl. TB Simatupang No. 18 Jakarta Selatan. Telepon via Humas Ikhwan: 08121476747 Akhwat: 085716442885.  (nat)

 

 

 

Komentar

Tulis Komentar

Kode Acak

*Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka