Hari Musik Nasional

Berdakwah Lewat Lirik Lagu, ANN Jabar Kenalkan Nasyid Sebagai Musik Positif untuk Muda-Mudi Muslim

gomuslim.co.id- Secara global musik sering dijadikan sebagai alat pemersatu, melalui musik segala perbedaan dapat dilebur dan menjadi kekuatan dakwah untuk mengajak pada kebaikan.

Dalam era global saat ini, istilah dakwah tak hanya diartikan sebagai ceramah atau khutbah, dakwah dapat dikemas melalui berbagai media, seperi tulisan, gambar, film, karya seni, dan salah satu yang berpengaruh saat ini adalah musik.

Mengenal ANN Jabar

Asosiasi Nasyid Nusantara Jawa Barat (ANN Jabar) merupakan komunitas musik positif yang eksis di Jawa Barat. Komunitas ini berdiri pada tahun 2010 di kota Bandung, setelah sebelumnya resmi terbentuk ANN Pusat pada tahun 2006. ANN Jabar menjadi wadah para munsyid, penulis lagu, pendukung, pencinta dan seniman nasyid di wilayah Jawa Barat.

Diketuai oleh Iday Mumtaz untuk periode 2017 sampai 2021, ANN Jabar memfokuskan diri dalam memperkenalkan dan menjadikan nasyid pilihan musik, bukan lagi sebagai alternatif terakhir.

“Karena nasyid mengakomodir fitrah insani manusia yang senang bersenandung dan bernyanyi, namun isi liriknya membawa pesan kebaikan, tidak terlena dan melupakan Tuhan,” ujar Iday.

Kegiatan Positif Kenalkan Nasyid

Tak hanya sebatas menjadi wadah pecinta nasyid, ANN Jabar memiliki berbagai kegiatan rutin antara lain program pengenalan nasyid, majelis talim anggota, dukungan terhadap event-event yang melibatkan nasyid (mempromosikan festival, berkontribusi menghadirkan juri ataupun talent munsyid), menggelar  parade, konser nasyid, Bandung Nasyid Award dan, Pasanggiri Nasyid Jabar.

Pasanggiri merupakan perlombaan nasyid tahunan yang pesertanya berasal dari berbagai kota dan kabupaten di wilayah Jawa Barat. Sementara untuk tahun ini ANN Jabar tengah menggarap audisinya di beberapa kota.

Pentingnya Nasyid Bagi Dunia Musik Tanah Air

Kehadiran Nasyid menjadi pilihan musik mengambil peran strategis dalam memperkaya khazanah musik tanah air yang mayoritas penduduknya Muslim. Sehingga nasyid sangat penting dalam membentuk karakter dan akhlak pendengar maupun pelakunya.

“Nayid membawa tema positif, ajakan berbuat baik, ingatan bertahan dalam kebaikan, renungan-renungan, senandung dzikir yang tentu saja akan membawa manfaat yang baik bagi semua unsur nasyid,” ungkap Iday yang juga menjadi vokalis Nasyid Tashiru.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua ANN Pusat Periode 2017 sampai 2021, Hendra Gunawan dirinya menilai kehadiran Nasyid dapat mengunggah masyarakat dalam berkarya melalui adaptasi sisi positif budaya luar, sehingga Nasyid menjadi jembatan menuju musik favorit generasi muda tanah air.

“Dengan adanya adaptasi ini diharapkan generasi muda menerima nasyid sebagi aliran musik mereka, karena nasyid berisi pesan-pesan dalam berbuat kebaikan,” tukas Hendra.             

Sementara itu, dengan adanya kiprah Nasyid dalam mendakwahkan pesan kebaikan, Iday berharap agar kedepannya ANN Jabar dapat menyemarakkan dakwah, dikenal, dinikmati, disukai, dipilih oleh warga Jawa Barat dan menuju eksisting 1.000 munsyid Jabar di 2019, dan merajut sejuta komunitas nasyid Jabar di 2020.

“Upaya ini mulai terlihat seiring dengan adanya respon positif  dan partisipasi warga Jabar di berbagai event ANN Jabar,” kata Iday.

Harapan besar juga diutarakan oleh Hendra, agar kedepannya musik Nasyid dapat diterima lebih banyak lapisan masyarakat. “Saya pribadi berharap agar Nasyid lebih berkembang baik dari sisi musik, vocal, lirik dan yang terpenting adalah akhlak munsyid, agar dapat menginspirasi para pendengarnya,” katanya.

Hendra yang juga mantan ketua ANN Jabar peride 2006-2016 berharap agar masyarakat lebih banyak mendengarkan lagu-lagu yang mengajak pada kebaikan. “Hindari lirik lagu yang mengajak kita pada keburukan, karena akan membekas dan hal itu juga dapat menjadi doa bagi para pendengarnya,” pungkas Hendra. (nat)

 

   

 


Back to Top