Berdakwah Lewat Tulisan ala Forum Lingkar Pena

gomuslim.co.id Forum Lingkar Pena adalah anugerah Tuhan bagi Indonesia, begitu kata Sastrawan Taufik Ismail.

Sebagai seorang muslim yang menyadari kewajiban berdakwah, sekaligus melihat betapa butuhnya masyarakat akan bacaan dengan konten yang bermutu menjadi pemicu bagi Hevly Tiana Rosa, Asma Nadia, juga Maimon Herawati untuk mendirikan sebuah komunitas yang peduli akan itu pada 22 Februari 1997, silam.

Forum Lingkar Pena, diharapkan menjadi sebuah organisasi yang juga dapat menjadi wadah pembinaan peningkatan kualitas tulisan sehingga hadir para penulis yang terasah kemampuan menulisnya. Dengan segala keterbatasan, agenda kecil-kecilan terus digulirkan, rutin diadakal kelas menulis dan bengkel penulisan setiap pekannya.

 

Perkembangan FLP di Tahun 2019

Kini, dibawah kepemimpinan ketua FLP Pusat Afifah Afra yang merupakan seorang penulis produktif, sekaligus CEO dari penerbit Indiva Media Kreasi, FLP tetap eksis di berbagai daerah dan luar negeri. Dengan beranggotakan ratusan penulis terkenal di Indonesia seperti Helvy Tiana Rosa, Habiburrahman El Sirazy, Sokat, Rahmadiyanty, Boim Lebon, Irfan, Hidayatullah dan masih banyak lagi.

FLP kerap disebut sebagai organisasi penulis muslim terbesar di dunia, maka FLP senantiasa terus bergerak menuju visi-misinya. Berikut Visi dan Misi FLP;

Visi

Organisasi yang memberikan pencerahan melalui tulisan.

Misi

  1. Meningkatkan mutu dan produktivitas karya anggota sebagai sumbangsih berarti bagi masyarakat.
  2. Membangun jaringan penulis yang menghasilkan karya-karya berkualitas dan mencerdaskan.
  3. Meningkatkan budaya membaca dan menulis di kalangan masyarakat.
  4. Memperjuangkan kehidupan yang lebih baik bagi penulis.

  

Kegiatan Forum Lingkar Pena

Salah satunya FLP Cabang Bandar Lampung yang terus progress mengadakan berbagai kegiatan, Agenda kepenulisan terus berlangsung baik setiap pekan dengan dikelola oleh pengurus baik online maupun offline. Selain Taman Baca, ada juga Pesantren Penulisan yaitu workshop yang diadakan di bulan Ramadhan. Dengan dihadirkan para pakar penulis daerah dan penulis FLP yang sudah berpengalaman untuk intens mengajarkan teknis menulis dan membuat konten yang baik dan layak untuk dibaca oleh masyarakat luas.

Kepada gomuslim, Nusaiba ketua FLP Bandar Lampung mengaku, bahwa agenda tersebut bertujuan agar semakin banyak anak muda di Lampung memiliki kemampuan menulis yang baik.

Pesantren Penulisan ini mengundang pembicara jurnalis Lampung Eni Muslihah dan Eva Pardiana. Eni adalah kontributor media online nasional kompas.com. Ia juga anggota Aliansi Jurnalis Independen Bandar Lampung. Dan Eva Pardiana merupakan jurnalis media Indonesia. Acara ini didukung berbagai pihak, selain kedua jurnalis perempuan Lampung tersebut, juga penerbit lokal Lampung, Aura Publishing yang siap mencetak hasil tulisan dari pesantren penulisan.

“Kami berharap, Pesantren Penulisan bertajuk 'Ngumpulin Pahala Lewat Literasi, Yuk' yang diadakan pada bulan suci Ramadan ini bisa menjadi ladang pahala bagi seluruh peserta yang hadir. Dengan niat yang sama, yaitu mencari ilmu dan bersilaturahmi. Mengingat, segala kebaikan pada bulan mulia ini menjadi berlipat ganda pahalanya," sambungnya.

 

Badan Pengurus Pusat FLP yang turut hadir yakni Naqiyyah Syam, menyatakan kegiatan seperti ini akan terus berjalan sebagai wujud komitmen FLP dalam dunia tulis menulis.

Forum Lingkar Pena merupakan organisasi inklusif yang terbuka bagi siapa saja yang berminat bergabung dan mengasah diri. Puluhan anggota dan peserta hadir dari berbagai kalangan untuk  mengikuti agenda-agenda FLP. Mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja, bahkan ibu rumah tangga.

Keanggotaan

FLP dengan secara berkala mengadakan open recruitmen bagi masyarakat luas dari berbagai kalangan untuk bergabung, silakan cek web FLP https://flp.or.id dan Instagram @FLPOKE untuk update kegiatan terbaru. (nvi/flporid)


Back to Top