#DakwahwithStyle

Komunitas Remisya, Wadah Berdakwah dan Berkarya ala Remaja Masjid Bintaro

gomuslim.co.id – Komunitas Remaja dan Pemuda Islam Masjid Raya Bintaro (Remisya) ingin menjadi suatu wadah perkumpulan remaja masjid yang dapat menciptakan pendakwah muda. Ketua Remisya, Hasyim mengatakan, pemuda harus bisa menjadi pendakwah yang dapat menciptakan generasi-generasi Qur’ani di era perkembangan Islam pada saat ini.

“Keanggotaan Remisya ini dengan berbagai macam kalangan. Ada yang bekerja sebagai pengusaha, ada yang mahasiswa, ada juga seorang pilot dan arsitek. Nah dengan keberagaman tersebut, harapannya Remisya dapat berdakwah dengan bidang keanggotaannya masing-masing. Pasti akan menjadi suatu hal yang menarik bukan,” ungkap Hasyim kepada gomuslim.

Ia menyatakan, Remisya juga memiliki program Interpreneur yang dinamakan ‘Remisya Preneur’, di mana, Remisya dapat menciptakan pengusaha muda dan bisnis profesional yang berawal dari masjid.

“Kita optimis akan bisa mandiri, punya financial yang dapat mengakomodasi kegiatan Remisya, dan tentunya Remisya harus bisa membuka lapangan pekerjaan. Jadi nanti apabila ada pemuda yang membutuhkan pekerjaan. Semua ada di masjid, ga usah jauh-jauh,” terangnya.

Selain itu, Hasyim mengungkapkan, Remisya memiliki program Multimedia, dimana program tersebut akan membuat Remisya menjadi suatu komunitas yang sangat menarik di dunia maya. Katanya, Remisya yang memiliki program andalan tersebut, dapat menciptakan generasi muslim yang paham dan mahir akan digital sehingga dapat memfilter konten-konten yang menurutnya tidak bermanfaat.

“Sekarangkan banyak konten-konten tidak bermanfaat. Nah kita mau, anggota Remisya jago dan mahir dari segi multimedia agar bisa memfilter konten yang mungkin dapat merusak generasi millenial saat ini, karena yang kita ketahui sekarang, canggihnya media sosial membuat orang bisa rusak dari segi akhlaknya,” kata Hasyim.

Selain itu, Remisya juga memiliki program sosial, di mana program tersebut masuk ke segmentasi kepedulian terhadap masyarakat. “Secara mendalam, Remisya akan ada aksi kemanusian seperti bakti sosial, dan segala macamnya,” jelasnya.

Menurutnya, dengan program yang dibentuk Remisya, bertujuan melatih pemuda Islam untuk bisa berkreatif, multi talent, dan tetap menjadi pemuda yang memiliki akhlak mulia serta memiliki jiwa sosial yang kuat untuk saling membantu masyarakat.

Sebagai informasi, Remisya terbentuk pada tahun 2000. Dan pada tahun 2019 ini merupakan angkatan ke-7 atas keanggotaan Remisya. Ia mengakui, keanggotaan yang masuk kedalam kepengurusan Remisya ada sebanyak 50 orang, dan anggota simpatisan Remisya sudah di angka 600 orang.

“Saat kita share adanya kajian, Alhamdulillah banyak, sekarang mencapai 600 orang,” ujar Hasyim.

Hasyim kembali mengatakan, 600 keanggotaan Remisya terdiri dari sekitar 300 Ikhwan dan 300 Akhwat. Katanya, sebagian dari keanggotaan berdomisili di Tangerang Selatan, Bintaro. Selain itu menurutnya ada juga anggota yang berdomisili di Jakarta, bahkan bogor dan depok. “Jangkauannya luas ko, bisa terbilang Jabodetabek,” tegasnya.

Remisya memiliki kegiatan rutin harian, bulanan dan tahunan. Diantara kegaiatan rutin tersebut, pada kegiatan harian, adanya divisi dakwah seperti belajar Tahsin. Selain itu, ada kelas kaderisasi yaitu berupa edukasi kepemimpinan.

“Pada kelas kepemimpinan, nanti di ajarkan untuk menjadi leader ship dalam sebuah organisasi. Ada juga kajian muslimah. Selain itu, ada juga agenda GPS yaitu gerakan pemuda subuh, nah ini sasarannya adalah siswa sekolah SMP dan SMA, dimana kita targetkan mereka menjadi pejuang subuh,” kata Hasyim.

Remisya juga memiliki warung pintar, dimana Remisya Preneur diberikan wadah untuk berdagang dan menjadi wirausaha, selain itu juga, para remisya preneur juga dibentuk untuk bisa mengkonsep, memanage, dan membangun usaha yang digelutinya.

“Kita inginkan warung pintar ini bisa membuat para pengusahanya memiliki warung yang tadinya kecil, terus akan tumbuh menjadi warung yang besar dan terkonsep sangat baik,”  imbuhnya.

Sahabat gomuslim yang ingin tahu kegiatan Remisya dapat melihat akun instagramnya di @remisyaofficial. Atau bisa datang ke Masjid Raya Bintaro untuk dapat berbagi informasi kontak dan nanti pemuda muslim akan di invite melalui group whatsapp milik Remisya.

“Nanti didalam group itu akan ada banyak informasi menarik. Akan menjadi tempat sharing dan berbagi informasi. Pokoknya sangat menarik deh,” pungkas Hasyim. (hmz)

 

Tonton juga videonya di Youtube Channel gomuslim Official:

'Muda Mikir Masjid', Cara Dakwah ala Remisya


Back to Top