#DakwahWithStyle

Komunitas Hijab Motion: Tak Cukup Berhijab, Muslimah Harus Terus Bergerak

gomuslim.co.id - Kini, muslimah tak perlu risau untuk mencari lingkungan yang baik mengingat maraknya komunitas yang konsep berkegiatan positif. Sebut saja Hijab Motion, sebuah wadah bagi muslimah yang ingin berkegiatan positif, di dalamnya tak hanya agenda yang berkaitan dengan keagamaan namun aktivitas kreatif, pendidikan dan sosial pun kerap digelar.

Kepada gomuslim, Founder Hijab Motion, Triana Putri komunitas yang ia rintis seorang diri pada awalnya. Pemilihan nama Hijab Motion pun ia pilih dengan memaknai Motion yang berarti Bergerak, untuk terus bergerak positif baik keagamaan, pendidikan, kreativitas, sosial, dan beauty menjaga anugerah dari Allah.

Ia mengaku, melalui kemudahan digital yang kita dapatkan sekarang hijabers dapat mudah terkoneksi untuk berkomunitas sehingga Hijab Motion bisa menjadi ruang bagi komunitas untuk meng-upgrade diri.

“Mungkin banyak yang punya talent atau bakat yang bisa disalurkan melalui Hijab Motion, dan bisa upgrade diri dan skill” ujar Putri.

Kegiatan Kemuslimahan

Hijab Motion fokus mengadakan kajian rutin yang selalu digelar setiap bulan yakni KaRuGaMi akronim dari Kajian Rutin keluarGa islaMi. KaRuGaMi tak hanya bagi muslimah yang sudah berkeluarga, bahkan 80% peserta yang selalu hadir, adalah para singlelillah yang sedang memantaskan diri dengan ilmu.

Selain kajian rutin bulanan, Hijab Motion juga memiliki agenda tahunan yakni Pemilihan Duta Hijab Motion, Bunga Ramadhan di Bulan Ramadhan, serta Muslimah Designer Contest yaitu kontes merancang busana bagi muslimah dimana pemenangnya akan mendapat beasiswa sekolah tata busana di Bandung.

Keanggotaan

Terkait dengan keanggotaannya, komunitas nonprofit yang ia garap kini memiliki 10 member inti yang didapatkan dari volunteering. Sementara, bagi semua muslimah yang pernah mengikuti kajian bersama Hijab Motion dianggap sebagai Hijab Motion Family.

Di tahun 2019 ini, Putri juga berharap akan open member untuk menambah kepengurusan sehingga bisa menghandle event yang digelar. Karena, lanjut Putri kedepan akan banyak kemungkinan menggelar acara di luar Jabodetabek.

“Banyak permintaan agenda di luar daerah, dan sementara masih kami tampung aspirasinya” tambah Putri.

Saat ini, Putri sedang merancang untuk keefektivan dalam menggalang member atau muslimah yang ingin bergabung dengan Hijab Motion.

Pesan Bagi Muslimah

“Berkegiatan positif di manapun akan membuat wawasan kita bertambah, networking dan pertemanan pun bertambah. Karena menjadi Muslimah baik saja belum cukup, jadilah "penggerak kebaikan" sekitarmu,” tutur Putri.

Putri bercerita banyak sekali muslimah yang mengeluh tak punya teman untuk berangkat kajian. Justru bagi Putri, dengan datang ke event yang demikian akan menambah pertemanan dan wawasan. Sebagai muslimah harus bergerak, menyalurkan ide dan kreatifitas mengingat banyak sekali wadah untuk dapat merealisasikan.

“Jadi buat yang ingin bergabung dalam agenda kajian dan kegiatan positifnya bisa cek di Instagram @hijab_motion,” kata Putri. (nov/gomuslim)

 

Tonton juga videonya di Youtube Channel gomuslim Official:

Hijab Motion, Komunitas Charity dan Creativity ala Muslimah

 


Back to Top