Syiar Ala Volaris, Gemakan Shalawat dan Musik Positif

gomuslim.co.id – Semakin berkembangnya teknologi yang semakin canggih di era industri 4.0, membuat kita selaku seorang muslim harus pandai melihat peluang berdakwah. Mengingat dakwah adalah kewajiban bagi seorang muslim, apapun passion, hobi dan kedudukannya dalam masyarakat.

Termasuk dalam dunia bermusik, seperti yang kita tau musik sudah menjadi bagian tersendiri dalam setiap orang. Hampir di setiap tempat, selalu diperdengarkan musik dan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh para seniman. Baik di rumah makan pinggiran sampai resto mewah sekalipun. Demikian pula yang terjadi di supermarket, pasar serta tempat umum lainnya.

Volaris, Syiar Lewat Syair

Adalah Volaris, akronim dari Vokal Class RISKA yang merupakan komunitas di bawah naungan Remaja Islam Sunda Kelapa (RISKA). Volaris adalah kelas musik atau vocal bagi anggota RISKA yang tertarik mendalami dunia musik, nasyid khususnya. Yakni musik yang bernafaskan islami dan memiliki lirik positif dan islami, serta menggugah dan mengajak pada kebaikan. Sesuai dengan tagline Volaris, Syiar Lewat Syair.

Sejak terbentuk tahun 2013, Volaris tetap dalam komitmennya yakni mempelajari teknik pernapasan, pembentukan suara, blending suara, tempo, penghayatan, performance manajemen dan lain-lain dengan dibimbing langsung oleh pengajar yang kompeten dari Asosiasi Nasyid Nusantara (ANN).

 

 

“Volaris diharapkan menjadi jalan syiar melalui lagu-lagu yang bernada positif agar membawa kebaikan di masyarakat” tutur salah satu anggota Volaris, Abduh saat ditemui gomuslim dalam helatan Tarhib Ramadhan Bersama Riska, Fun O Rama beberapa waktu lalu di Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng Jakarta Pusat.

 

Baca juga:

Sambut Ramadhan, Remaja Islam Masjid Sunda Kelapa Gelar Event Tahunan Ramadhan Rhapsody

 

Menyadari peluang dakwah tak harus di mimbar, anggota RISKA yang tergabung dalam Volaris berkeinginan kuat agar bisa menebarkan nafas dakwah melalui lagu positif. Agar banyak orang yang suka dan menggaungkan shalawat ke berbagai kalangan.

Jam terbang yang tinggi membuat Volaris semakin dikenal oleh pelbagai kalangan. Terbukti dengan banyaknya tawaran ‘manggung’ untuk mengisi di berbagai event di Jakarta. Sebut saja, event Seribu Anak Yatim yang baru-baru ini diadakan di Dufan, Hijrah Fest dan lain-lain.

Volaris juga telah menelurkan single pertama yakni Ya Allah Ya Ghofar, dan yang terbaru single Syiar Lewat Syair yang diciptakan oleh coach Volaris, Mas Rian. Single teranyarnya kali ini lebih banyak menceritakan tentang Volaris itu sendiri yang konsisten memperkenalkan lagu islami, menyampaikan kebaikan-kebaikan melalui musik.

Keanggotaan Volaris

Anggota Volaris yang sekaligus anggota RISKA juga mengalami pasang surut. Namun dengan ketekunan dan komitmen yang kuat kini Volaris memiliki 30 anggota, dari berbagai kemampuan baik yang sudah pro maupun pemula.

Terkait keanggotaan, Volaris terbuka untuk siapa saja tidak terbatas territorial. Hanya dengan menjadi anggota RISKA, sudah berkesempatan untuk menjadi bagian dari Volaris untuk bergabung dan belajar berdakwah, bersyiar melalui syair. (nov/gomuslim)

 

Tonton juga:

Fun O Rama 2019: Tarhib Ramadhan Bersama RISKA


Back to Top