Garasi Hijrah, Komunitas Wadah Belajar Islam dan Pembinaan 'Berani Hijrah Baik'

gomuslim.co.id - Dakwah sejatinya adalah menyeru pada kebaikan, dan menjadi sebuah kewajiban bagi seorang mukmin. Amar Ma’ruf Nahi Munkar, adalah frasa yang sudah tertanam dalam jiwa setiap muslim. Dengan demikian akan menjadi sebuah kebahagiaan serta kebanggaan setiap orang jikalau menjadi jalan hijrah atau jalan kebaikan bagi orang lain.

Hijrah yang memiliki makna asli berpindah dalam Bahasa Arab, yang dimaknai berpindah dari satu (tempat) ke tempat lain. Dimaknai pula sebagai perpindahan sikap tingkah laku, maupun pemahaman agama. Artinya titik perubahan seseorang menjadi yang lebih baik.

Memahami pentingnya menyeru pada kebaikan, serta perubahan kepada yang lebih baik. Maka, sudah sewajarnya setiap mukmin berlomba-lomba dalam mengajak kepada kebaikan. Di negara kita, telah banyak sekali komunitas maupun perkumpulan dengan beragam aktivitas positif sehingga semangat hijrah menuju ke yang lebih baik terus menggelora.

Salah satunya dilakukan komunitas Garasi Hijrah, yang merupakan alternatif bagi umat muslim yang ingin menambah pengetahuan. Dengan misinya yang terus menebarkan semangat berhijrah melalui pembinaan, sehingga hijrahnya terjaga dan senantiasa lebih baik setiap harinya.

“Pastikan setelah berhijrah, teman-teman punya tempat untuk menuntut ilmu. Cari guru, cari wadah komunitas sehingga bertemu teman-teman lainnya dan tak hijrah sendirian. Komunitas tersebut yang akan jadi kontrol sosial bagi diri sendiri, melihat konsistensi dalam berhijrah,” tutur Ahmad Zaki kepada gomuslim.

Kegiatan Garasi Hijrah

Selain berbagai kegiatan pembinaan bagi yang ingin berhijrah, Garasi Hijrah selalu tanggap terhadap bencana yang terjadi di berbagai wilayah Indonesia. Komunitas ini juga melakukan crowdfunding ke masyarakat luas lalu menyalurkan bantuan tersebut pada para penyintas. Selain melakukan crowded funding, Garasi Hijrah juga melakukan sosio-enterprise yang bahkan sudah dapat membiayai program tanpa harus crowdfunding.

 

Baru-baru ini, Garasi Hijrah telah menerima banyak sekali bantuan baju layak pakai bagi para penyintas bencana. Namun, melihat kendala baju yang layak pakai tersebut kotor dan terlihat tidak layak. Garasi Hijrah menggerakkan para relawannya untuk mencuci dan menyetrika sehingga pakaian tersebut lebih ternilai.

Garasi Hijrah tercatat telah memberi manfaat pada dua belas ribu orang dengan delapan ribu relawan. Garasi Hijrah memiliki berbagai program yang sifatnya tentatif dengan cabang di berbagai daerah.

Keanggotaan

Jaringan relawan sudah bergerilya di berbagai daerah. Relawan sangat terbuka untuk umum dan bagi siapa saja. Garasi Hijrah kerap kali menshare aktivitasnya di sosial media sehingga siapapun boleh tergabung dan ikut jadi bagian Garasi Hijrah.

Garasi Hijrah dapat ditemui di Facebook: Berani Hijrah Baik dan Instagram: beranihijrahbaik.official dan web www.beranihijrahbaik.org 

 


Back to Top