Komunitas Muslim Biker Indonesia: Bersyiar Sambil Touring Motor

gomuslim.co.id – Seperti yang kita tahu, sebuah klub motor biasanya terbentuk karena kesamaan akan kegemaran pada kendaraan. Maka, menjadi bagian dari klub motor merupakan hal yang tepat untuk menyalurkan hobi. Klub motor tersebut biasanya mengadakan berbagai agenda atau program seperti modifikasi massal, kopdar ataupun touring.

Namun, Komunitas Muslim Biker Indonesia atau yang lebih dikenal dengan MBI memiliki tujuan yang lebih dari sekedar menjalankan hobi. Menariknya, tak hanya kesenangan MBI yang sudah berdiri sejak 22 Oktober 2017 ini berkomitmen untuk menjadi wadah dalam meningkatkan ilmu agama Islam, keimanan, ibadah dan amal sholeh untuk para member komunitas dan club motor di Indonesia demi menegakkan Tauhid dan ketaatan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala

 

Mengenal Muslim Biker Indonesia

Kepada gomuslim, Sekretaris Jendral MBI Rizkon mengatakan berdirinya komunitas ini berasal dari inisiasinya dan beberapa rekan sesama biker.

“Sebelum ada MBI, para bikers udah sering berkumpul. Terutama motor-motor besar.  Kemudian, lama-kelamaan kita merasa ada yang kurang, kok begini-begini aja, ingin kegiatan ini ada manfaat dan berbeda dari biasa” tuturnya.

Lalu, setelah berkumpul dan berdiskusi tercetuslah ide untuk membuat sebuah wadah bagi teman-teman biker yang ingin hijrah menjadi yang lebih baik.

“Dari situlah lahir Muslim Biker Indonesia, sebagai komunitas untuk kita bisa mempelajari agama  Islam secara benar dan kaffah” tambahnya.

Kemudian, terpilihlah Humam Syarif Al Katiri yang merupakan  seorang pemain motor besar dan dikenal masyarakat luas termasuk para biker dengan kapasitas keislaman yang luar biasa sebagai Ketua Umum MBI.

 

 

Secara kongkrit MBI memiliki beberapa misi, yaitu:

  1. Meningkatakan persaudaraan (ukhuwah) antar member MBI pada khususnya dan kepada para bikers pada umumnya
  2. Meningkatkan wawasan tentang sejarah perjuangan Islam dan tempat-tempat bersejarah Islam di Indonesia dan di dunia
  3. Meningkatkan skill riding, attitudes  dan wawasan terhadap motor pada anggotanya

Hal itu dipresentasikan dalam berbagai agenda serta program yang telah digulirkan. MBI memiliki tiga agenda pokok yakni Touring, Gathering dan Caring.

“Ada kajian yang kita gelar setiap bulan, maupun tiga bulanan semuanya disesuaikan dengan kebutuhan. Kami juga sering adakan rihlah ke beberapa tempat, dengan mengajak ustadz untuk tadabbur alam. Untuk kegiatan lainnya, ada juga dauroh bagi anggota dan bagi pengurus. Materi pun disesuaikan, alhamdulillah diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah,” tutur Rizkon.

 

 

Ia mengatakan, kajian-kajian yang kerap diadakan mendapat respon positif dari berbagai kalangan baik para biker maupun masyarakat luas.

“Kalau kami buka kajian untuk umum, pesertanya selalu membludak. Parkiran penuh bahkan sampai tempat kami tak cukup” tambahnya.

Selain itu, MBI juga tak lupa mengundang semua club motor baik Harley Davidzon Club Indonesia maupun yang lainnya.

 “Alhamdulillah (mereka, red) terbuka menerima undangan. Mau mendengarkan kajian. Itulah bentuk syiar kita. Akhirnya dengan kajian ini membuka hidayah dan mengerti beginilah Islam yang benar dan kaffah sehingga semangat untuk perbaikan diri. Sehingga esoknya mau datang ke kajian-kajian kita,” jelasnya.

 

 

Untuk agenda touring tahunan, Divisi Touring Moge Agus Purnama menjelaskan MBI memiliki program yang diberi nama Journey to Jannah,yakni touring ke daerah tertentu.

“Tahun lalu kami adakan touring dari Jakarta-Bali. Dengan konsep yang sama yakni mengajak ustadz Pembina untuk menggelar kajian atau aksi sosial di daerah tersebut. Untuk tahun ini, sekitar bulan Oktober atau November, insyaAllah kami akan touring Sumatra , Jakarta hingga Aceh” papar Agus.

Sementara untuk banyaknya anggota yang mengikuti Journey to Jannah, lelaki kelahiran Jakarta, 2 Januari 1969 ini menuturkan bahwa peserta dibatasi sekitar 20-25 orang.

“Karena perjalanan jauh, sehingga peserta touring disesuaikan dengan fisik dan kemampuan berkendara. Sekitar 20 hingga 25 orang,” katanya.

 

Muslim Biker Indonesia;  Born to Pray, Journey to Jannah

Rizkon menjelaskan selain agenda-agenda tersebut, Komunitas yang memiliki tagline Born to Pray, Journey to Jannah ini juga kerap menggelar berbagai kegiatan sosial, santunan anak yatim, bantuan bagi korban bencana, sunnatan massal dan lainnya.

“Kita kan lahir untuk beribadah dan perjalanan hidup ini dikerjakan untuk menggapai cita cita tertinggi yaitu masuk surga,” jelasnya.

 

 

Lelaki kelahiran Jakarta, 11 Maret 1978 ini juga menegaskan MBI sudah resmi terdaftar di kemenkumham sebagai organisasi sah dan legal di Indonesia. Meski begitu, MBI bukan komunitas atau organisasi yang ekslusif namun terbuka bagi siapapun yang ingin bergabung asalkan punya semangat mengaji, menghadiri kajian dan tentunya memiliki kendaraan.

“Kami ini wadah, bagi apapun itu club motornya, apapun merk motornya, berapapun cc nya. Yang penting mau ngaji dan punya motor, sim dan surat-suratnya kami welcome,” tegasnya.

 

Keanggotaan Muslim Biker Indonesia

Kini, MBI telah beranggotakan sekitar 4000 orang di 26 chapter yang ada di Indonesia. Bahkan menurut Rizkon masih ada beberapa daerah lain yang menunggu chapternya untuk segera diresmikan.

“Ada 36 orang di pengurus pusat, serta ketua chapter di sejumlah daerah. Jabodetabek, Bandung, Sukabumi, Tasikmalaya, Garut, Majalengka, dan lainnya. Untuk wilayah Sumatera, sudah ada dari Lampung, Palembang, dan Riau,” jelasnya.

 

 

Ia juga mengatakan chapter adalah penyambung lidah bagi para pengurus yang ada di pusat untuk para anggota yang ada di seluruh daerah. Sementara untuk pergantian pengurus, Rizkon merujuk pada AD-ART yakni dilakukan pada 3 tahun sekali.

“Kami ada dewan syura yang merupakan Pembina seperti salah satunya Ustadz Subhan Bawazier, Ust Aldhi Ferdian, Lc dll,” ujarnya.

 

Pesan Bagi Sahabat gomuslim

Untuk sahabat gomuslim, Agus berpesan untuk terus semangat mempelajari agama dengan lebih baik di antaranya Alquran dan As Sunah.

“Agar shalat lebih khusuk, mematangkan sikap dan prilaku. Menjadi pemimpin yang lebih baik bagi diri, rumah tangga dan bahkan berkendara, semua itu ada ilmunya,”

Menurut Agus, semangat hijrah pada kaum muda yang begitu massif dan signifikan menumbuhkan rasa optimis untuk para generasi selanjutnya.

“Karena kedepan merekalah pemimpin yang dengan kesadaran serta pemahaman yang baik semuanya akan memberikan dampak positif,” tandasnya. (nov/gomuslim)

 

 

Informasi dan kontak

Muslim Biker Indonesia terbuka bagi seluruh siapapun yang ingin bergabung. Sahabat gomuslim dapat mendaftar secara online untuk menjadi anggota di web resmi MBI.

Website: https://muslimbiker.id

Instagram: @muslimbikerindonesia

Email: info@muslimbiker.id

Whatsapp: Taufik +62 878 8603 4767

Alamat Sekretariat: Jalan Letjen Term. Simatupang No.1, RT.5/RW.7, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550

 

 

Baca juga:

Komunitas Muslim Biker Indonesia Siap Jelajah Arab Saudi dengan Moge pada Maret 2018


Back to Top