Achievement Motivation Training, Komunitas Pecinta Alam di Bekasi yang Beri Edukasi Pemuda Muslim dengan Acara Outbound

gomuslim.co.id – Komunitas identik dengan satu kelompok atau perkumpulan yang melakukan berbagai kegiatan baik sosial maupun kegiatan individu. Di Bekasi berbagai komunitas terbilang sangat banyak, seperti contohnya komunitas peduli kemanusiaan.

Kini, Bekasi juga memiliki komunitas yang terbilang seru yaitu, komunitas Achievement Motivation Training (AMT). Di mana komunitas ini merupakan perkumpulan pecinta alam yang memiliki background Psikolog, Pendidikan maupun Ekonomi. Komunitas AMT menggelar kegiatan sosial pemuda muslim untuk melakukan kegiatan outbound.

Eri Vidianto M.Psi seorang Psikolog yang juga selaku ketua AMT menyatakan, Komunitas AMT ini dibentuk sejak tahun 2017. Katanya, berawal dari kegiatan Training untuk meningkatkan motivasi dan prestasi. Dari kegiatan yang dilakukan itu, Eri melihat banyaknya para pemuda yang bingung untuk mencapai cita-cita yang diharapkannya. Karena itu, komunitas AMT dibentuk untuk membuat orientasi yang jelas kepada masa depan pemuda muslim.

“Kegiatan ini tujuannya untuk membuat anak muda memiliki orientasi yang jelas di masa depannya. Jadi kami perkenalkan dulu potensinya si pemuda ini. Selain itu, pembentukan komunitas ini tujuannya untuk meminimalisir angka pengangguran, dan membuat pemuda jauh lebih kreatif,” ujar Eri kepada gomuslim.

Ia mengungkapkan, Komunitas AMT ini untuk memberikan edukasi motivasi untuk para pemuda muslim dengan cara outbound, karena menurutnya, melihat para pemuda yang mengikuti perubahan menuju modernisasi secara global ini, membuat pemuda cepat bosan jika melakukan suatu kegiatan yang terbilang monoton. Karena itu, ia bersama rekannya mencetuskan kegiatan pelatihan edukasi motivasi secara sosial dengan cara outbound.

“Pemuda yang mau bergabung bersama kami, pasti kami ajak untuk outbound ataupun camping, naik gunung. Nah nanti di sana kita bermain motivasi dan membentuk sisi kreatif pemuda untuk mau berfikir untuk mencetuskan suatu permasalahan dalam permainan. Untuk akan lebih menarik minat pemuda di banding seperti belajar dalam ruangan saja,” kata Eri.

Komunitas AMT melihat dari modernisasi memang menuntut persaingan yang kian ketat, sehingga hanya sumber daya manusia yang berkualitas saja yang mampu bertahan. Oleh karena itu, AMT hadir untuk memberikan pembekalan terhadap generasi masa kini.

Pembekalan ini tidak cukup bila hanya mengandalkan proses Pendidikan di sekolah ataupun universitas. Perlu adanya tambahan pembekalan dalam aspek wawasan serta keterampilan melalui berbagai pelatihan maupun pengalaman kehidupan.

Agenda Outbound di Gunung Komunitas Pecinta Alam AMT Bersama Anggota Baru

 

“Berkenan dengan hal tersebut? Kami Komunitas AMT membuka peluang untuk pemuda muslim untuk gabung bersama kami. Kami menyajikan kegiatan Achievement Motivation Training sebagai upaya untuk merangsang, melatih, memperbaiki dan meningkatkan kemampuan pemuda muslim untuk menghadapi tantangan masa depan,” jelas Eri.

Targetnya, Komunitas AMT mampu memperkenalkan pemuda muslim untuk mengenali berbagai potensi dalam diri yang bisa dimanfaatkan untuk mencapai targetnya, kemudian membuat target yang realistis untuk pemuda muslim mengapai cita-citanya, lalu membekali keterampilan mengelola waktu, dan menumbuhkan keinginan untuk berprestasi dan sukses.

Komunitas AMT dalam kegiatan oubtboundnya akan memberikan materi seperti Self Introduction, Goal Setting, Time Management, dan pencanangan komitmen. Tak hanya itu, komunitas ini akan melaksanakan kegiatannya dengan konsep 20 persen Indoor (dalam ruangan) dan 80 persennya outdoor (luar ruangan).

Dalam kegiatannya, Komunitas AMT akan menyampaikan dengan metode ceramah, diskusi, bermain peran, simulasi, tugas mandiri, games, dan teamwork. Sejak tahun 2017 hingga kini, AMT telah melakukan kegiatan outbound motivation selama 3 kali.

Bagi pemuda muslim yang ingin mengembangkan potensinya, dapat bergabung dengan komunitas pecinta alam AMT ini dengan datang ke sekretariat Komunitas AMT di Jalan Pulau Enggano No.96, Komplek Daperla Duren Jaya, Bekasi Timur atau dapat menghubungi 08159319444. (hmz/gomuslim)


Back to Top