Komunitas Genetiq: Ajak Pemuda Muslim Bergaya Hidup Qur’ani

gomuslim.co.id – Tidak dapat kita pungkiri, manusia adalah makhluk sosial. Dia akan selalu membutuhkan kehadiran orang lain dalam menjalani kehidupan. Begitu pun bagi seorang muslim, dia akan senantiasa memerlukan pertolongan orang lain dalam banyak hal. Misalnya kebutuhan akan nasihat, motivasi dan dukungan sesama.

Allah SWT berfirman dalam Al-Ashr ayat 3 yang artinya, saling menasihatilah dalam kebenaran dan saling menasihatilah dengan kesabaran. Ayat ini menjadi petunjuk bagi muslim untuk senantiasa saling tolong menolong, membantu dan menasihati sesama dalam kebaikan, kebenaran dan kesabaran.

Karena fitrahnya, manusia biasanya terdorong untuk berkumpul dan berserikat, atau dalam Islam kita mengenal dengan istilah berjamaah. Tentu saja, berjamaah dalam kebaikan. Inilah yang mendasari semakin berkembangnya komunitas muslim di berbagai tempat. Salah satunya seperti Komunitas Generasi Beretika Qur’ani atau Komunitas Genetiq.

Kepada gomuslim, Ketua Komunitas Genetiq, Devi Andina Siti Rahmah mengatakan komunitas yang terbentuk sejak tahun 2012 di Jatinangor ini berawal dari kumpulan pemuda muslim yang mempunyai keinginan dan harapan yang sama terkait persatuan dan kesatuan umat Islam. Tujuannya untuk  memperkuat keyakinan kepada kalangan muda agar tidak mudah terombang-ambing oleh perubahan zaman.

Seperti namanya, Generasi Beretika Qur’ani, Komunitas Genetiq berusaha menjadi komunitas yang terus mengedepankan Alquran sebagai petunjuk hidup dan Rasullah SAW. sebagai panutan yang hakikatnya keduanya itu adalah rahmat dari Allah agar manusia sebagai hamba-Nya bisa hidup benar dan bermanfaat untuk sesama.

“Komunitas Genetiq berkomitmen untuk membantu membentuk generasi muda Indonesia yang bergaya hidup Qur’ani, unggul, berprestasi dan mampu memberikan karya bagi Indonesia melalui konsen komunitas di bidang pendidikan (menengah atas dan perguruan tinggi), pembinaan, pengembangan minat dan bakat, ekonomi dan bisnis serta sosial dan pengabdian masyarakat,” jelasnya.

Visi Komunitas

Muslimah kelahiran Bandung, 16 September 1997 ini mengatakan, sesuai nama, visi dan harapannya, komunitas Genetiq berharap dapat membentuk generasi muda Indonesia yang beretika Qur’ani, unggul, berprestasi dan mampu bermanfaat bagi keluarga, agama, bangsa dan negaranya.

Salah satu caranya adalah dengan fokus membina generasi muda, khususnya kalangan pelajar sekolah menengah dan mahasiswa untuk menjadi lebih baik. Komunitas Genetiq melakukan pembinaan dari berbagai sisi kalangan muda.

“Pembinaannya mulai dari keagamaan, menjadikan Alquran sebagai pedoman hidup dan Rasul sebagai panutan. Kemudian di sisi intelektual atau bidang keilmuan, dan juga pengembangan berbagai minat dan bakat, sisi kemandirian finansial, serta kepedulian sosial, kebermanfaatan dan rasa cinta bangsa dan Negara,” tuturnya.

Project Komunitas Genetiq Tahun 2020

Untuk tahun 2020, Komunitas Genetiq akan menyelenggarakan ekstrakulikuler Genetiq di SMK Sangkuriang Cimahi, Kajian Rutin di masjid-masjid, Rihlah, Beasiswa Tahfidz Qur’an dan Qurban.

“Kegiatan baru yang Insya Allah akan dilaksanakan di 2020 diantaranya Seminar Kepemimpinan Pemuda Muslim, Seminar Keilmuan, Business Incubator dan beberapa kegiatan lain yang masih dalam tahap musyawarah,” katanya.

Komunitas Genetiq sendiri terbuka untuk umum. Lebih khusus, dari kalangan pelajar sekolah menengah, mahasiswa dan umum.

“Syaratnya berumur 14-30 tahun. Muslim dan Muslimah yang memiliki keinginan untuk terus belajar, meningkatkan kualitas diri serta memiliki keinginan untuk berkontribusi bagi generasi muda Indonesia supaya bergaya hidup Qur’ani, unggul, berprestasi dan berkarya bagi Indonesia,” ujar anak pertama dari tiga bersaudara ini.

Perkembangan Gerakan Sosial Muslim

Mahasiswa semester 5 jurusan Administrasi Bisnis, Telkom University ini menilai perkembangan gerakan sosial muslim di Indonesia saat ini terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Hal ini ditandari dengan meningkatnya jumlah komunitas berikut anggotanya seiring kebutuhan dan ketertarikan mereka. Apalagi di era digital 4.0 sekarang, dimana kemudahan akan informasi dan komunikasi.

“Namun tantangannya pun besar. Informasi dan komunikasi tanpa batas bisa memberikan dampak positif dan dampak negatif. Karena itu, komunitas-komunitas muslim hadir sebagai pengingat dan kebaikan sekaligus media untuk memberikan kebermanfaatan bagi lingkungan sekitar secara berjamaah,” paparnya.

Anggota HIPMI PT Universitas Telkom ini berpesan kepada muslim Indonesia agar terus menjadikan Alquran sebagai pedoman dan gaya hidup. Ia pun mengajak kalangan muda untuk mencontoh Rasulullah, para sahabat dan tokoh-tokoh muslim terdahulu yang senantiasa bersemangat untuk terus belajar serta terus memberikan kebermanfaat bagi masyarakat di dalam peluang dan tantangan yang ada saat ini.

“Selalu ingat bahwa sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya. Bagi generasi muda Indonesia, terus semangat! Terus belajar dan berkarya! Karena kalian adalah penerus bangsa. Bagaimana masa depan bangsa ini tergantung bagaimana kalian di masa sekarang,” ujar aktivis LDK Al-Fath Universitas Telkom ini.

Bagaimana Bergabung dengan Komunitas Genetiq?

Komunitas genetiq sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung, terlebih dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Sahabat gomuslim dapat terus memantau akun sosial media Komunitas Genetiq.

Instagram : komunitasgenetiq

CP : 0859 7540 2026

Alamat: Kota Bandung


Back to Top