TOTAL Almeera Jadi Pioner Detergen Halal di Indonesia

gomuslim.co.id- Kebutuhan produk halal mulai dilirik oleh dunia industri dan konsumen umat Muslim. Para produsen barang dan jasa kian memodifikasi produk mereka dengan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Kini, halal juga tak hanya pada makanan dan minuman, beberapa jenis kebutuhan habis pakai, seperti sabun detergen  pun sudah ada yang bersertifikasi halal. Salah satunya adalah detergen Total Almeera yang sudah menjamin produknya bersertifikasi halal dari MUI. Hal ini juga berdampak juga pada dunia fashion. Permintaan akan busana berbahan halal dan bagaimana membersihkannya pun meningkat.

Dalam hal ini, permintaan umat Muslim dalam mendapatkan produk halal cukup besar. Tujuannya agar istiqomah dalam menjalani kehidupan. Tak terkecuali dalam hal cuci mencuci pakaian. Seperti yang telah diketahui umat Islam harus menjauhkan segala sesuatu yang berbau haram seperti alkohol atau mengandung bahan yang berasal dari babi.

Detergen Juga Harus Halal

Berangkat dari adanya ketetapan atau aturan Majelis Ulama Indonesia (MUI) bahwa tak hanya makanan dan minuman yang wajib bersertifikat halal. Semua yang berhubungan (bersentuhan) dengan kulit (tubuh) harus masuk menjadi kategori halal.

Ada banyak dasar yang mengatur hal tersebut, namun secara awam, umat Muslim dianjurkan agar memilih detergen dengan bahan turunan kimia yang aman lagi halal tanpa kandungan alkohol.

Karena, bila kita ingin beribadah dengan baik dan khusyuk makan umat Muslim juga harus dalam keadaan bersih atau halal lahir dan batin, bila tidak ibadah punmenjadi tidak lengkap.

Tentang Perusahaan

Total Almeera sendiri merupakan bagian produksi PT. Total Chemindo Loka. Perusahaan ini memiliki operasi produksi di tiga negara, Singapore, Malaysia dan Indonesia. PT. Total Chemindo Loka berdomisili di Indonesia, bertanggung jawab memproduksi  dan mendistribusikan dua merek  deterjen pencuci baju, Bukrim dan Total.

BuKrim pertama kali diluncurkan ke pasar di Jakarta pada tahun 2004 dengan produk andalan pertamanya, Deterjen Krim BuKrim Reguler, yang kemudian dilanjutkan dengan produksi deterjen bubuk BuKrim setahun setelahnya. Dalam upaya untuk merebut pangsa pasar yang lebih luas, BuKrim bercita-cita untuk meluncurkan serangkaian beberapa sub-merek disesuaikan untuk segmentasi pasar yang berbeda. Menyadari kebutuhan untuk memperluas kapasitas produksi, BuKrim mengambil keputusan mengakuisisi PT. Total Chemindo Loka, produsen dari produk serupa di bawah merek deterjen TOTAL pada bulan Juli 2005.

TOTAL

Sementara itu, brand TOTAL sendiri sudah ada sejak tahun 1985. TOTAL adalah salah satu merek deterjen cuci baju lokal pertama dan terbaik di Indonesia. Dalam perjalanannya, TOTAL banyak mengalami goncangan. Di tahun 2005, TOTAL diambil alih oleh manajemen baru dari PT. Total Chemindo Loka. Manajemen baru tersebut berhasil membuat TOTAL menjadi lebih sukses, baik dalam menambah kapasitas output dan memperbesar porsi pasar merk ini. Hari ini, TOTAL adalah merk favorit untuk mencuci baju  yang peduli kebutuhan konsumennya, yang datang baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

BuKrim dan TOTAL telah menjadi aset bisnis yang handal dari PT. Total Chemindo baru Loka saling melengkapi dalam aspek fungsi dan substitusi. Sejak akuisisi, Deterjen TOTAL dan BuKrim terus memperbaharui dalam inovasi produk dan peremajaan strategi branding sampai hari ini. Di tahun 2011, BuKrim memperlengkapi varian merek mereka dengan menambah inovasi terbaru, BuKrim Gel. Selain itu, TOTAL juga menciptakan produk deterjen cair  terbaru yang tersedia di seluruh provinsi di Indonesia di tahun yang sama.

Dilengkapi dengan kekuatan  logistik yang kompeten, aliansi strategi dengan pengecer, dan jaringan distribusi yang luas, produk Total tersedia luas di seluruh daerah di Indonesia. Sampai saat ini, PT. Total Chemindo Loka mengoperasikan 3 pabrik pengolahan yang memproduksi hingga 10.000 ton output tiap satu bulan. (nat/dbs/foto:imusyrifah)