Badan Wakaf Al Qur’an, Lembaga Filantropi untuk Kembangkan Potensi Wakaf Produktif di Indonesia

gomuslim.co.id – Selain zakat dan sedekah, umat muslim juga dianjurkan untuk berwakaf. Hukumnya memang sunnah, tapi misinya adalah untuk membangun atau memberikan sesuatu bagi masyarakat yang manfaatnya berlangsung terus menerus. Seperti yang dilakukan Badan Wakaf Al-Quran (BWA), karena wakaf tak hanya dengan tanah kuburan atau masjid saja.

Tentang BWA

Badan Wakaf Al Qur'an adalah organisasi nirlaba (non-profit organization), berbentuk Badan Hukum Perkumpulan (BHP).

Visi:

Menjadi lembaga filantropi wakaf profesional, yang mampu mengembangkan potensi wakaf di Indonesia sesuai syariah untuk kemashlahatan kaum muslimin dan masyarakat.

Menjadikan Wakaf Sebagai Gaya Hidup Muslim

Misi:

Menyalurkan Al Qur'an kedaerah-daerah rawan pendidikan dan rawan aqidah.

Mengajarkan Al Qur'an dengan metode yang membekas dan implementatif disertai berbagai program pendukung yang inovatif sehingga memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat.

Memberikan manfaat kepada umat melalui program wakaf

 

 

Kilas Balik dan Legalitas Lembaga:

Al-Quran adalah petunjuk kepada jalan yang lurus dan memberi kabar gembira bagi setiap mukmin yang mengerjakan amal shaleh.

Al Quran juga merupakan pedoman praktis (amaliy) untuk manusia ketika menjalani berbagai aspek kehidupannya. Oleh karena itu mengajarkan Al Quran di tengah masyarakat, dalam bentuk yang implementatif adalah suatu hal yang dharuri (penting).

Atas kesadaran ini, maka pada tahun 2005 sejumlah Ulama dan Profesional Muslim menggagas sebuah lembaga yang diberi nama Badan Wakaf Al Qur'an (BWA) dan tercatat dalam Akte Notaris H. Rizul Sudarmadi No. 119 Tanggal 28 April 2005.

Pada 1 Juni 2006, BWA mendapat sambutan baik dan dukungan dari MUI sesuai dengan Surat Rekomendasi MUI Nomor U-217/MUI/VI/2006.

Akta Pendirian Perkumpulan Badan Wakaf Al Qur'an di Notaris H. Rizul Sudarmadi, SH. Mkn tanggal: 12 Desember 2014 Nomor. 88

Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia nomor AHU-00851.60.10.2014 sebagai Badan Hukum Perkumpulan pada 16 Desember 2014

Tanda daftar Perkumpulan/Organisasi Sosial nomor: 01/10.1.0/31/74.01.1001/-1.848/2017 tanggal 13 September 2017

NPWP : 80.905.824.1-015.000

Susunan Pengurus:

Badan Wakaf Al Qur'an adalah sebuah tim yang bekerja tanpa lelah untuk menjadikan setiap wakaf yang diamanahkan dapat membawa kemashlahatan yang besar bagi sesama.

Pembina & Founder : Ust. Irwan Syaifullah

Ketua, CEO & Founder : Heru Binawan

Operation Director, Finance & Founder : M. Ichsan Salam

Operation Head : Nanu Utama

Wakif Relation Division : Hazairin Hasan

Project Analyst : Darminto

Web Development : Weli Kurniawan

Back Office : Nurhasanah

Newsroom : Joko Prasetyo

General Affair : Agus Salim

 

Apakah wakaf quran itu?

Wakafquran adalah cara modern yang mudah dan praktis untuk membantu orang lain. Salah satu ciri seorang muslim adalah senang membantu orang lain. Dia tidak akan berdiam diri melihat kesulitan yang dialami oleh saudaranya sekalipun ia tidak mengenalnya.

Islam mendorong seorang muslim memperhatikan urusan saudaranya sebagaimana hadits Rasul SAW : “Tidak beriman seorang muslim itu sehingga dia mencintai saudaranya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri" (Hadis Riwayat Bukhari).

Wakafquran mempermudah Anda menyalurkan bantuan untuk saudara kita hingga ke pelosok negeri.

 

Setiap project BWA adalah unik dan riil

Project yang kami tampilkan adalah untuk membantu komunitas dan individu yang membutuhkan, setiap komunitas dan individu memiliki keunikan persoalan dan solusinya. Oleh karena itu wakafquran mencoba membantu mereka dalam project yang sesuai dengan kebutuhannya.

Ada desa yang membutuhkan air bersih dan hanya bisa diselesaikan dengan membuat sumur dalam, namun ada lokasi lain yang kebutuhan air bersihnya dipecahkan dengan pipanisasi dari mata air. Individu dan komunitas yang ada dalam project kami adalah riil, mereka ada dalam kehidupan nyata bukan sekedar model untuk promosi marketing.

Project disusun untuk bisa direalisasikan. Jika ada kaum muslim yang tertarik dengan project tersebut, ia dapat membantunya dengan memilih project tersebut dan mengirimkan dananya.

Badan Wakaf Al Qur’an juga melakukan fundraising secara offline dan didonasikan kepada project tersebut atas nama “wakif network”. Dengan cara ini semua, maka kita secara bersama-sama telah membantu merealisasikan project-project tersebut.

 

 

Alamat :

Jl. Tebet Timur Dalam I. No.1

Tebet, Jakarta Selatan, 12820

Email : admin@wakafquran.org

Website: www.wakafquran.org

 


Back to Top